Published On: Thu, Jun 28th, 2018

Lenzing Memulai Dialog Keberlanjutan Industri Nonwoven dengan Menghadirkan VEOCEL

Share This
Tags

Jakarta, 13 Juni 2018 – Lenzing Group memperkenalkan brand baru khusus untuk industri nonwoven yaitu VEOCEL ™. Diposisikan sebagai serat premium untuk aplikasi nonwoven yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. VEOCEL ™ menghadirkan serat bersertifikasi bersih dan aman, biodegradable (dapat terurai), berasal dari bahan alami, dan diproduksi secara bertanggung jawab serta ramah lingkungan. Serat VEOCEL ™ mencakup berbagai aplikasi produk yang dapat digunakan sehari-hari mulai dari perawatan bayi, perawatan tubuh dan kecantikan, hingga perawatan organ intim dan pembersih area permukaan atau bidang. Aplikasi-aplikasi tersebut dikategorikan di bawah merek dagang VEOCEL ™ Beauty, VEOCEL ™ Body, VEOCEL ™ Intimate dan VEOCEL ™ Surface.

Kehadiran VEOCEL™ menjadi kunci penting bagi strategi Lenzing yang baru, untuk beralih dari perusahaan yang berorientasi business-to-business (B2B) menjadi perusahaan yang berorientasi business-to-business-to-consumer (B2B2C). Diikuti dengan program co-branding yang tengah berlangsung, joint marketing, serta kegiatan edukasi brand yang dilakukan bersama para pelanggan dan brand-brand global, fokus perusahaan kini beralih, tidak hanya sekedar produsen serat untuk industri nonwoven, namun lebih mengarah ke dalam bentuk aplikasi langsung serta meningkatkan dan memelihara hubungan yang erat dengan konsumen.

“Dipandu oleh strategi sCore TEN, melalui peluncuran brand VEOCEL™ ini, Lenzing akan lebih memfokuskan diri ke dalam bisnis serat khusus (specialty fiber) yang berfokus pada inovasi, kualitas, dan keberlanjutan. Melalui komunikasi proaktif, tim lokal Lenzing akan mempromosikan brand VEOCEL™ secara menyeluruh dan menjelaskan manfaat serat alami dalam produk nonwoven di dalam rantai industri dan di antara para konsumen. Hal ini tidak hanya akan membantu memaksimalkan kegiatan marketing pelanggan dan mitra bisnis kami, tetapi juga memulai dialog tentang keberlanjutan di seluruh industri nonwoven. Brand VEOCEL™ merupakan jawaban dari permintaan pasar akan transparansi dan keberlanjutan di dalam industri nonwoven. Di samping itu juga menyediakan konsumen dengan pilihan produk yang lebih ramah lingkungan,” ujar Robert van de Kerkhof, Chief Commercial Officer Lenzing Group.

Portofolio serat VEOCEL™ termasuk serat VEOCEL™ Lyocell dan serat VEOCEL™ Specialty Viscose dibuat dari sumber yang dapat diperhaharui, yaitu kayu yang berasal dari hutan dan perkebunan yang bersertifikasi dan terkontrol. Bahan baku alami yang terdapat dalam serat ini menawarkan manfaat fungsional seperti meningkatkan daya serap dan pengaturan kelembapan, breathable atau dapat bernapas, nyaman di kulit, dapat dicampur dengan bahan lain, dan semua serat VEOCEL™ bersifat biodegradable atau dapat terurai di tanah, Tempat Pembuangan Akhir (TPA), kompos, dan bahkan air laut. Guna memastikan kebersihan pada serat, proses produksi serat-serat ini diawasi secara ketat sesuai dengan standar kualitas, lingkungan, dan keselamatan Lenzing.

Serat VEOCEL™ Lyocell dengan teknologi “Quat” Release merupakan serat selulosa premium yang digunakan dalam produk tisu basah pembersih permukaan dan tisu basah disinfektan. Serat ini memungkinkan senyawa amonium kuarterner atau juga dikenal sebagai “Quat” yang akan dikeluarkan dari tisu basah ke permukaan untuk membersihkan bidang dan merupakan disinfektan yang efektif di lingkungan rumah tangga dan industri.

Di saat industri nonwoven sudah mengakui manfaat yang diberikan oleh serat selulosa Lenzing, yang di antaranya berasal dari bahan baku alami yang terbarukan dan kemampuan membersihkan secara menyeluruh, kebanyakan tisu basah terbuat dari serat sintetis seperti serat polyester dan polypropylen. Hal ini mengurangi pelepasan “Quat” secara substansial dan dapat menurunkan kemampuan cairan disinfektan itu sendiri. Kendati demikian, teknologi “Quat” Release dari Lenzing mampu mengurangi ikatan “Quat” sehingga berhasil meningkatkan efektivitas dalam membersihkan permukaan dan proses disinfektasi. Tisu basah yang mengandung serat VEOCEL™ Lyocell dengan teknologi “Quat” membuktikan pelepasan “Quat” yang lebih baik dari tisu basah ke permukaan, menghasilkan stabilitas dan kinerja produk yang meningkat. Selain itu, serat VEOCEL™ Lyocell juga menghasilkan daya serap yang baik, menyalurkan cairan pada tisu basah, dan nyaman di kulit.

“Konsumen masa kini, terutama generasi Milenial kian sadar akan jejak ekologis yang mereka tinggalkan. Berhubung produk nonwoven pada umumnya hanya untuk sekali pakai, kami melihat semakin meningkat minat masyarakat terhadap sustainable product serta proses produksi yang transparan. Dengan lebih banyak konsumen ingin mengenali produk-produk yang berkelanjutan, dimana produk tersebut dapat terurai dan ramah lingkungan, diharapkan brand-brand dapat lebih transparan dalam memberikan informasi mengenai bahan baku produk yang digunakan. Kami berharap melalui VEOCEL™ dan VEOCEL™ Lyocell Fiber dengan teknologi “Quat” Release yang baru-baru ini diluncurkan di bawah brand VEOCEL™ Surface, kami dapat mendorong seluruh pasar nonwoven ke depan dan meningkatkan standar untuk pelabelan bahan baku dan standar lingkungan di seluruh industri,” ujar Wolfgang Plasser, Vice President, Global Business Management Nonwoven Lenzing Group.

Melanjuti kehadiran VEOCEL™, program promosi bersama mitra brand ritel akan diluncurkan untuk melengkapi konsumen dengan pengetahuan yang mereka perlukan untuk mengidentifikasi produk nonwoven yang menggabungkan kinerja, kenyamanan, dan keberlanjutan. “Dengan VEOCEL™, kami tengah membangun brand bahan baku yang berfokus pada konsumen dan secara proaktif berkomunikasi dengan konsumen melalui pendekatan Business to Me (B2Me) yang unik untuk industri nonwoven. Mengingat produk nonwoven kerap bersentuhan langsung dengan kulit atau bagian tubuh sensitif lainnya, cara pendekatan kepada konsumen secara rutin dan berkala memainkan peranan penting dalam membangun kepercayaan di antara konsumen. Sesuai slogan ‘purely for you’, kami ingin menyampaikan komitmen VEOCEL ™ yang menekankan dedikasi kami untuk menyediakan produk yang bersertifikasi bersih dan aman serta menunjukan kepedulian kami kepada konsumen dan lingkungan,” ujar Harold Weghorst, Director of Global Brand Management Lenzing Group.

Untuk informasi lebih lanjut tentang VEOCEL™ Beauty, VEOCEL™ Body, VEOCEL™ Intimate dan VEOCEL™ Surface, silakan kunjungi www.veocel.com.

***

 

Tentang VEOCEL™

VEOCEL™ merupakan brand khusus nonwoven dari Lenzing Group. Terbuat dari bahan baku alami terbarukan, VEOCEL™ menyediakan perawatan alami setiap hari, dan berkomitmen untuk meningkatkan standar industri terkait keberlanjutan dan kenyamanan alami pada sektor nonwoven. VEOCEL™ memindahkan esensi alam ke dalam produk nonwoven melalui manfaat-manfaat serat VEOCEL ™ di antaranya daya serap alami, distribusi cairan, breathability, dapat terurai, dan serba guna.

Portofolio produk VEOCEL™ termasuk serat VEOCEL™ Lyocell dan serat VEOCEL™ Specialty Viscose disesuaikan untuk gaya hidup berkelanjutan dan membantu menjaga keseimbangan lingkungan dengan sepenuhnya terintegrasi ke dalam siklus alam. Serat ini tersertifikasi bersih dan aman, biodegradable (dapat terurai), berasal dari bahan baku alami, dan diproduksi secara ramah lingkungan. Brand VEOCEL™ diklasifikasikan di bawah empat kategori yakni VEOCEL ™ Beauty, VEOCEL ™ Body, VEOCEL ™ Intimate dan VEOCEL ™ Surface dan mencakup berbagai aplikasi produk mulai dari perawatan bayi, perawatan tubuh dan kecantikan, perawatan organ intim dan pembersih permukaan.

Serat VEOCEL™ dibuat dari bahan baku kayu yang dapat diperbaharui, yang berasal dari hutan dan perkebunan yang bersertifikasi dan terkontrol serta diproduksi secara ramah lingkungan dan melalui proses produksi dalam sistem loop tertutup. Serat ini dapat terurai dan menjadi kompos, memungkinkan mereka untuk terurai dan sepenuhnya kembali ke alam.

 

Tentang Lenzing Group

Lenzing Group adalah perusahaan internasional yang memproduksi serat berkualitas tinggi dari bahan baku alami terbarukan, ramah lingkungan dan berteknologi inovatif. Serat-serat ini menjadi bahan dasar untuk berbagai aplikasi tekstil dan nonwoven, juga digunakan dalam pakaian kerja dan pakaian pelindung serta digunakan dalam sektor industri.

Kekuatan Lenzing dalam kualitas dan inovasi menjadi tolok ukur standar global untuk serat selulosa. Dengan 80 tahun pengalaman dalam memproduksi serat, Lenzing Group merupakan satu-satunya perusahaan di dunia yang mampu memproduksi ketiga generasi serat selulosa dalam jumlah yang besar. Produk Lenzing dipasarkan dengan nama brand TENCEL™ untuk aplikasi dalam industri tekstil, VEOCEL™ untuk aplikasi dalam industri nonwoven dan LENZING™ untuk aplikasi dalam bidang industri dan produk lainnya. Inovasi lainnya seperti REFIBRA™ yang menggunakan teknologi recycling, LENZING™ ECOVERO™ yang dapat dikenali dan TENCEL™ Luxe, lyocell filament, telah menjadikan Lenzing sebuah perusahaan global yang memimpin dalam hal inovasi.

Kesuksesan Grup Lenzing didasari pada orientasi pelanggan yang konsisten, digabung dengan inovasi, teknologi dan kepemimpinan berkualitas. Lenzing berkomitmen terhadap prinsip sustainable management, dengan standar lingkungan yang sangat tinggi dan dapat menggarisbawahi komitmen ini dengan berbagai sertifikasi dan penghargaan berskala internasional, untuk proses bisnisnya sebagai sustainable company terdepan di sektornya. Selain serat, sebagai bisnis utamanya, Lenzing Group juga bergerak aktif dalam bidang engineering dan plant construction. Di Indonesia, Lenzing memiliki pabrik produksi serat di Purwakarta dan bernaung di bawah PT South Pacific Viscose.