Published On: Fri, Mar 11th, 2016

Nelayan Yogyakarta dan Balikpapan Mulai Manfaatkan mFish

mFish-Jogja

Regional Sales Manager DI Yogyakarta, Yudith Sabrina (kanan) berfoto bersama Kepala Seksi Perikanan Tangkap -Dinas Kelautan dan Perikanan Gunung Kidul,Turdiyono, S.TP sesaat setelah program sosialisasi aplikasi digital mFish. Aplikasi ini merupakan panduan berbasis teknologi bagi para nelayan.

Yogyakarta, 8 Maret 2016– Nelayan yang memanfaatkan aplikasi digital mFish terus bertambah. PT XL Axiata Tbk (XL) awal pekan ini mulai mengimplementasikannya kepada para nelayan di Pantai Baron, Gunung Kidul, dan Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta. Pekan sebelumnya, para nelayan di Balikpapan, Kalimantan Timur juga mulai memanfaatkan panduan barbasis teknologi digital tersebut untuk meningkatkan produktivitas dan keamanan selama bekerja di laut.

 

Vice Presiden Central Region XL, Bambang Parikesit mengatakan, “Tahun ini kami mulai mengimplementasikan mFish bagi para nelayan di wilayah DI Yogyakarta dengan harapan sarana berteknologi digital yang kaya manfaatkan ini juga bisa dimanfaatkan warga nelayan setempat memang membutuhkan dukungan untuk lebih produktif. Pada tahap awal ini, akan ada 260 paket mFish yang kami bagikan kepada nelayan Yogyakarta.”

 

Bambang menambahkan, distribusi paket mFish terdiri dari 160 untuk nelayan Pantai Baron, Gunung Kidul. Sementara itu untuk nelayan Pantai Depok, Bantul dialokasikan sebanyak 100 paket mFish. Satu paket mFish terdiri dari handset, kartu SIM XL, pengisi batre tenaga sinar matahari, tas anti air, dan kabel data. Implementasi mFish di Yogyakarta ini sekaligus sebagai upaya XL untuk mensosialisasikan pemanfaatan teknologi digital guna meningkatkan kinerja dan produktivitas warga di berbagai bidang.

 

Dalam mengimplementasikan mFish ini, XL bekerjasama dengan TONE, yang menjadi partner pengembang aplikasi tersebut. Aplikasi mFish sendiri memiliki fitur yang menyediakan informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu, melalui aplikasi canggih tersebut, nelayan juga bisa saling berkomunikasi. Tahun lalu, Presiden RI Joko Widodo sempat menyaksikan demonstrasi cara kerja mFish dan memberikan apresiasi atas aplikasi khusus bagi kaum nelayan ini.

 

Untuk memastikan program implementasi mFish di Yogya ini berjalan seperti yang diharapkan. XL mendapatkan dukungan dari PT Komunika Mitra Pratama, mitra dealer XL di Yogya, untuk  menyediakan pendampingan selama 6 bulan. Akan ada petugas yang secara rutin mendatangi nelayan untuk melakukan pendampingan sekalian menjaga tingkat efektifitas.  Sosialisasi program ini sudah dilakukan sejak Desember 2015. Selain itu, dari sisi jaringan, di ke dua area tersebut sudah tersedia layanan 3G dengan kualitas yang bagus untuk akses Data.

 

 

mFish di Balikpapan

MFish_1

Regional Sales Manager XL Kalimantan Timur, Hurry Amar Sidqi (kiri ), menyerahkan secara simbolis perangkat mFish kepada nelayan, di Kampung Baru Balikpapan Barat. Aplikasi mFish memiliki fitur yang menyediakan informasi cuaca, lokasi keberadaan plankton, arah dan kecepatan angin, posisi di laut, serta waktu air pasang. Selain itu, melalui aplikasi canggih tersebut, nelayan juga bisa saling berkomunikasi

Sementara itu di Balikpapan, XL bekerjasama dengan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan, dalam mengimplementasikan mFish. Ada total 500 paket perangkat mFish yang telah diserahkan kepada warga nelayan di 2 kampung, yaitu Kampung Baru dan Manggar, masing-masing 250 perangkat. Seiring dengan visi pemerintah untuk menyediakan “Desa Broadband” di berbagai penjuru tanah air, aplikasi mFish dari XL saat ini telah memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan di beberapa lokasi di Indonesia, termasuk di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Karena itu, XL berharap manfaat yang sama bisa didapatkan oleh nelayan di wilayah Kawasan Timur Indonesia lainnya.

 

Dalam kerjasama tersebut, nelayan penerima paket mFish akan mendapatkan gratis biaya paket data selama 1 bulan. Selanjutnya akan terus dilakukan pembinaan dan pendampingan di kampung nelayan ini oleh tim ITK selama 6 bulan, sekaligus untuk menjaga tingkat efektivitasnya. Juga akan dengan menggandeng tim dealer, dimana setiap bulannya akan menyediakan dompul isi ulang atau paket bagi nelayan di area tersebut. Dari sisi jaringan pendukung, XL memiliki jaringan yang sangat memadai di seluruh Kota Balikpapan dan sekitarnya, termasuk di lepas pantai wilayah Kota Industri tersebut.