Published On: Wed, Sep 19th, 2018

Mekar Siap Ubah Batam Jadi Kota Melek Fintech Lewat Gelaran Fintech Days 2018

Share This
Tags

Jakarta, 13 September 2018 – Mekar (PT Mekar Investama Sampoerna) akan ambil bagian dalam acara Fintech Days 2018 Batam yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Nagoya Hill Mall, Batam, Kepulauan Riau, pada tanggal 14-15 September 2018 mendatang.

Fintech Days merupakan ajang sosialisasi dan edukasi mengenai layanan perusahaan fintech (financial technology) di sektor peer to peer lending (P2P lending) yang telah terdaftar di OJK. Upaya mengenalkan produk dan layanan industri fintech pada masyarakat umum dibutuhkan sebagai bagian dari usaha bersama antara pemerintah, regulator dan pelaku industri dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Sebagai salah satu penyedia layanan peer to peer lending terkemuka di tanah air, Mekar selalu mendukung penuh acara Fintech Days yang digelar oleh OJK. Sebelumnya, Fintech Days diadakan di Makassar, Sulawesi Selatan; Medan, Sumatera Utara; dan Manado, Sulawesi Utara.

Chief Commercial Officer Mekar, Randy Gunadi, mengatakan Mekar senang dapat berpartisipasi dalam Fintech Days 2018 yang kali ini akan bertempat di Batam, kota yang memiliki potensi sangat besar dalam memajukan industri fintech Indonesia.

“Dalam gelaran Fintech Days 2018 ini, Mekar akan membawa misi edukasi mengenai layanan P2P lending dan peluang pendanaan pinjaman usaha yang aman dan menguntungkan bagi Pemberi Pinjaman. Kami siap mengubah Batam menjadi kota yang melek fintech!” ujar Randy.

Ia menambahkan bahwa Mekar berkomitmen untuk turut menumbuhkan UMKM Indonesia dengan cara menghubungkan pelaku usaha dan masyarakat luas di seluruh Indonesia yang ingin mendukung pelaku usaha kecil dengan mendanai pinjaman usaha melalui Mekar.

Selama Fintech Days 2018 nanti, Mekar membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat kota Batam dan sekitarnya di Kepulauan Riau untuk bergabung sebagai Funder (Pemberi Pinjaman) di Mekar dan turut mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia dengan mendanai pinjaman usaha melalui Mekar. Funder bisa menghasilkan return atas pendanaan hingga 12,5% flat per tahun dan mendapatkan jaminan proteksi 100% atas pokok pendanaan yang diberikan oleh lembaga keuangan yang bermitra dengan Mekar.

Hingga awal September 2018, Mekar telah menyalurkan Rp 87,8 miliar dalam bentuk pinjaman kepada 43,481 peminjam pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Mekar juga telah menggandeng empat lembaga keuangan mikro (koperasi) yang beroperasi di berbagai daerah di Indonesia yang membantu Mekar dalam mencari peminjam dan menyalurkan pinjaman. Hingga saat ini, 100% pembayaran pinjaman kepada Funder Mekar dilakukan secara tepat waktu.

Fintech Days 2018 Batam akan diisi dengan berbagai program acara, termasuk keynote speech yang sedianya akan disampaikan oleh Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non-Bank 2 OJK, Moch. Ichsanudin. Selain itu, acara juga akan diisi dengan talkshow mengenai perlindungan data konsumen bertajuk “Apakah Fintech Lending itu Aman?” dan pameran lebih dari 40 perusahaan fintech lending.

***

 

Tentang Mekar

Mekar (PT Mekar Investama Sampoerna) adalah perusahaan fintech yang bergerak di bidang peer-to-peer lending. Menggunakan sebuah platform online, https://mekar.id, Mekar menghubungkan wirausahawan dan pemilik usaha kecil (UMKM) di Indonesia yang membutuhkan pembiayaan dengan investor yang mencari alternatif investasi yang aman dan menguntungkan serta mampu membawa dampak positif secara sosial ekonomi dan lingkungan. Mekar memiliki misi meningkatkan inklusi finansial bagi para pelaku UMKM Indonesia.