Published On: Sat, Aug 23rd, 2014

Komitmen PT Bayan Resources Tbk terhadap peningkatan Akses Pendidikan

Share This
Tags

beasiswa_bayanSamarinda, 8 Agustus 2014 – Yoshua Okta Rizaldi, anak seorang petani asal Sendawar, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, memilki cita-cita tinggi untuk meningkatkan kualitas diri dan keluarganya meskipun latar belakang ekonomi yang sering menjadi hambatan untuk menggapai mimpinnya ini. Untuk mencapai mimpinya, Yoshua memilki ambisi tinggi untuk mengenyam pendidikan yang berkualitas agar dapat merubah nasibnya.

Namun, Yoshua sempat mengalami dilema melanjutkan pendidikan atau menetap di desanya dan membantu orang tuanya yang bekerja sebagai buruh tani selepas SMPN 36 Sendawar. Penghasilan orang tuanya saat ini tidak lebih dari Rp 1 juta sebulan, jumlah yang jauh dari cukup untuk membuat seorang anak dapat menempuh pendidikan yang layak.

Melihat prestasi akademis Yoshua, guru-gurunya melihat sangatlah sayang bila Yoshua tidak meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Alsannya, Yoshua terbilang cerdas dan memiliki potensi tinggi. “ Tidak banyak orang di desa saya yang mau meneruskan sekolah karena beberapa alasan diantaranya adalah karena faktor ekonomi.” ujar Yoshua.

Berkat prestasi dan dorongan dari guru-gurunya, Yoshua merupakan salah satu penerima Bantuan Pendidikan yang diberikan oleh PT Bayan Resources Tbk melalui Putera Sampoerna Foundation, dimana ia akan memperoleh kesempatan untuk melanjutkan sekolah tingkat SMA di Akademi Siswa Bangsa Internasional (ASBI), the Sampoerna Academy. “Dengan adanya Bantuan Pendidikan dari PT. Bayan Resources Tbk melalui Putera Sampoerna Foundation ini, saya memilki kesempatan yang sama untuk belajar dengan teman-teman yang umumnya sudah pintar di ASBI. Akhirnya, saya bisa memilki masa depan yang lebih cerah,” tambah Yoshua.

Melalui program Community Development, PT Bayan Resources Tbk memberikan kesempatan kepada tujuh Putra Daerah dari siswa – siswi Sekolah Lanjutan Pertama (SMP) yang berasal dari Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan untuk mendapatkan pendidikan berkualitas di Akademi Siswa Bangsa Internasional (ASBI), the Sampoerna Academy, sekolah tingkat SMA bertaraf internasional dan berasrama dibawah naungan Putera Sampoerna Foundation, yang berlokasi di Bogor. Ketujuh siswa-siswi tersebut adalah Isidorus Torry Klein, Anisa Fitriani K., Yoshua Okta Rizaldi, Muhammad Sardika, Rafly Saputra, Samsiatul Khusnah, dan Agnes Ruth Ahimsa.

“Tujuan kami dengan memberikan Beasiswa Pendidikan ini adalah untuk menghilangkan halangan siswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu untuk tetap bersekolah, sehingga mendapatkan akses pelayanan pendidikan yang layak, mencegah terjadinya putus sekolah, membantu siswa memenuhi kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran serta memotivasi siswa dalam berkompetisi di jenjang pendidikan berikutnya,” ujar Hengky Wibowo, Direktur HSE-CD PT. Bayan Resources Tbk.

Program Beasiswa Pendidikan oleh PT Bayan Resources Tbk ini merupakan Bantuan Pendidikan yang disalurkan melalui Putera Sampoerna Foundation kepada para siswa. Bantuan Pendidikan ini diberikan untuk tiga tahun masa pendidikan yang dimulai pada tahun ajaran baru 2014 di ASBI Bogor dan telah mencakup bantuan pembayaran biaya sekolah, biaya asrama, pembelian buku pelajaran hingga seragam sekolah. Pemberian Bantuan Pendidikan ini merupakan salah satu komitmen PT Bayan Resources Tbk  untuk berkontribusi pada pendidikan Indonesia guna membentuk karakter dan perilaku bangsa yang berkompeten dan dapat menghadapi tantangan global. “Harapan kami dengan pemberian Beasiswa Pendidikan kepada siswa – siswi berprestasi ini, mereka mampu belajar dengan baik dan dapat mempersiapkan diri mereka menjadi pemimpin yang memiliki karakter, dan dapat mengembangkan intelektualitas untuk berpikir logis dengan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) agar memberikan makna kehidupan dan perubahan ekonomi keluarganya. Memberikan kesempatan kepada anak Indonesia yang berprestasi untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas adalah tanggung jawab semua pihak. Oleh karena itu, kami melalui Putera Sampoerna Foundation memberikan Beasiswa Pendidikan kepada siswa-siswi berprestasi dari Propinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan untuk dapat mengenyam pendidikan yang lebih baik,” tambah Hengky Wibowo.

Putera Sampoerna Foundation (PSF) percaya bahwa diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk dapat meratakan akses pendidikan di Indonesia. Pemberian dana bantuan pendidikan dari para mitra PSF merupakan wujud nyata atas partisipasi dan kontribusi mereka dalam meningkat akses pendidikan Indonesia yang lebih baik, serta menciptakan calon-calon pemimpin bangsa berkaliber tinggi.

“Usaha untuk meningkatkan akses pendidikan di Indonesia memerlukan kerjasama dari berbagai pihak. Putera Sampoerna Foundation bersyukur memiliki kesempatan kerjasama dengan PT Bayan Resources Tbk untuk memberikan akses pendidikan bagi siswa-siswi di daerah agar dapat mengenyam pendidikan yang lebih baik. Dengan pemberian Bantuan Pendidikan dari PT. Bayan Resources Tbk ini diharapkan mereka dapat berprestasi lebih dalam skala nasional maupun internasional. Bersama-sama kita dapat membuat perubahan,” tutup Ari Kunwidodo, Fundraising Director Putera Sampoerna Foundation.

***

Tentang PT. Bayan Resources, Tbk

Bayan Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara terbuka yang terletak di Kalimantan Timur dan Selatan secara terintegrasi dengan memproduksi berbagai kualitas  batubara seperti batubara dengan kadar belerang rendah, batubara sub-bituminus dan semi-soft coking coal. Melalui perusahaan anak, Bayan menguasai lima PKP2B dan 16 IUPBayan Group memiliki dan mengoperasikan Balikpapan Coal Terminal terbesar di Kalimantan Timur dengan kapasitas 15,0 juta ton per tahun dan  2 Floating Transfer Barge di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi: http://www.bayan.com.sg

Tentang Putera Sampoerna Foundation

Putera Sampoerna Foundation (PSF) adalah Institusi Bisnis Sosial pertama di Indonesia yang memiliki visi untuk mencetak calon-calon pemimpin masa depan dan wirausahawan Indonesia yang handal demi  menghadapi tantangan global, serta diharapkan dapat memberikan kontribusi dan perubahan di komunitasnya. Putera Sampoerna Foundation percaya bahwa visinya dapat tercapai melalui pendidikan yang berkualitas bagi murid Indonesia berprestasi, penciptaan lapangan kerja melalui pengembangan kewirausahaan, pencerahan masyarakat umum melalui pemberdayaan perempuan, serta program bantuan kemanusiaan. Putera Sampoerna Foundation memperoleh sertifikasi ISO 9001:2008 yakni sertifikat sistem kualitas manajemen yang bertaraf internasional. Putera Sampoerna Foundation telah dipercaya oleh lebih dari 300 korporasi, organisasi maupun asosiasi untuk menjalankan program tanggung jawab sosial (CSR). Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi: www.sampoernafoundation.org

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
PT Bayan Resources Tbk :
Jenny Quantero
Office 8 Building, 37th Floor,
Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 28,
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 (Jl. Senopati Raya),
Jakarta, 12190, Indonesia
Email: corporate.secretary@bayan.com.sg
Telp: 2935 6888 and Fax: 2935 6999
Website : www.bayan.com.sg

Putera Sampoerna Foundation:
Sandra Darmosumarto
Public Relations Manager
Putera Sampoerna Foundation
Tel: (021) 577 2340 Fax: (021) 577 23 41
Email: mediaqueries@sampoernafoundation.org