Published On: Thu, Mar 3rd, 2016

NVIDIA dan Monash University Bekerja Sama untuk Meningkatkan Penelitian Akselerasi GPU di Australia 

Steve Oberlin

Steve Oberlin, NVIDIA Chief Technology Officer of Accelerated Computing

Jakarta, 3 Maret 2016 — NVIDIA mengumumkan kerjasamanya dengan Monash University untuk mendukung gelombang baru penelitian GPU terakselerasi, menandai langkah pertama menuju program penelitian dan pengembangan yang sangat terintegrasi antara penelitian dan inovasi industri di Australia.

Pada acara hari ini di kampus Monash Clayton di Melbourne, NVIDIA Chief Technology Officer of Accelerated Computing, Steve Oberlin, mengumumkan bahwa Monash akan bergabung dengan NVIDIA Technology Centre Asia Pasifik. Pusat ini di dedikasikan untuk penelitian ilmiah dan pengembangan karya ilmiah di wilayah tersebut.

NVIDIA dan Monash bersama-sana akan mendanai penelitian siswa, memfasilitasi akses ke teknologi komputasi akselerasi GPU dan memanfaatkan jaringan tenaga ahli mereka di seluruh dunia untuk dapat memberikan pelatihan industry yang relevan serta pertukaran ilmu pengetahuan.

Juga di umumkan pada acara tersebut oleh Kepala penelitian  Australia – Alan Finkel AO mengenai supercomputer M3, generasi ketiga dari supercomputer yang tersedia melalui fasilitas MASSIVE (Multi-modal Australian ScienceS Imaging and Visualisation Environment). Didukung oleh ultra-high-performance NVIDIA® Tesla® K80 GPU accelerators, M3 akan memberikan simulasi terbaru dan kemampuan proses data secara real time ke berbagai pilihan penelitian Australia.

“Monash University telah menggunakan komputasi akselerasi GPU untuk mendorong penemuan di bidang medis, robotika, visualisasi, matematik, teknik dan komputasi kimia selama bertahun-tahun,” ujar Oberlin. “Kami memperdalam hubungan kerjasama dengan Monash, dan berharap untuk dapat
bekerja dengan mereka untuk memperluas kesuksesan mereka menggunakan teknologi komputasi akselerasi GPU terbaru untuk mendorong wawasan dan inovasi.”

“Kerjasama kami dengan NVIDIA akan mengambil penelitian Monash ke tingkatan terbaru. Dengan menggabungkan beberapa peneliti terbaik Australia dengan teknologi komputasi terakselerasi NVIDIA, kita akan melihat beberapa dampak yang luar biasa. Para peneliti kami akan menghasilkan kode yang dapat bekerja lebih cepat, namun lebih signifikan, fokus mereka pada algoritma pembelajaran yang mendalam akan menghasilkan hasil yang lebih cerdas” ujar Professor Ian Smith, Vice Provost (Research and Research Infrastructure), Monash University.