Published On: Wed, Jun 3rd, 2015

Lima Tips Menemukan Teman Serumah

Share This
Tags

logo-lamudiJakarta, 03 Juni 2015: Bagi para profesional muda, menemukan hunian yang terjangkau—sekaligus dekat dengan tempat kerja—adalah tantangan tersendiri di kota sebesar Jakarta. Bagaimana tidak? Harga propertinya terus merangkak naik. Yang membuatnya semakin lama, semakin mahal.

Untuk menekan harga, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah menyewa hunian untuk ditinggali bersama sejumlah orang. Dengan cara ini, biaya tidak akan Anda tanggung seorang diri.

Menurut laporan yang dirilis Colliers, dalam tiga tahun terakhir, bisnis apartemen berkembang pesat di Jakarta. Lebih dari 90% proyek-proyek yang rampung telah laku terjual. Diperkirakan, investasi di sektor ini menyumbangkan capital gain sebesar 10% hingga 25%, sedangkan untuk sewa mencapai sekitar 6% sampai 8% per tahun.

Hal ini tidaklah mengherankan mengingat, baru-baru ini, Lamudi Indonesia juga merilis lonjakan harga akuisisi (rata-rata) apartemen di Jakarta. Semula hanya berkisar pada angka Rp 14.5 juta per meter persegi, kini melesat hingga Rp 31.2 juta per meter persegi—di mana Jakarta Selatan masih menjadi primadona lantaran tingkat kestrategisannya. Kenaikan ini juga terjadi pada harga sewa rata-rata, yang naik menjadi Rp 2.2 juta per meter persegi, padahal sebelumnya hanya Rp 1 juta per meter persegi.

Nah, jika Anda tertarik berhemat biaya dengan trik mencari teman serumah, Lamudi Indonesia menyusun lima tips untuk menemukan kandidat yang ideal. Apa saja?

  • Pertama, tentukan terlebih dahulu: pribadi seperti apa yang Anda “restui” sebagai teman serumah? Berapa banyak jumlahnya? Sejauh apa torelansi Anda dalam aspek berbagi privasi? Tentu saja, bagian ini akan lebih mudah bila Anda mencari teman serumah yang gender-nya sama.
  • Dua, gunakan media tepercaya untuk mencari teman serumah. Misalnya, beriklan di koran lokal, minta bantuan teman, atau lewat situs craigslist.org. Jangan memberikan informasi pribadi sebelum menemui langsung calon teman serumah Anda.
  • Tiga, temui calon teman serumah Anda di tempat-tempat umum atau komersial, seperti: restoran, kafe, atau taman. Kenali kebiasaan sehari-harinya, ritme hidupnya, lalu bandingkan dengan diri Anda. Cari tahu juga ekspektasi mereka terhadap Anda sebagai teman serumah.
  • Empat, untuk alasan keamanan, Anda perlu pula menanyakan mengenai latar belakang (keluarga, pendidikan, pekerjaan), hobi, dan hal-hal yang mereka sukai. Jangan ragu menanyakan kondisi ekonomi, sehingga Anda dapat mengetahui karakternya. Ajak pulq salah seorang teman karib Anda untuk memberikan second opinion mengenai orang tersebut.
  • Terakhir, saat menunjukkan isi apartemen Anda, jangan lupa mengamati gerak-gerik calon teman serumah Anda. Peka dan berhati-hatilah dalam membaca bahasa tubuh, sebelum nantinya membuat keputusan.

Selamat mencari!

ENDS.

 

TENTANG LAMUDI

Didirikan pada tahun 2013, Lamudi adalah portal properti global yang berfokus pada negara-negara berkembang. Portal yang berkembang sangat pesat ini kini tersedia di 32 negara di Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin dengan listing lebih dari 900.000 di seluruh jaringan globalnya. Portal jual-beli dan sewa real estate ini menjadi platform yang aman dan mudah digunakan bagi para pembeli, penjual, pemilik tanah, dan penyewa untuk menemukan atau mendaftarkan properti secara online.

 

TENTANG LAMUDI INDONESIA

Memperluas servisnya di Indonesia, Lamudi.co.id didirikan pada tahun 2014 untuk membantu pembeli properti mendapatkan informasi tentang rumah, tanah, apartemen, dan ruang komersil yang dijual maupun disewa. Lamudi Indonesia memberikan kemudahan dengan menyediakan data-data dan kontak dengan agen, properti developer, dan pemilik tanah. Lamudi Indonesia memberikan daftar properti yang lengkap dan terkini di Indonesia. Kantor Lamudi Indonesia berlokasi di Jakarta, dengan perwakilan di Surabaya, Bandung, dan Bali.