Published On: Mon, Dec 14th, 2015

Laki-Laki dan Perempuan Akhirnya Setara

setaraJakarta, 14 Desember 2015-  Laki-laki dan perempuan dari 25 negara di seluruh dunia hampir setara–saat pindah ke rumah baru. Data terbaru yang dirilis Lamudi  menyoroti kebiasaan laki-laki dan perempuan saat mereka pindah ke rumah baru.

Marketplace real-estate global tersebut mengungkapkan hasil dari survei global terhadap laki-laki dan perempuan yang menjawab pertanyaan simpel, “Apa hal pertama yang Anda lakukan ketika pindah ke rumah baru?”

Mayoritas responden, sekitar 58 persen, berasal dari Eropa dan Amerika, sedangkan 17 persen datang dari Afrika dan Timur Tengah, dan sisanya yaitu 25 persen dari Asia. Indonesia menyumbangkan persentase responden terbesar yaitu 15 persen dari total responden keseluruhan.

Menurut survei tersebut, aktivitas yang paling populer saat tiba di rumah baru adalah bersih-bersih. Hasil menunjukkan bahwa 73 persen responden perempuan dan 53 persen responden laki-laki keduanya pertama kali mengadakan kegiatan bersih-bersih rumah baru sebelum menempatinya.
Sementara hasil ini tidak bisa membuktikan kesetaraan gender, survei mengemukakan bahwa membersihkan properti adalah prioritas utama ketika pindah ke properti rumah baru.

Sekitar 17 persen mengatakan bahwa mereka merayakan pindahan ke rumah baru dengan mengadakan acara makan-makan atau minum-minum – 57 persen dari grup ini menyediakan sampanye dan bir. Menariknya, 100 persen responden dari Jerman merayakan relokasi tersebut dengan mengkonsumsi alkohol.

Survei lebih lanjut menunjukkan bahwa 10 persen responden membeli furniture terlebih dahulu ketika pindah ke rumah baru, sedangkan 7 persen memilih beristirahat. Salah satu responden laki-laki dari Ireland mengatakan “loncat ke sofa dan bersantai,” saat tiba di properti barunya karena “pindahan itu sangat melelahkan.”

Dilihat sebagai sesuatu yang biasa ketika pindahan kita menghampiri tetangga untuk berkenalan dengan dalih meminta sedikit gula atau garam, hanya lima persen yang mencoba berkenalan dengan tetangga saat tiba pertama kali. Dan ternyata, responden yang menjawab ini semua adalah laki-laki.

Satu hasil menyoroti tren terbaru yang modern saat pindahan. Sekitar dua persen responden mengatakan bahwa hal pertama yang mereka lakukan ketika pindahan ke rumah baru adalah mengambil foto selfie. Dari dua persen ini, hampir semua responden adalah laki-laki.

[r]