Published On: Thu, Aug 13th, 2015

MoboMarket Rilis Laporan Penggunaan Smartphone Android Indonesia Q2 2015

Share This
Tags

 

Q2 2015 MOBOMARKET REPORTJakarta, 13 Agustus 2015 – Sejalan dengan komitmennya untuk turut mengembangkan ekosistem mobile di Indonesia dan menyajikan informasi terkini mengenai tren pasar mobile di dalam negeri, MoboMarket merilis laporan penggunaan smartphone Android di Indonesia selama kuartal kedua tahun 2015 (Q2 2015).

Laporan berjudul Q2 2015 Indonesia Mobile Data Report, Based on MoboMarket Users Data Research tersebut disusun berdasarkan analisis kebiasaan pengguna MoboMarket di Indonesia selama Q2 2015. Dalam penyusunan laporan ini, MoboMarket menggunakan 6,73 juta sampel pengguna.

MoboMarket merupakan toko aplikasi Android yang dikembangkan oleh Baidu. MoboMarket mulai diperkenalkan di Indonesia pada Februari 2014 sebagai toko aplikasi alternatif bagi para pengguna smartphone Android di Tanah Air.

Menghadirkan lebih dari 500.000 koleksi aplikasi, hingga akhir Juni 2015 MoboMarket telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan memiliki lebih dari 4 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users) di Indonesia. Selama Q2 2015 saja, Baidu mencatat sebanyak 500 juta distribusi aplikasi dilakukan oleh pengguna melalui MoboMarket.

 

Kebiasaan pengguna dalam mengunduh dan memperbarui aplikasi

Dalam laporan ini, MoboMarket mengelompokkan aplikasi dalam dua kategori, yakni software dan game. Ada beberapa kebiasaan pengguna yang menjadi catatan MoboMarket.

  • Kebanyakan pengguna mengunduh aplikasi pada saat akhir pekan. Sama seperti pada kuartal sebelumnya, Sabtu dan Minggu masih menjadi waktu favorit bagi para pengguna untuk mengunduh aplikasi. Selama Q2 2015, jumlah pengunduh software pada hari Sabtu sebanyak 19,62% dan Minggu sebanyak 16,74%. Sementara jumlah pengunduh game pada hari Sabtu sebanyak 16,77% dan Minggu sebanyak 15,23%.
  • Banyak pengguna melakukan pencarian aplikasi dengan mengetikkan nama aplikasi secara lengkap. Sebanyak 78% pengguna mengetikkan nama aplikasi secara lengkap untuk mencari software dan 70% pengguna melakukan hal serupa untuk mencari game. Sisanya melakukan pencarian menggunakan keyword tertentu atau dengan mengetikkan nama pengembang aplikasi.
  • Jumlah pencarian aplikasi yang diikuti dengan aktivitas download terus meningkat. Pada Q1 2015, jumlah pencarian yang diikuti dengan aktivitas download berjumlah 34,18%. Angka ini naik menjadi 34,76% pada Q2 2015. Tingkat konversi pencarian pada MoboMarket sendiri mencapai 59,35%. Hal ini menunjukkan pentingnya fitur pencarian bagi para pengguna toko aplikasi. Oleh karena itu pengembang aplikasi perlu memberikan deskripsi yang akurat dan detail tentang aplikasi mereka.
  • Tidak banyak pengguna yang rajin memperbarui aplikasi mereka setiap hari. Hal ini tercermin dari sedikitnya pengguna yang memperbarui aplikasinya setiap hari, yakni hanya sebanyak 4,96%.
  • Pengguna paling sering memperbarui aplikasi sosial mereka. Meskipun game merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh, namun aplikasi yang paling sering diperbarui oleh pengguna adalah aplikasi sosial (37,78%), diikuti dengan aplikasi tools (19,98%). Game menempati posisi ketiga, yakni sebanyak 13,54%.

 

Aplikasi dan game favorit

Tiga jenis aplikasi yang menjadi favorit pengguna dan paling banyak diunduh adalah game (43,71%), aplikasi sosial (12,02%), dan aplikasi tools (8,96%). Sementara itu, jenis game yang paling disukai pengguna adalah casual & puzzle game (29,42%), arcade game (13,16%), dan action game (11,02%).

Dalam risetnya, MoboMarket juga menemukan bahwa jenis game baru yang paling banyak dilirik oleh pengguna adalah game berjenis casual & puzzle (23,79%), game anak (14,98%), serta cards & casino game (12,21%). Sementara itu, jenis software baru yang disukai dan paling banyak diunduh oleh pengguna adalah software yang masuk dalam kategori lifestyle (19,43%), books (17,82%), serta music & video (10,56%).

Persentase di atas diperoleh berdasarkan 200 game dan 200 software baru yang paling banyak diunduh dari MoboMarket selama Q2 2015.

 

Akses terbesar melalui jaringan 3G

Akses terbanyak yang dilakukan oleh pengguna selama Q2 2015 adalah melalui jaringan 3G, yakni sebanyak 59,08%. Sementara itu, penggunaan jaringan 2G dan WiFi masing-masing hanya sebanyak 28,3% dan 12,61%.

Jika dibandingkan dengan dua kuartal sebelumnya, jumlah pengguna yang mengakses melalui jaringan 3G terbilang stabil, yakni di kisaran 60%. Sementara itu, persentase pengguna yang mengakses jaringan Wifi terus bertambah, dari sekitar 11% pada Q1 2015 menjadi 12,61% pada Q2 2015.

 

Temuan menarik lainnya

Selain itu, masih ada beberapa temuan menarik lainnya yang dicatat MoboMarket selama Q2 2015, yakni:

  • Ponsel yang paling banyak digunakan oleh para pengguna mobile di Indonesia adalah ponsel dengan layar WVGA dan resolusi 800*480 inchi, yakni sebanyak 33,68%. Meski demikian, penggunaan layar WVGA ini terus menurun jika dibandingkan dengan Q4 2014 (36,70%) dan Q1 2015 (34,82%).
  • Rata-rata pengguna memasang (install) 3 hingga 4 aplikasi sosial pada ponsel mereka.
  • Dua puluh kata pencarian terbanyak berhubungan dengan aplikasi media sosial, game populer, dan aplikasi fotografi. Di antaranya adalah, BBM, Line, Facebook, CoC (Clash of Clans), Instagram, dan Camera 360.
  • Lima aplikasi sosial yang paling banyak dipasang oleh pengguna MoboMarket pada ponsel mereka, berturut-turut adalah BBM, Facebook, Instagram, Line, dan WhatsApp.
  • Lima aplikasi fotografi yang paling banyak dipasang oleh pengguna MoboMarket pada ponsel mereka, berturut-turut adalah B612, Camera360 Ultimate, Photo Grid, Retrica, dan BeautyPlus.
  • Lima aplikasi tools yang paling banyak dipasang oleh pengguna adalah UC Browser Mini for Android, Clean Master, Baidu Browser Mini, Emoji Keyboard, dan DU Speed Booster.
  • Lima game yang paling banyak dipasang oleh pengguna adalah Clash of Clans, Subway Surfers, LINE Let’s Get Rich, Pou, dan Minecraft.
  • Paket aplikasi terbesar yang diunduh oleh pengguna berukuran sekitar 1338Mb. Meski begitu, tidak banyak pengguna yang tertarik untuk mengunduh paket aplikasi berukuran besar.
  • Sebanyak 39,84% pengguna rata-rata mengunduh satu aplikasi per hari. Sementara sebanyak 22,73% mengunduh lima aplikasi atau lebih setiap harinya.
  • Kebanyakan pengguna menggunakan Android versi 4.x. Sebanyak 39,34% pengguna menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean (versi 4.1 hingga 4.3) dan sebanyak 39,88% menggunakan Android KitKat (versi 4.4).

“Kami berharap laporan ini bermanfaat dan dapat memberikan wawasan bagi para pelaku industri mobile di Indonesia—terutama para pengembang aplikasi lokal—untuk memahami kebiasaan para pengguna mobile di Tanah Air,” ungkap Bao Jianlei, Director Baidu Indonesia.

“Kami akan terus mengembangkan MoboMarket sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia, serta mendukung para pengembang aplikasi lokal dalam mempromosikan dan mendistribusikan aplikasi mereka,” lanjut Bao.

 

Q2 2015 Indonesia Mobile Data Report, Based on MoboMarket Users Data Research dapat diakses secara lengkap di http://bit.ly/1gK2HCY.

 

– SELESAI –

 

 

Tentang MoboMarket

MoboMarket merupakan pasar aplikasi khusus Android yang dikembangkan oleh Baidu. Bertujuan untuk mengedepankan aplikasi lokal, MoboMarket membuka kesempatan bagi para pengembang aplikasi lokal yang ingin memperkenalkan karya mereka kepada para pengguna perangkat berbasis Android. MoboMarket dapat diakses dan diunduh melalui http://mobomarket.co.id.

 

Tentang Baidu

Baidu, Inc adalah perusahaan pengembang mesin pencari terkemuka asal China. Sebagai perusahaan media berbasis teknologi, Baidu bertujuan untuk memberikan teknologi terbaik dan bijak bagi para pengguna yang ingin melakukan pencarian informasi apapun melalui Internet. Baidu juga menyediakan platform yang efektif untuk bisnis dalam menjangkau calon pelanggan. Baidu ADS diperdagangkan di NASDAQ dan pasar Global dengan simbol “BIDU”. Saat ini, sepuluh ADS mewakili  satu saham kelas A.