Published On: Thu, Feb 25th, 2016

Lenovo Berkolaborasi dengan Nutanix untuk Membawa Infrastruktur Hyperconverged ke Pasar Enterprise di Indonesia

DSC_2465-1024x726Jakarta, Indonesia, 25 Februari 2016 — Lenovo (HKSE: 992) (ADR: LNVGY), merek PC nomor 1 secara global dan salah satu dari tiga penyedia perangkat keras untuk server berbasis x86 yang paling besar di dunia, mengumumkan kerjasama mereka dengan Nutanix untuk membawa infrastruktur hyperconverged ke pasar enterprise di Indonesia.

Menurut penelitian dari IDC, perusahaan-perusahaan menghabiskan sekitar 70-80% dari budget IT tahunan mereka hanya untuk menjaga sistem tetap berjalan 1 . Melihat kondisi tersebut, kedua perusahaan memperkenalkan keluargahyperconverged appliances baru yang dibangun dari sistem enterprise Lenovo yang terdepan di industri, menduduki peringkat satu untuk kepuasan konsumen 2 dan kehandalan 3 , serta diperkuat oleh software dari Nutanix yang telah mengantongi berbagai penghargaan tingkat dunia. Solusi ini menyatukan storage, server dan layanan virtualisasi ke dalam sebuah appliance berbasis x86 dari Lenovo yang bisa diterapkan secara scale-out. Dengan integrasi ini, kerumitan data center bisa teratasi dan pada akhirnya bisa menghemat pengeluaran IT.

Dengan penyederhanaan sistem, pelaku bisnis bisa lebih fokus pada aplikasi dan layanan mereka yang menjadi inti kekuatan bisnis. Solusi ini juga mampu meningkatkan kelincahan bisnis dengan menawarkan alternatif yang menarik dari layanan cloud publik. Kerjasama tersebut juga membuktikan komitmen Lenovo dalam industri IT. Strategi dari Lenovo sendiri adalah pemimpin pasar untuk server x86 dan berinvestasi dalam pengembangan dan penerapan solusi IT untuk membentuk data center generasi selanjutnya.

“Lenovo mampu memberikan perspektif baru di ranah enterprise global. Kami tidak terperangkap dalam cara berpikir lama. Kami mampu membangun bisnis berdasarkan inovasi dan bermitra secara bebas dengan perusahaan yang paling inovatif di bidang hyperconvergence ini untuk menciptakan solusi-solusi baru,” ujar Daniel Tan, AP Alliance Director Lenovo. “Teknologi Nutanix yang telah dikenal kepemimpinannya, dipadukan dengan jangkauan global kami, akan mendorong maju kedua perusahaan dengan cara membantu konsumen mengurangi kompleksitas data center dalam berbagai ukuran,” tambahnya.

Solusi yang ditawarkan tersebut juga disokong oleh teknologi terkini dari Intel yang mampu mendukung berbagai jenis beban kerja, termasuk enterprise application, database, virtualized desktop, dan big data analytics dengan efisiensi dan skalabilitas yang tinggi. “Enterprise senantiasa mencari solusi yang lebih mudah untuk memecahkan masalah storage mereka, dan Intel bekerjasama secara mendalam dengan para pemimpin bidang data center untuk membawa solusi ini ke pasar. Kami berkolaborasi erat dengan Lenovo dan Nutanix untuk mendorong pengoptimalan kinerja server enterprise dan sistem storage berbasis arsitektur Intel,” ujar Yohan Wijaya, MNC Director Intel Indonesia.

Kerjasama ini juga akan membantu Lenovo dan Nutanix menjangkau konsumen yang lebih banyak. Hal itu didukung oleh channel penjualan Lenovo yang luas serta dukungan pre-sales dan post-sales dari Nutanix. Solusi tersebut akan dijual melalui mitra channel Lenovo di seluruh dunia dan melalui tim penjualan enterprise Lenovo di berbagai wilayah, termasuk Indonesia. Selain itu, Lenovo dan Nutanix merencanakan untuk melakukan investasi substansial di platform teknik dan pengembangan, serta strategi go-to-market yang agresif.

“Lenovo adalah pemimpin dalam pasar teknologi, dan sudah dipercaya oleh ribuan enterprise di seluruh dunia melalui produk-produknya yang inovatif dan berkualitas tinggi,” kata Pun Kok Lim, Asean Managing Director Nutanix. “Menjalin kemitraan dengan Lenovo merupakan sebuah tonggak bersejarah dalam usaha kami untuk membawa ‘infrastruktur tidak terlihat’, yang memiliki efisiensi teknologi web-scale dan kecanggihan desain consumer-grade, ke perusahaan dengan berbagai ukuran.”