Published On: Thu, May 21st, 2015

Oracle dan Komunitas Merayakan 20 Tahun Java

Share This
Tags

Oracle_logo21 Mei 2015 – Oracle, para pengguna, dan komunitas di seluruh dunia merayakan 20 tahun lahirnya Java. Sekarang ini, Java menjadi penopang perangkat lunak yang menyentuh kehidupan pribadi maupun kehidupan kerja kita. Dari inovasi big data enterprise, cloud, sosial, mobile, dan Internet of Things, hingga mobil, smartphone, dan games yang terhubung, Java terus membantu developer untuk melompati batasan inovasi teknologi.

“Java telah tumbuh dan berevolusi menjadi salah satu teknologi yang paling penting dan bisa diandalkan di industri saat ini. Mereka yang memilih Java, telah mengalami peningkatan dalam kinerjanya, skalabilitas, reliabilitas, kompatibilitas, dan fungsionalitas,” kata Georges Saab, Vice President of Development, Java Platform Group di Oracle. “Ekosistem Java menawarkan perpustakaan, kerangka kerja, dan sumber daya untuk membantu para programmer, dari yang masih amatir sampai yang sudah ahli. Pengembangan Java sendiri terjadi di dalam komunitas OpenJDK yang transparan. Dengan investasi besar dari Oracle dan lainnya di komunitas tersebut, kami menantikan 20 tahun ke depan, di mana Java semakin tumbuh dan berevolusi.”

“Fujitsu menyadari kegunaan Java di sistem TI begitu pertama kali dimunculkan. Bahkan sekarang kami berusaha mempromosikan aplikasinya. Java digunakan di berbagai industri di Jepang, karena Java sangat kompatibel dan menawarkan produktivitas yang luar biasa,” kata Yasushi Fuji, Vice President, Application Management Middleware Division, Fujitsu Limited. “Di masa depan, ICT, mobile dan teknologi cloud akan memperdalam hubungan antar manusia dan antara individu dengan perusahaan, serta turut menciptakan masyarakat yang lebih berpusat pada manusia. Kami berharap evolusi Java ini akan mendoron ke perkembangan ICT dan masyarakat yang berubah. Kami juga menantikan untuk bekerjasama dengan komunitas Java dalam mengembangkan teknologi Java.”

“IBM merayakan perayaan 20 tahun lahirnya Java, sebagai salah satu teknologi terpenting yang memimpin pemograman platform mobile, klien, dan perangkat lunak perusahaan. IBM mulai berkomitmen menggunakan Java saat pertama kali dimunculkan, yaitu 20 tahun lalu. Kami menyaksikan sendiri bagaimana ekosistem Java dan komunitas developer membawa nilai ke investasi yang diberikan klien kami di solusi berbasis Java,” kata Harish Grama, Vice President, Middleware Products, IBM Systems. “IBM menantikan pertumbuhan dan inovasi Java 20 tahun ke depan, termasuk dalam Mobile, Cloud, Analitik, dan Internet of Things.”

 

Evolusi Bahasa Pemograman Nomor #1 di Dunia

Diperkenalkan di tahun 1995, Java adalah bahasa pemograman yang dipilih oleh 9 juta developer dan kini menggerakkan 7 miliar perangkat. Meningkatkan keselamatan di jalan dan udara, mengumpulkan informasi dari samudera dunia untuk aplikasi sains, meningkatkan kualitas benih padi dan meningkatkan bantuan pangan, menstimulasi otak manusia dan sistem musculoskeletal, bahkan gaming, adalah beberapa proyek menarik dari seluruh dunia yang menggunakan teknologi Java.

Developer bisa memilih dari ekosistem berisi 30 Java EE 6 dan Java EE 7 dari 12 vendor. Selain itu, lebih dari 125 juta perangkat media berbasis Java telah diterapkan dan lebih dari 10 miliar JavaCards telah dikapalkan sejak Java pertama diperkenalkan.

Untuk melihat jejak langkah di 20 tahun sejarah Java, silahkan kunjungi di sini.

“Bahasa pemograman tidak selalu bertahan lama, dan yang bertahan lama pun kadang tidak menikmati lingkungan yang sehat,” kata Al Hilwa, IDC Program Director untuk Application Development Research. “Namun Java telah bertahan dan melewati ujian dari berbagai aplikasi yang menggunakannya, dari sistem enterprise besar hingga permainan video game.”

Dengan bantuan Oracle, dua platform besar, termasuk Java 7 dan Java 8, telah dikirim. Selanjutnya, Java 9 akan mulai dikirim di tahun 2016. Java Community Process (JCP) lebih terbuka dan transparan, dan menjadi elemen integral dalam partisipasi komunitas di evolusi teknologi. OpenJDK Community, tempat untuk berkolaborasi di penerapan open-source Java Platform, Standard Edition, terus menarik kontributor baru untuk ikut berpartisipasi.

Pada bulan Maret 2014, Oracle mengumumkan ketersediaan Java SE 8 setelah menerima persetujuan akhir di Java Community process. Rilis ini, yang termasuk peningkatan ke model pemograman Java sejak diperkenalkan di tahun 1995, dikembangkan secara kolaboratif di OpenJDK Community. Tidak lama setelah itu, di bulan April 2015, Java Platform, Micro Edition 8 (Java ME 8) dan rilis lainnya dari Oracle’s Java Embedded products juga tersedia setelah persetujuan akhir di Java Community Process.

 

Mengarah ke Era Java Selanjutnya

Oracle dan komunitas Java kini fokus untuk menciptakan inovasi baru di Java 9. Fitur utama rilis ini adalah Project Jigsaw. Fitur ini dapat memodularisasi platform agar menjadikannya berskala untuk berbagai perangkat, memudahkan developer untuk membangun dan menjaga perpustakaan aplikasi, meningkatkan keamanan, pemeliharaan, dan kinerja. Fitur lainnya di  Java 9 antara lain Java Shell, alat interaktif untuk mengevaluasi kode Java,  HTTP client API baru untuk mendukung HTTP/2 dan Web Sockets; sebuah port ke arsitektur ARM AArch64 di Linux; dan beragam perkembangan ke APIs yang sudah ada dengan peningkatan kinerja yang signifikan.

“Java, secara langsung atau tidak langsung, telah menyentuh semua manusia di muka bumi ini. Java adalah perekat yang memungkinkan masuknya layanan kesehatan dan perbankan mobile ke wilayah terpencil di dunia, menghibur jutaan orang dengan games seperti Minecraft, dan menggerakkan mesin perekonomian di pasar global,” ujar Martijn Verburg, Co-Leader Java User Group, London. “Platform ini harus diatur oleh pemimpin yang mengerti pentingnya Java di dunia, dan Oracle melakukan kerja yang sangat baik dengan berkolaborasi bersama berbagai komunitas pengguna, developer, proyek open source, dan perusahaan yang lebih besar. Saya tidak sabar untuk melihat apa yang akan dikembangkan oleh insinyur di masa depan. Dengan menggunakan Java, kemungkinan pun seperti tanpa batas.”

Untuk merayakan 20 tahun lahirnya Java, Oracle Certification menawarkan diskon 20 persen untuk semua ujian sertifikasi Java. Tawaran ini tersedia secara global sampai tanggal 31 Desember 2015. Kandidat harus menyediakan kode promo Java20 saat registrasi. Untuk lebih lengkapnya, kunjungi ini.

Kunjungi pemenang Duke’s Choice Award untuk lihat kerja yang sedang dilakukan saat ini oleh komunitas Java.

 

Tentang Oracle

Oracle merancang hardware dan software yang bekerja bersama-sama dalam cloud dan data center perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oracle (NYSE:ORCL), kunjungi www.oracle.com.

Merek Dagang Terdaftar

Oracle dan Java adalah merk dagang terdaftar di bawah nama Oracle dan/atau afiliasinya. Nama-nama lain yang tercantum merupakan hak milik pihak masing-masing.

# # #