Published On: Mon, Apr 16th, 2018

Lenzing Masuki Babak Baru dengan Peluncuran TENCEL sebagai Merek Andalan

Share This
Tags

JAKARTA, 4 April 2018 – Menindaklanjuti peluncuran kembali merek dagang TENCEL™, oleh Lenzing Group (Lenzing) sebagai merek premium dalam ajang Premiere Vision Paris tanggal 13 Februari 2018 silam, hari ini ajang serupa dilakukan oleh Lenzing Group di Indonesia melalui perwakilan bisnis mereka di Indonesia, PT South Pacific Viscose (SPV). Peluncuran ulang merek TENCEL™ yang dilakukan bersamaan dengan pameran bisnis dan teknologi tekstil Indo-Intertex 2018 di JIEXPO Kemayoran ini menjadi tonggak penting bagi strategi merek Lenzing yang baru. Hal itu dilakukan demi memperkuat pilihan produk yang tersedia, memelihara hubungan dengan pelanggan dan konsumen, serta meningkatkan permintaan konsumen. TENCEL™ berada dalam posisi terbaik untuk menjadi motor pertumbuhan utama dalam sektor industri tekstil, yang melayani berbagai penggunaan khusus — TENCEL™ Active, TENCEL™ Denim, TENCEL™ Home, TENCEL™ Intimate dan TENCEL™ Luxe. Semuanya terbuat dari dua serat tekstil serbaguna yang kompatibel, yaitu TENCEL™ Modal dan TENCEL™ Lyocell.

Dirancang dan dibentuk dari hasil penelitian serta data yang diperoleh dari riset yang mendalam tentang situasi pasar, arsitektur merek tersebut menjadi langkah penting bagi Lenzing untuk beralih dari produsen serat tekstil business-to-business (B2B) menjadi merek business-to-business-to-consumer (B2B2C). Arsitektur merek ini tak hanya menjawab perkembangan tren di kalangan merek ritel dan juga di kalangan konsumen yang menginginkan produk yang modis dan nyaman, tetapi juga turut melakukan hal baik lewat berbagai proses produksi yang sustainable dan transparan, seperti proses pengolahan serat tekstil TENCEL™ Modal dan TENCEL™ Lyocell. Menurut temuan dari sebuah riset, saat ini LENZING™ Modal dikenal sebagai serat tekstil yang bermutu tinggi serta memiliki kelembutan yang indah dan tahan lama, TENCEL™ juga dikenal baik dan dihargai sebagai merek andalan di antara para pemangku kepentingan, pelanggan dan konsumen di beberapa negara yang menjadi target sasaran. Dengan demikian, TENCEL™ akhirnya digunakan sebagai merek Lenzing khusus untuk tekstil yang digunakan sebagai produk busana dan perlengkapan rumah, serta ditargetkan menjadi sebuah merek istimewa dan berdaya saing di pasar serat tekstil Modal dan Lyocell. Merek TENCEL™ yang diluncurkan kembali, bersama slogan “Feels so right”, akan mendorong Lenzing untuk memulai komunikasinya seputar merek tersebut. Merek tersebut akan beralih dari hanya sekedar jenis serat tekstil menuju ke aplikasi produk yang digunakan sehari-hari.

“Portofolio Lenzing yang hebat di sektor fiber digabung dengan kualitas produk yang luar biasa dan konsisten telah membantu para pelaku bisnis pemintal sukses di pasar tekstil dunia. Selama bertahun-tahun konsumen Lenzing sukses menembus pasar di Amerika, Eropa dan Asia,” ungkap Mohammad Chowdhury, Regional Director, Technical Customer Service & Business Development, Asia, Middle East & Africa Lenzing Group.

Di bawah arahan strategi merek terbaru ini, serat tekstil TENCEL™ Modal dan TENCEL™ Lyocell akan menjadi komponen penting dalam jajaran produk bermerek TENCEL™. Dibuat dari sumber alam yang memiliki sertifikat dan terkontrol, serat standar TENCEL™ Modal dan TENCEL™ Lyocell dihasilkan melalui proses produksi yang diolah dengan baik dan dapat terurai oleh lingkungan (biodegradable). Didukung oleh berbagai inovasi industri, termasuk teknologi REFIBRA™, teknologi Eco Soft, teknologi Eco filamen dan teknologi Micro, produk tekstil yang dibuat dari TENCEL™ menawarkan standar kelestarian lingkungan yang terbaik dan kenyamanan alami guna memenuhi perkembangan kebutuhan konsumen.

“Kami tengah mengambil langkah baru yang berani agar dapat meringkas deretan merek kami dan meningkatkan merek tersebut sehingga menghasilkan nilai yang lebih besar bagi para konsumen dan mitra industri perusahaan,” kata Harold Weghorst, Director, Global Brand Management. “Sebagai merek andalan Lenzing dalam sektor tekstil, TENCEL™ akan melampaui berbagai jenis dan karakteristik dari serat tekstil, dan benar-benar menjadi merek yang berfokus pada konsumen, dengan janji untuk memberi sesuatu yang lebih fungsional dan emosional. Dengan pesan utama yang menyasar komitmen konsumen ketimbang pelaku rantai pasokan, kami akan mulai menarik minat konsumen, peritel dan merek-merek busana tentang keuntungan dari serat tekstil yang terbuat dari alam secara menyeluruh. Dengan janji untuk menghadirkan ‘Feels so right’, TENCEL™ menghadirkan kenyamanan dan performa lebih baik lagi bagi konsumen, sembari membuat mereka merasa nyaman dengan pilihan yang diambil. Kami berharap agar dapat menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan rantai pasokan industri serta konsumen melalui keahlian kami menyangkut kelestarian lingkungan, khususnya pada serat TENCEL™ Modal dan TENCEL™ Lyocell. Dalam jangka panjang, kami ingin membangun TENCEL™ tak hanya sebagai merek B2B yang terpercaya, namun juga menjadi merek pilihan konsumen. Dengan demikian, akan memudahkan para pelanggan B2B untuk memaksimalkan efektivitas pemasaran dan membantu konsumen untuk menemukan produk ‘feels-good’ yang dibuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan.”

Beralih dari sekedar serat tekstil dan menjangkau penggunaan sehari-hari atau penerapan merek yang berfokus pada konsumen, TENCEL™ Active, TENCEL™ Denim, TENCEL™ Home, TENCEL™ Intimate dan TENCEL™ Luxe telah diwujudkan di bawah naungan portofolio merek TENCEL™. Kartu label (swing tags) dan materi pemasaran terbaru akan diluncurkan pada tingkat ritel demi menyajikan kejelasan tentang manfaat produk yang memakai serat tekstil bermerek TENCEL™. Kartu label (swing tags), beserta dengan penjelasan yang lebih detail untuk penggunaan di tingkat B2B dan B2C, kini telah tersedia di sarana layanan e-branding Lenzing yang baru, yang menyasar kebutuhan pelanggan B2B dan mitra ritel, menawarkan berbagai solusi yang lebih cepat, ramah lingkungan dan mudah digunakan untuk proses sertifikasi dan lisensi.

“Dengan menjalankan strategi merek yang baru, kami akan mengambil pendekatan yang lebih personal dan tepat sasaran untuk mencerminkan esensi merek TENCEL™ tentang kelembutan dan kenyamanan dengan sentuhan alam bersama pelanggan B2B, mitra ritel dan konsumen,” tambah Harold.

“Kami akan bekerja sama dengan para pelaku rantai pasokan tekstil dan merek-merek ritel untuk mengedukasi para konsumen mengenai proposisi nilai TENCEL™ seperti kualitas produk, kegunaan dan aspek kelestarian lingkungan. Sejumlah program co-branding seperti kartu label (swing tags) atau kemasan produk serta program kampanye pemasaran bersama merek-merek ritel akan membuat kami bisa menjangkau konsumen secara langsung. Dengan publisitas merek yang lebih besar dan penyuluhan konsumen yang tengah berlangsung sejak tahun ini, para konsumen akan lebih sering melihat kami lewat merek TENCEL™ di produk busana dan peralatan rumah, dan/atau gerai ritel milik mitra-mitra kami di negara-negara tertentu.”

Peluncuran ulang TENCEL™ sebagai merek tekstil andalan Lenzing menjadi langkah pertama dalam kegiatan pemasaran merek Lenzing yang baru. Hal serupa akan diterapkan juga pada produk nonwoven dan produk industri, yang mana akan diumumkan lebih lanjut di kemudian hari.

Untuk informasi lebih rinci mengenai TENCEL™, TENCEL™ Active, TENCEL™ Denim, TENCEL™ Home, TENCEL™ Intimate dan TENCEL™ Luxe, mohon mengunjungi www.tencel.com.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>