Published On: Fri, Jul 29th, 2016

OFI dan SMART Lepasliarkan Orangutan

Sejumlah orangutan berada di Camp Seluang Mas, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Kamis (28/7). PT SMART Tbk bersama OFI melepasliarkan dua orangutan Poco dan Rich ke habitat aslinya di hutan Seruyan setelah mengalami masa karantina selama 10 tahun. FOTO/Noveradika/2016

Sejumlah orangutan berada di Camp Seluang Mas, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Kamis (28/7). FOTO/Noveradika/2016

Jakarta, 28 Juli 2016– Orangutan Foundation International (OFI), salah satu lembaga nirlaba internasional yang pendiriannya didedikasikan untuk melestarikan orangutan dan habitat alaminya di hutan hujan tropis, bekerja sama dengan Golden Agri-Resources (GAR)/PT SMART Tbk, hari ini (28/7) melepasliarkan dua individu orangutan bernama Poco dan Rich, kembali ke alam liar hutan di Seruyan, Kalimantan Tengah.

Pelepasliaran ini menggaris-bawahi pentingnya dukungan sektor swasta pada spesies yang terancam punah ini. International Union for the Convention of Nature (IUCN) belum lama ini merilis status konservasi terbaru, dimana status orangutan berubah dari “endangered” menjadi “critically endangered” – hanya satu tingkat saja di bawah status punah (extinct).

orangutan2

Pimpinan Orangutan Foundation International (OFI), Birute Mary Galdikas (kiri) berbincang bersama Bupati Kabupaten Seruyan, H. Sudarsono (kanan) disaksikan MD Sustainability and Strategic Stakeholder Engagement Golden Agri-Resources (GAR)/PT. SMART Tbk, Agus Purnomo (tengah) saat meninjau di Camp Seluang Mas, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Kamis (28/7).  FOTO/Noveradika/2016

PT SMART TBK (SMART), anak perusahaan dari Golden Agri Resources (GAR), memulai menjalin kemitraan jangka panjang dengan Orangutan Foundation International (OFI) di awal tahun 2011 lalu dengan membantu melepasliarkan 40 orangutan ke habitat alami mereka di Hutan Seruyan, Kalimantan dan membantu menyediakan perawatan bagi kesejahteraan 320 Orangutan di Pusat Perawatan OFI (Orangutan, Care Center & Quarantine) di Pasir Panjang dekat Pangkalan Bun.

 

orangutan3

Sejumlah orangutan berada di Camp Seluang Mas, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Kamis (28/7). FOTO/Noveradika/2016

Pada tahun 2014, kerjasama GAR/PT SMART dengan OFI untuk konservasi orangutan diperpanjang untuk tiga tahun untuk mendukung pelepasliaran 60 individu orangutan lainnya ke habitat alami mereka.