Published On: Tue, Dec 5th, 2017

Mudahnya Belajar Bahasa Korea

Share This
Tags

Jakarta, 28 November 2017. Pesatnya perkembangan Korea Selatan tak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan asal Indonesia, tapi juga menjadi magnet bagi para masyarakat Indonesia yang ingin bekerja di Korea Selatan. Setiap tahunnya jumlah calon tenaga kerja asal Indonesia cendrung meningkat, jumlahnya dapat mencapai 4000 orang tiap tahunnya. Para calon tenaga kerja berasal dari berbagai latar pendidikan mulai dari Sekolah Menengah Kejurusan, lulusan BLK, Polytehnic dan perguruan tinggi.

Para calon tenaga kerja sebelumnya harus dapat lolos tes bahasa Korea atau biasa disebut EPS TOPIK agar dapat mulai bekerja di Korea Selatan. Untuk membantu para calon tenaga kerja asal Indonesia dapat lolos tes EPS TOPIK, KLC sebagai perusahaan Konsultan Traning dan Edukasi bekerja sama dengan Hanijemi perusahaan Edukasi Literasi asal Korea Selatanmenerbitkan buku EPS TopiK, “Test Employment Permit System  Test of Proficiency Korea”,  buku untuk belajar lulus Tes lancar berbahasa Korea.

Buku ini terdiri dua pokok bahasan yaitu Materi Ajaran dan Materi Tes, dala buku ini diajarkan bagimana cara belajar cepat dan cara agar dapat lulus dengan baik  dalam EPS Topik khususnya bagi para peminat bahasa Korea yang ingin bekerja  di Korea Selatan.  Di dalam buku ini terdapat 30 Chapters (EPS TOPIK 1) dan 20 Chapters (EPS TOPIK 2) , terdapat 3(tiga) Mock test. Materi buku ini fokus pada Vocabulary, Practice, Listening Practice, Reading Practice dan Grammar ( EPS TOPIK 2).

“Kita sadar dalam era globalisasi bahasa menjadi alat utama dalam menjalin komunikasi dengan negara asing. Dengan menguasai Bahasa, dunia menjadi kecil sejalan dengan perkembangan teknologi kominikasi dan informasi” ungkap Eka Mutya Yuliandarin sebagai Direktur Utama dari KLC.

“Khususnya bagi  Indonesia, banyak produk-produk dan Investor Korea dalam berbagai bidang berkembang pesat di Indonesia, banyak pengusaha dan investor serta tenaga kerja Korea Selatan bekerja dan fasih berbahasa Indonesia . Sementara itu sebaliknya di negara asalnya Korea Selatan, banyak membutuhkan tenaga-tenaga kerja dari luar negaranya untuk bekerja di Korea Selatan” lanjutnya.

Buku EPS Topik ini nantinya dapat dibeli di toko buku seperti Gramedia, Gunung agung, TM BookStore, Periplus, Aksara, Bukupedia, Karisma, Buku Kita, Eureka Book House. Selain offline buku ini akan dipasarkan secara online.

“Dengan EPS Topik kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan atau beasiswa di Korea Selatan semakin terbuka lebar, buku ini dapat membantu masyarakat Indonesia untuk lulus tes EPS Topik” Ujar Profesor Jeoung-Sun Bae, Ph,D. Pedagogigs (Profesor Lucy Bae).

“Kesempatan untuk bekerja di Korea Selatan terbuka lebar untuk semua orang, untuk itu jangan ragu untuk mencoba dengan mengikuti EPS Topik” imbuhnya.

Kehadiran Hanijemi di Indonesia juga didukung oleh KOTRA (Korea Trade Investment Promotion Agency) dalam kegiatan promosi produk-produk Korea Selatan.

“Buku ini merupakan sebuah awal yang mudah untuk merasakan Korea Selatan. Melalui program ini dapat belajar bahasa Korea dan dapat merasakan budaya Korea Selatan”. Ungkap Mr. Kim Byungsam dari Kotra.

Dengan diluncurkannya buku EPS Topik diharapkan hubungan Indonesia dan Korea Selatan dapat semakin baik dengan adanya pekerja asal Indonesia di Korea Selatan dengan kemampuan yang baik. Diharapkan pula kedua negara ini dapat saling membagi pengetahuan melalui para pekerjanya sehingga dapat saling mendukung dalam kemajuan bangsa.

# # # 

 

Tentang KLC

KLC sebagai perusahaan Konsultan Traning dan Edukasi yang didirikan 2017, dengan latar belakang ingin memudahkan para calon pekerja dari Indonesia untuk mendapatkan bekal dan ilmu serta menjadikan para calon pekerja tersebut menjadi lebih berpengalaman ketika bekerja di luar Indonesia.

Dengan kesempatan besrsama Hanijemi dari Korea Selatan ini, KLC dapat membantu para calon pekerja untuk lebih mudah dalam mendapatkan pembelajaran untuk lulus serangkaian Test persiapan kerja. Sebagai perusahaan baru diharapkan nantinya KLC juga dapat bekerjasama dengan Perusahaan dari negara lain dalam mencetak para pekerja yang berkompetensi untuk bekerja di luar negeri.

 

Tentang Hanijemi

Didirikan dan di kelola oleh ahli bahasa Korea sebagai bahasa asing, peneliti dan pengajar yang berpengalaman. Hanijemi juga anggota IT industry Promotion Agency di Busan, Hanijemi juga menciptakan Card game dan metedologi  belajar dengan alat, mereka juga mengeluarkan “HOYHOY”  Korea History Board Game. Selain itu hanijemi merupakan perusahaan  Riset dan development yang tersertifikasi. Pada tahun 2015 Hanijemi menerbitkan buku “ Korean Trendy  VOCA 40” dan membuka kursus bahasa korea.  Lalu di tahun 2016 Hanijemi menerbitkan TOPIK mock Test dan E-Learning Site www.funneasykorean.com. Pada tahun 2017 barulah hanijemi melebarkan sayapnya ke negara lain dengan menerbitkan buku EPS TOPIK yang rencananya akan di pasarkan di ASIA

 

Tentang KOTRA

KOTRA, Korea Trade-Investment Promotion Agency adalah sebuah instansi pemerintahan Korea yang ditujukan untuk mempromosikan perdagangan dan investasi antara Korea dan Indonesia. Kantor kami, Korea Business Center telah berdiri di Jakarta lebih dari 52 tahun sejak tahun 1964 untuk melayani dan mengembangkan bisnis diantara kedua negara.

Selama kurun waktu tersebut, volume perdagangan antara kedua negara telah tumbuh dengan pesat lebih dari $ 2 juta di tahun 1966 ke $ 16.7 miliar di tahun 2015. Dalam hal investasi, negara Korea adalah investasi terbesar kelima di Indonesia setelah Singapura dan Malaysia, Jepang, Belanda sampai tahun 2015 dan komunitas Korea adalah komunitas asing terbesar di Indonesia dengan jumlah penduduk 50,000 orang Korea dan 2,200 perusahaan investasi Korea yang beroperasi.

Korea memiliki teknologi dan modal yang tinggi dan Indonesia mempunyai sumber daya alam yang berkelimpahan dan tenaga kerja yang berkualitas dengan jumlah penduduk mencapai 250 juta orang. Dalam hal itu, kerja sama ekonomi antara kedua negara harus lebih ditingkatkan di akan datang dan KOTRA akan menjadi pusat dari kerja sama tersebut untuk membuat kedua negara dapat menikmati keuntungan dari tersebut.