Published On: Thu, Nov 12th, 2015

NVIDIA Luncurkan Modul Jetson TX1 yang Seukuran Kartu Kredit

1101_nvidiaJakarta, 12 November 2015— NVIDIA hari ini meluncurkan modul seukuran kartu kredit yang memanfaatkan kekuatan machine learning untuk memungkinkan generasi terkini dari mesin yang pintar dan otonom dapat belajar.

Modul NVIDIA® Jetson™ TX1 menjawab tantangan untuk menciptakan gelombang baru jutaan perangkat pintar– drones yang tidak hanya dapat terbang dengan menggunakan kendali jarak jauh, tetapi mampu menavigasi jalan melalui hutan atau untuk mencari dan menyelamatkan; sistem pengawasan keamanan ringkas yang tidak hanya memindai kerumunan, tetapi mengindentifikasi aktivitas yang mencurigakan; serta robot yang tidak hanya melakukan pekerjaan yang diminta, tetapi juga dapat mempelajari kebiasaan individu – dengan memasukkan kemampuan seperti machine learning, computer vision, navigation dan banyak lainnya.

Jetson TX1 adalah komputer embedded pertama yang dirancang untuk memproses jaringan saraf dalam – software komputer yang dapat belajar untuk mengenali obyek atau informasi internet. Pendekatan baru untuk program komputer disebut machine learning dan dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas kompleks seperti mengenali gambar, memproses percakapan konvensional, atau menganalisa sebuah ruangan penuh dengan furniture dan menemukan jalan untuk bernavigasi didalamnya. Machine learning adalah teknologi inovatif yang akan memberikan perangkat otonom lompatan raksasa dalam kemampuan.

Dengan kinerja 1 teraflop – dibandingkan dengan supercomputer tercepat dari 15 tahun lalu – Jetson memberikan kinerja yang luar biasa untuk machine learning, computer vision, GPU computing dan grafis, sementara tetap menggunakan daya yang kecil.

“Jetson TX1 akan memungkinkan generasi baru perangkat otonom yang sangat mampu,” ujar Deepu Talla, vice president dan general manager Tegra business NVIDIA. “Mereka akan bernavigasi dengan sendirinya, mengenali obyek dan wajah, serta menjadi semakin cerdas melalui machine learning. Ini akan memungkinkan para pengembang untuk menciptakan berbagai produk industri yang berbeda.”

Tersedia sebagai sebuah modul, Jetson TX1 juga dibangun menjadi sebuah Developer Kit, yang memungkinkan para pecinta hobi dan kalangan professional untuk mengembangkan dan menguji perangkat  otonom yang sangat canggih. Hal ini membuat mudah untuk transisi dari pengembangan untuk manufaktur dan produksi.

Dukungan Industri
Michael Azoff – Ovum Principal Analyst mengatakan: “Jetson TX1 adalah kemajuan yang signifikan dalam menggerakkan aplikasi machine learning dari penelitian ke dalam dunia nyata. Produk ini menggunakan mulai dari artificial intelligence-assisted robot, hingga sistem canggih pada automobile, dan Internet of Things-connected intelligent machine. Ekosistem di sekitar Jetson akan mempercepat perpindahan AI dari lab ke real-world machine.”

Sertac Karaman, professor aeronautics dan astronautics di Massachusetts Institute of Technology, mengatakan, “NVIDIA’s Jetson TX1 begitu kuat dan mudah digunakan, kami memutuskan untuk mendasari sistem MIT robotic dan science course disekitarnya. Siswa kami akan menggunakan TX1 untuk embedded vision, stereo reconstruction dan machine learning, sehingga mobil balap skala mereka akan mampu untuk mendeteksi dan menghindari rintangan. Saya sangat senang dengan kemungkinan yang Jetson tawarkan.”

Jeff Bier, president Berkeley Design Technology, Inc., mengatakan: “Berdasarkan analisis independen BDTI, Jetson TX1 menonjol dalam tiga hal. Pertama, pengembangan aplikasi pada Jetson TX1 terasa lebih seperti mengembangkan di PC daripada seperti mengembangkan pada tipikal papan embedded. Kedua, installer JetPackTX1 membuat nya mudah untuk menginstal sebuah sistem gambar pada papan. Ketiga, dukungan untuk CUDA memungkinkan para pengembang untuk menggunakan GPU untuk mempercepat berbagai aplikasi tanpa harus menyelidiki kompleksitas pemrograman GPU.”