Published On: Fri, May 27th, 2016

Menurut Survei, Profesional Indonesia  Paling Percaya Diri Ketiga di Dunia, ketika Bicara Pencapaian Karier

 

linkedinJakarta, 27 Mei 2016 – Hari ini LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia, merilis sebuah studi baru yang berjudul Your Story @ Work. Dalam studi ini, LinkedIn mengungkap pentingnya peran profil profesional online bagi para profesional yang ingin mengembangkan karier mereka lebih lanjut.

Profil profesional online menjadi hal yang semakin penting di dunia saat ini, berkat kekuatan dan pengaruh jaringan sosial yang juga kian membesar. Para profesional di Indonesia telah memahami betul hal tersebut. Berdasarkan hasil studi LinkedIn, sebanyak 74% profesional di Indonesia mempercayai bahwa berbagi cerita tentang pencapaian profesional berpengaruh penting terhadap perkembangan karier mereka – jumlah tersebut di atas rata-rata dunia yang hanya 69%. Kepercayaan tersebut juga disokong oleh kepercayaan diri profesional di negara ini dalam hal menceritakan pencapaian karier mereka. Menariknya, dalam hal ini, Indonesia memiliki jumlah profesional dengan tingkat kepercayaan diri tertinggi ketiga di dunia (52%) mengekor China (54%) dan India (55%), dan jauh melampaui rata-rata dunia (35%).

Survei juga mengonfirmasi bagaimana cerita tersebut memang mendapat perhatian dari para perekrut. Sebanyak 78% pengambil keputusan dalam proses rekrutmen di Indonesia mengatakan bahwa mereka selalu melihat profil LinkedIn milik kandidat potensial.

Cerita tentang pekerjaan serta pencapaian Anda dinilai penting oleh perekrut. Profil profesional online bisa menjadi penentu dalam mendapatkan kesempatan interview/wawancara. Sebanyak 93% dari para pengambil keputusan dalam proses rekrutmen di Indonesia mengatakan, seseorang yang mampu menjelaskan tentang apa yang mereka lakukan untuk mencari nafkah, akan dapat melewati proses wawancara dengan hasil yang baik. 94% dari para pengambil keputusan tersebut, juga mengungkap bahwa kemampuan dalam hal mengomunikasikan pencapaian karier secara jelas menjadi salah satu nilai terpenting yang mereka cari dari seorang kandidat.

Membuat kesan pertama yang baik adalah kunci kesuksesan dalam berburu pekerjaan. Pada tahap membuat penaksiran awal ini, 64% pengambil keputusan dalam proses rekrutmen di Indonesia mengatakan bahwa mereka menilai kandidat berdasarkan profil online orang tersebut. Pentingnya mendapatkan kesan pertama yang baik, sudah disadari betul oleh profesional di negara ini. 97% profesional di Indonesia mengatakan bahwa membuat kesan pertama yang baik itu penting selama proses pelamaran. Dan, hampir sepertiga atau 71% profesional di negara ini setuju bahwa sulit untuk mengatasi kesan pertama yang buruk.

“Indonesia memiliki pasar kerja yang sangat dinamis dan menawarkan begitu banyak kesempatan, karena itu diferensiasi semakin penting. Kami gembira mengetahui bahwa profesional di Indonesia mampu melihat manfaat yang bisa didapat dengan membangun profil dan membuat kesan yang baik di ranah online. Kemampuan dalam mengomunikasikan cerita serta pencapaian karier secara online, akan membantu profesional untuk bersaing dan juga sukses di berbagai hal yang mereka lakukan. Memanfaatkan kekuatan dari platform profesional sosial seperti LinkedIn, akan menghubungkan para profesional dengan beragam kesempatan lainnya yang bahkan melampaui perkembangan karier semata,” jelas Feon Ang, Senior Director, LinkedIn Talent Solutions, Asia Pacific.

Untuk anjuran tentang mengenai bagaimana membangun profil LinkedIn yang mampu menceritakan tentang pekerjaan dan pencapaian karier Anda, kunjungi How to tell your #workstory dan baca blog post oleh Catherine Fisher, yang berjudul Get Comfortable with Being Uncomfortable: Why the time is NOW to tell your work.