Published On: Tue, Jun 23rd, 2015

Oracle Memperluas Portfolio Cloud Menjadi Paling Komprehensif di Dunia

Share This
Tags

Oracle_logo23 Juni 2015 – Ketua Dewan Eksekutif dan CTO Oracle, Larry Ellison, mengumumkan tambahan baru di Oracle Cloud Platform, sebuah layanan komprehensif dan terintegrasi yang memudahkan para developer, tenaga TI, dan pelaku bisnis serta analis untuk membangun, memperluas, dan mengintegrasikan aplikasi cloud. Dengan lebih dari 24 layanan cloud, Oracle Cloud Platform memperkuat posisi Oracle di industri cloud dengan portfolio SaaS, PaaS, serta IaaS yang paling luas dan mendalam di dunia. Layanan Oracle Cloud yang tersedia, antara lain Oracle Database Cloud – Exadata, Oracle Archive Storage Cloud, Oracle Big Data Cloud, Oracle Integration Cloud, Oracle Mobile Cloud, dan Oracle Process Cloud.

Oracle Cloud Platform membantu pelanggan untuk membangun aplikasi baru, memperluas aplikasi yang sudah ada, dan dengan mudah memindahkan beban kerja on-premise ke cloud tanpa perlu mengubah aplikasi. Layanan ini didesain untuk memaksimalkan pengalaman pengguna dan produktivitas; memungkinkan developer untuk mengatur dan menganalisa data, membangun, menguji, dan menerapkan aplikasi dengan cepat; memungkinkan arsitek mengintegrasi aplikasi on-premise dengan aplikasi cloud secara cepat; serta memungkinkan pelaku bisnis untuk mendorong wawasan bisnis yang kaya serta menciptakan kolaborasi perusahaan. Dengan Oracle Cloud Platform, pelanggan dan partner bisa mendapatkan manfaat middleware dan perangkat lunak terdepan dari Oracle yang sudah digunakan ribuan perusahaan global dalam menjalankan bisnisnya, semuanya diberikan lewat cloud. Otomatisasi tingkat tinggi yang dimasukkan ke Oracle Cloud mempercepat waktu untuk menilai, memperbanyak inovasi, serta menurunkan biaya untuk pelanggan.

 

“Oracle tumbuh dengan sangat cepat. Kami menjual solusi SaaS dan PaaS senilai 426 juta dolar AS di kuartal terakhir, yang merupakan peningkatan 200 persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu. Itu merupakan rekor dalam industri ini. Tidak ada perusahaan lain yang pernah menjual sebanyak itu dalam satu kuartal,” kata Ellison. “Oracle adalah satu-satunya perusahaan di dunia yang bisa memberikan layanan yang komplit, terintegrasi, dan berbasis standar di tiap lapisan cloud. Manfaat teknologi itu memungkinkan kita untuk lebih efektif dari segi biaya dibanding pesaing kami. Layanan Archive Storage terbaru kami bersaing langsung dengan Amazon Glacier, dengan harga sepersepuluhnya.”

Oracle Cloud Platform mengalami pertumbuhan pesat dan sudah memperkuat beberapa merk serta perusahaan terkenal di dunia. Oracle Cloud Platform memiliki lebih dari 1,800 pelanggan dengan 1,419 tambahan pelanggan di kuartal terakhir. Australian Finance Group, Avaya, dan CClaix adalah beberapa dari banyak perusahaan yang saat ini menggunakan layanan Oracle Cloud Platform, termasuk juga Database Cloud, Java Cloud, Documents Cloud, Business Intelligence, dan Database Backup Service.

“Menurut survei CloudView dari IDC, keuntungan TI dari PaaS adalah adanya ‘lingkungan self-service untuk mengakses perkembangan dan penerapan peralatan’ –dan untuk pelaku bisnis, manfaat utamanya adalah ‘integrasi built-in dengan aplikasi SaaS,’” kata Robert Mahowald, Program Vice President, Cloud Software, IDC. “Memiliki platform PaaS yang full service, bersama dengan aplikasi-aplikasi yang komplit, berhasil memuaskan kedua kebutuhan, dan pengguna Oracle Cloud Platform mendapat akses ke pembangunan aplikasi dan penerapannya, manajemen data, analitik Big Data, integrase, dan kemampuan mobile, memuaskan ahli TI serta kebutuhan lini bisnis.”

Oracle Cloud terus menunjukan adopsi yang kuat, mendukung lebih dari 70 juta pengguna dan melakukan transaksi lebih dari 33 miliar tiap harinya. Oracle Cloud berjalan di 54,000 perangkat dan lebih dari 700 petabyte penyimpanan di 19 pusat data di seluruh dunia.

Layanan Oracle Cloud Platform dan Infrastructure yang tersedia antara lain:

  • Oracle Database Cloud – Exadata Service memberikan platform basis data Oracle Exadata ke cloud. Dengan layanan ini, pelanggan bisa menjalankan basis data Oracle di cloud dengan fungsi yang sama, kinerja dan ketersediaan basis data produksi on-premise yang berbasis Oracle Exadata, sudah beroperasi di ribuan situs penting di seluruh dunia. Basis data Oracle yang diterapkan di cloud sebagai bagian dari layanan ini, dijamin 100 persen kompatibel dengan yang sudah diterapkan di on-premise. Hal ini memungkinkan migrasi yang lancar ke cloud, serta transisi mulus ke strategi cloud hibrida.

 

  • Oracle Archive Storage Cloud Service menyediakan penyimpanan untuk aplikasi dan beban kerja yang membutuhkan retensi jangka panjang dengan harga termurah di industri. Sebagai arsip cloud, Archive Storage Cloud cocok untuk set data berskala besar yang jarang diakses, konten pelestarian budaya, catatan asuransi dan menyimpan master film digital. Layanan ini, dibantu oleh SLAs kelas perusahaan, memungkinkan perusahaan untuk mengakses arsip dokumen dan set data menggunakan APIs berstandar industry. Layanan ini juga dapat diintegrasikan dengan Oracle serta sistem backup dari pihak ketiga, perangkat lunak arsip dan pelestarian. Solusi ini juga menyediakan lapisan tambahan untuk sistem penyimpanan Oracle yang on-premise, termasuk juga ZS Series, FS Series, dan Oracle Storage Tek tape.

 

 

  • Oracle Big Data Cloud Service dan Big Data SQL Cloud Service menyediakan performa tingkat tinggi, mengamankan platform yang berjalan di berbagai beban kerja di Hadoop dan basis data NoSQL untuk membantu perusahaan mendapatkan dan mengatur Big Data. Digabungkan dengan Big Data SQL Cloud yang baru, Oracle Big Data Cloud memperluas implementasi SQL Oracle ke Hadoop dan NoSQL, menyediakan Sistem Manajemen Big Data yang komprehensif di dalam cloud enterprise.

 

  • Oracle Integration Cloud Service menyederhanakan integrasi antara Oracle cloud dan on-premise serta aplikasi pihak ketiga. Fitur baru yang inovatif, seperti integrasi pre-built dan rekomendasi praktik terbaik, solusi ini menyediakan pengalaman integrasi aplikasi yang baru. Integration Cloud menyediakan integrasi aplikasi yang sederhana dan intuitif yang menggabungkan keinginan pelaku bisnis akan aplikasi yang mudah digunakan, dengan fondasi khusus dan sudah terbukti dari Oracle SOA Suite.

 

  • Oracle Mobile Cloud Service menyederhanakan mobilitas enterprise dengan memindahkan kompleksitas di infrastruktur backend mobile. Dengan solusi Mobile Back-end sebagai layanan atau Mobile Back-end as a service (MBaaS) generasi berikutnya, Mobile Cloud memungkinkan developer untuk membangun dan menerapkan aplikasi mobile dengan cepat, terintegrasi dengan infrastruktur cloud back-end berkelas enterprise. Integrasi aplikasi mobile, mobile APIs dan keamanan yang diabstraksikan dari developer, memungkinkan mereka untuk berkolaborasi dan dengan cepat membangun serta memberikan aplikasi mobile yang dapat dijalankan di perangkat apa pun, serta memenuhi kebutuhan bisnis. Selain itu, dengan analitik mobile yang built-in, pemegang saham bisnis bisa mendapatkan wawasan mengenai penggunaan aplikasi mobile serta adopsi dan interaksi personal.

 

  • Oracle Process Cloud Service memungkinkan pelaku bisnis untuk menginovasi dan menjalankan aplikasi proses yang independen. Dengan kode nol, platform otomatisasi proses berbasis cloud, Process Cloud memperkuat pelaku bisnis untuk mengatur siklus proses bisnis secara keseluruhan dan mendapatkan wawasan mengenai kesehatan proses dan SLAs. Pelaku bisnis kini bisa memberikan alur kerja mobile, mengotomatisasi proses manual, dan mengkostumisasi aplikasi SaaS.

 

Informasi Tambahan

 

Tentang Oracle

Oracle merancang hardware dan software yang bekerja bersama-sama dalam cloud dan data center perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oracle (NYSE:ORCL), kunjungi www.oracle.com.

 

Merek Dagang Terdaftar

Oracle dan Java adalah merk dagang terdaftar di bawah nama Oracle dan/atau afiliasinya. Nama-nama lain yang tercantum merupakan hak milik pihak masing-masing.

 

# # #

Testimonial dari Pelanggan dan Partner Oracle

“Partner Relationship Management (PRM) itu penting pagi Avaya. Kami memiliki sekitar 20,000 partner di seluruh dunia yang melayani pelanggan dan saluran itu mengambil porsi besar dari pendapatan kami. Aplikasi PRM kami saat ini menjadi sangat kompleks dan tidak fleksibel,” kata Fari Ebrahimi, Senior Vice President dan Global Chief Information Officer, Avaya. “Dengan tujuan memanfaatkan solusi interaksi, dan menurunkan biaya, kompleksitas dan risiko, kami mencari sejumlah tawaran berbeda.  Pada akhirnya, kami memutuskan bahwa Oracle-lah yang bisa membantu kami mencapai tujuan untuk solusi PRM generasi berikutnya. Kami memilih Oracle Sales, Marketing and Social Cloud Services bersama dengan Java and Integration Cloud Services untuk memberikan ekstensi serta integrasi. Dengan solusi Oracle Cloud yang baru, terintegrasi dengan solusi interaksi yang sudah ada, kami ingin memberikan pengalaman baru kepada para partner, sementara mengurangi 80 persen biaya kostumisasi dan 30 persen biaya berjalan.”

“Sebagai bagian dari proses memodernisasikan bisnis kami, JDSU mengkonsolidasi jejak aplikasinya dan memindahkan aplikasi kunci, seperti Oracle HCM, Talent Management, dan EPM ke cloud,” kata Rajeev Sethi, Senior Director, IT Enterprise Applications, JDSU. “Portfolio Oracle Cloud Platform, termasuk Database Cloud, Java Cloud, Integration Cloud, dan Biusiness Intelligence Cloud berperan penting dalam keberhasilan ini. Solusi ini memungkinkan kami untuk dengan mudah memindahkan beban kerja ke cloud, memperluas aplikasi SaaS, mengintegrasikannya dengan cloud lain dan sistem on-premise, serta menyediakan analitik untuk wawasan yang kaya mengenai bisnis.”

“Dengan mengintegrasikan Oracle Archive Storage Cloud Service dengan NetApp AltaVault, pelanggan kami bisa merampingkan penggunaan penyimpanan cloud dan akhirnya mendapatkan manfaat layanan arsip jangka panjang dengan harga yang jauh lebih rendah,” kata Phil Brotherton, Vice President, Cloud Solutions Group, NetApp. “Kami senang sekali hubungan kami dengan Oracle terus berkembang, dan bersama kami memungkinkan pelanggan untuk mendapat manfaat cloud hibrida.”

 

“Tujuan Symantec adalah memungkinkan pelanggan memanfaatkan cloud semudah mereka mengatur infrastruktur on-premise,” kata Pablo Stern, Senior Vice President dan CTO, Veritas Business, di Symantec. “Pelanggan NetBackup™ dan Enterprise Vault™ kami ingin memanfaatkan cloud untuk penyimpanan data yang fleksibel dan hemat biaya. Dengan mengintegrasikan NetBackup dan Enterprise Vault dengan Oracle Archive Storage Cloud Service, kami menyediakan akses ke penyimpanan cloud kelas enterprise yang mulus, aman, dan on-demand kepada para pelanggan.”