Published On: Thu, Apr 28th, 2016

Memberdayakan UKM di Indonesia untuk Sukses secara Online

web_umkmJakarta, 28 April 206 – Asosiasi E-commerce Indonesia atau Indonesian E-commerce Association (idEA) menyelenggarakan Indonesia E-commerce Summit & Expo (IESE) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang. IESE disponsori oleh para pemain di industri online Indonesia seperti Blibli, Tokopedia, Shopee, dan lain-lain. Salah satu sesi workshop dalam event tersebut disponsori oleh Verisign, pemimpin global dalam nama domain dan keamanan internet. Workshop tersebut bertujuan untuk membekali UKM agar dapat membangun identitas online yang kredibel dengan domain .com, sehingga dapat mencapai kesuksesan di dunia online.

 

 .com diakui sebagai domain yang mampu membantu UKM mendunia

Industri e-commerce terus tumbuh di Indonesia dimana orang-orang semakin aktif mencari dan menemukan produk secara online dalam kehidupan sehari-hari. Pemerintah pun terus mendukung industri e-commerce dengan mengeluarkan e-commerce roadmap yang mentargetkan transaksi e-commerce mencapai 130 juta dolar pada tahun 2020[1]. Inilah saatnya bagi para UKM merambah dunia online dimana mereka bisa mendapat kesempatan lebih besar untuk menjangkau pelanggan di seluruh nusantara, bahkan hingga ke luar negeri. Membekali UKM dengan kemampuan digital akan membantu mereka meraih kesuksesan dan mencapai hasil bisnis dengan lebih cepat.

 

IESE merupakan event terbesar yang diadakan oleh idEA. Dalam kegiatan yang berlangsung 3 hari ini, akan ada lebih dari 70 pembicara dari berbagai pihak termasuk pemerintah, industri e-commerce, dan sosok berpengaruh lainnya yang akan membagikan berbagai materi terkait pemasaran, teknologi, serta manajemen untuk mendorong pertumbuhan industri.

 

“Acara ini merupakan bentuk dukungan kami secara berkelanjutan untuk industri e-commerce di Indonesia. Kami ingin membekali para pebisnis, terutama UKM agar bisa online, sehingga mereka bisa bersaing di era persaingan bisnis digital ini. Oleh karena itu, kami mengundang para ahli di bidang digital dan e-commerce untuk membagikan pengetahuan terkait membangun bisnis e-commerce yang sukses,” kata Irwan Edianto, Ketua Penyelenggara IESE.

 

Dalam workshop ini, Herlin Dwi Yudiandari, Managing Director Jogjacamp, salah satu registrar domain .com di Indonesia, membagikan pengetahuan tentang bagaimana memperluas jangkauan bisnis melalui online. Ia membicarakan tentang pentingnya memiliki identitas online untuk UKM dan menceritakan bagaimana domain .com dapat membantu mereka membangun kesuksesan di dunia online.

 

“Memilih nama domain yang tepat merupakan langkah pertama dalam membangun website yang sukses. Dengan menggunakan ekstensi domain yang teruji dan terpercaya serta dikenal oleh masyarakat luas, akan menciptakan kredibilitas pada bisnis tersebut. Kami menyarankan agar para pebisnis menggunakan domain .com karena ekstensi domain ini merupakan standar global untuk menjalankan bisnis secara online. Untuk membangun identitas online yang kuat yang dapat menjangkau lebih luas dari pasar lokal, .com bisa menjadi pilihan yang tepat,” kata Herlin.

 

Dengan lebih dari 18 tahun penyelenggaraan sistem nama domain atau domain name system (DNS) yang dioperasikan oleh Verisign untuk .com dan .net, serta lebih dari 139 juta nama domain .com dan .net yang terdaftar di seluruh dunia[2], .com dan .net bisa menjadi pilihan tepat bagi UKM untuk membangun identitas online. UKM yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang .com dan .net, atau mendaftarkan nama domain baru dan memasang mobile website dapat menghubungi registrar yang ada di Indonesia atau mengunjungi Verisign.com/ID untuk informasi lebih lanjut.

[1] Ministry of Communication and Information, 2016

[2] Q4, 2015, Domain Name Industry Brief

————————————————

 

Software Website Toko Online