Published On: Tue, Jun 9th, 2015

Modernisasi Fasilitas i-NOC (Indosat Network Operation Center)

Share This
Tags

indosat iNOCJakarta, 9 Juni 2015 – PT Indosat Tbk, anggota dari Ooredoo Group, hari ini meresmikan operasional fasilitas baru dari indosat Network Operation Center (i-NOC), sebagai pusat pemantauan performansi jaringan Indosat secara nasional. i-NOC adalah fasilitas monitoring & pengendalian jaringan infrastruktur Indosat baik untuk layanan Cellular (Mobile) maupun layanan Enterprise Corporate (Fixed MIDI), indosat Business, termasuk yang disediakan oleh anak perusahaan Indosat seperti  Lintasarta dan IM2.

Peresmian operasional fasilitas baru i-NOC ini juga merupakan bagian dari kesiapan jaringan Indosat, terutama dari sisi pengendalian jaringan, untuk mendukung dan memastikan komunikasi pelanggan selama masa Ramadhan dan Mudik Lebaran 2015 berlangsung dengan lancar dan nyaman. i-NOC akan berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat Core, Radio, Transmisi Backbone dan Access Network dari  40.756 BTS Indosat di seluruh wilayah Indonesia.

“i-NOC kini kami modernisasi dengan beberapa fasilitas baru. Ini merupakan bentuk komitmen kami menghadirkan inovasi kepada pelanggan agar mereka mendapat, pengalaman terbaik dalam menggunakan layanan kami. i-NOC akan memastikan jaringan Indosat selalu dalam performansi prima untuk memonitor secara langsung dan transparan pelanggan seluler maupun pelanggan korporasi yang menggunakan layanan Indosat. Hadirnya i-NOC ini juga sejalan dengan progran peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan secara keseluruhan yang menjadi fokus kami dalam 2 tahun terakhir ini melalui program Modernisasi Jaringan secara nasional, yang memberikan kualitas dan kecepatan akses yang semakin tinggi dan stabil,” demikian disampaikan oleh Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat.

Sementara itu John M. Thompson, Director & Chief Technology Officer Indosat menambahkan, “Keberlangsungan layanan pelanggan tanpa gangguan merupakan tujuan utama kehadiran i-NOC ini, seluruh engineer dan teknisi kami di i-NOC akan memastikan setiap potensi gangguan dapat langsung diatasi, bahkan sebelum potensi gangguan tersebut benar-benar terjadi dan dirasakan oleh pelanggan. Selain itu sebagai pusat pemantauan jaringan, i-NOC akan memastikan komunikasi pelanggan berjalan lancar dan nyaman, terutama selama periode trafik telekomunikasi yang cukup padat seperti Ramadhan dan Mudik Lebaran 2015.”

“i-NOC kini kami modernisasi dengan beberapa fasilitas baru. Ini merupakan bentuk komitmen kami menghadirkan inovasi kepada pelanggan agar mereka mendapat, pengalaman terbaik dalam menggunakan layanan kami. i-NOC akan memastikan jaringan Indosat selalu dalam performansi prima untuk memonitor secara langsung dan transparan  pelanggan seluler maupun pelanggan korporasi yang menggunakan layanan Indosat. Hadirnya i-NOC ini juga sejalan dengan progran peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan secara keseluruhan yang menjadi fokus kami dalam 2 tahun terakhir ini melalui program Modernisasi Jaringan secara nasional, yang memberikan kualitas dan kecepatan akses yang semakin tinggi dan stabil,” demikian disampaikan oleh Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat.

Sementara itu John M. Thompson, Director & Chief Technology Officer Indosat menambahkan, “Keberlangsungan layanan pelanggan tanpa gangguan merupakan tujuan utama kehadiran i-NOC ini, seluruh engineer dan teknisi kami di i-NOC akan memastikan setiap potensi gangguan dapat langsung diatasi, bahkan sebelum potensi gangguan tersebut benar-benar terjadi dan dirasakan oleh pelanggan. Selain itu sebagai pusat pemantauan jaringan, i-NOC akan memastikan komunikasi pelanggan berjalan lancar dan nyaman, terutama selama periode trafik telekomunikasi yang cukup padat seperti Ramadhan dan Mudik Lebaran 2015.”

Fasilitas i-NOC ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas baru yang terdiri dari ruang bangunan utama untuk memonitor jaringan yang dilengkapi 24 buah video wall display untuk dashboard monitoring guna membantu secara visual memonitor service (SoC) dan trends performance jaringan. Hasil pemantauan dari fasilitas ini akan melengkapi informasi bagi para engineer dan teknisi jaringan dari tiap fungsi seperti fungsi Core, Radio, Transmisi Backbone dan Access Network.

i-NOC juga dilengkapi dengan  ruang bangunan pendukung Command Center (war room) untuk koordinasi cepat tanggap yang dilengkapi perangkat Audio-video (teleconference) dan kemampuan access ke semua jaringan indosat,  serta ruang area lainnya diperutukkan untuk team pendukung, engineers/teknisi helpdesk & TAC (Technical Assistence Center/Expert) dan Provisioning jaringan dari tiap bagian fungsi (Cellular & Enterprise Corporate), serta dilengkapi ruang area khusus breakpoint.

 

Tentang Indosat

Indosat adalah operator penyelenggara telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan telepon selular, telepon tetap, komunikasi data dan internet (MIDI). Di kuartal 1 2015, perusahaan memiliki 66,5 juta pelanggan selular melalui berbagai merek antara lain IM3, Mentari dan Matrix. Indosat mengoperasikan layanan sambungan langsung internasional (SLI) melalui kode akses 001, 008 dan Flatcall 01016. Perusahaan juga menawarkan layanan solusi korporat yang didukung oleh jaringan telekomunikasi terintegrasi di seluruh Indonesia serta jasa layanan satelit melalui satelit PALAPA-C2 dan PALAPA-D Indosat adalah anak perusahaan dari Grup Ooredoo (sebelumnya lebih dikenal dengan Qtel Group). Saham Indosat tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT).

 

Tentang Ooredoo

Ooredoo, adalah perusahaan telekomunikasi internasional terkemuka yang menyediakan layanan selular, telekomunikasi tetap, internet broadband dan layanan bagi korporat, sesuai kebutuhan pelanggan dan bisnis, beroperasi di wilayah Timur Tengah, Afrika Utara dan Asia Tenggara. Sebagai perusahaan yang fokus bagi komunitas, Ooredoo, memiliki visi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan yakin bahwa layanannya akan dapat menstimulasi pertumbuhan bagi pelanggannya untuk mencapai kemampuan terbaiknya melalui penyediaan layanan komunikasi yang bermanfaat. Ooredoo telah hadir di Qatar, Kuwait, Oman, Algeria, Tunisia, Iraq, Palestina, Maldives, Myanmar dan Indonesia. Perusahaan meraih penghargaan The World Communication Awards 2013 untuk kategori Best Mobile Operator of the Year.

Perusahaan melaporkan pendapatan usaha sebesar US$ 9,1 milyar di tahun 2014 dan memiliki lebih dari 107 juta pelanggan global per 31 Desember 2014. Saham Ooredoo telah tercatat di Bursa Qatar dan Bursa Sekuritas Abu Dhabi.

www.ooredoo.com

Twitter: @Ooredoo

Facebook: facebook.com/ooredoogroup

LinkedIn: http://www.linkedin.com/company/ooredoo