Published On: Tue, May 8th, 2018

Pabrik Jam Tangan Baru Casio Selesai Dibangun di Yamagata Jepang

Share This
Tags

Jakarta, 4 Mei 2018 — Casio Computer Co., Ltd., baru-baru ini mengumumkan bahwa Yamagata Casio Co., Ltd., pusat manufaktur Casio di Jepang, telah menyelesaikan pembangunan pabrik jam tangannya yang baru.

Seperti diberitakan berbagai media di Indonesia tahun 2017 lalu, di dalam pabrik baru ini, pembuatan komponen dan produk akhir dilakukan di bawah satu atap, yang sebelumnya dilaksanakan di fasilitas terpisah. Hal ini dilakukan Casio agar efisiensi produksi jam tangannya, yang merupakan produk utama Casio, dapat meningkatkan secara signifikan. Pembangunan fasilitas yang dimulai pada bulan Juli 2017 lalu telah rampung pada bulan April 2018 dan akan mulai beroperasi di bulan Mei 2018 ini.

Fasilitas yang dibangun untuk jam tangan ini memanfaatkan teknologi manufaktur Casio yang mutakhir untuk dapat mengintegrasikan produksi gears[1] dan komponen utama lainnya melalui perakitan jam tangan berkualitas tinggi.

Pabrik ini akan memproduksi rotor menit dan komponen penggerak roda gigi dengan presisi setingkat mikron dan merakit analog movements[2] atau penggerak analog yang menggabungkan komponen-komponen tersebut. Selain digunakan untuk membuat produk jadi di fasilitas tersebut, penggerak analog juga akan dikirimkan ke pabrik-pabrik Casio di Tiongkok dan Thailand.

Pada kategori produk jadi, fasilitas ini memproduksi model jam tangan high-end tahan guncangan G-SHOCK, serta jam tangan analog dengan performa tinggi, OCEANUS, pada jalur produksi premiumnya yang disebut Premium Production Line. Jalur ini memanfaatkan keahlian sekumpulan teknisi terpilih yang memiliki sertifikasi khusus dengan menggunakan teknologi mekanis presisi untuk memproduksi komponen-komponen jam tangan serta perakitannya.

Casio Computer Co., Ltd. akan terus bekerja sama dengan Yamagata Casio, yang merupakan pusat sistem produksi Casio secara global, untuk lebih memanfaatkan data rancangan tiga dimensi dan meluncurkan teknologi terkemuka seperti IoT, artificial inteligence dan robotik pada rantai rekayasa perkembangan, rancangan dan produksi, agar dapat merealisasikan penyediaan produk yang stabil dengan kualitas yang jauh lebih baik.

Profil Pabrik Baru
Jenis Bangunan : Konstruksi rangka baja satu lantai ( sebagian gedug memiliki dua lantai)
Total luas lantai : 4.000 meter persegi
Kapasitas produksi : 16.000 unit per bulan (kapasitas produksi maksiumum)
Jumlah investasi : 2 miliar yen
Rencana mulai beroprasi : Mei 2018

Profil Yamagata Casio Co., Ltd. (pada April 1, 2018)
Lokasi kantor pusat : 5400-1 Higashine-ko, Higashine-city, Yamagata 999-3701 Jepang
Presiden & CEO : Takumi Fukushi
Modal : 1,5 miliar yen
Berdiri pada : Oktober 1979
Jumlah karyawan : 621
Lokasi Produksi Utama Grup Casio

Nama perusahaan Lokasi kantor pusat Produk utama
Yamagata Casio Co., Ltd. Kota Higashine, Yamagata Jam tangan, kalkulator, kamera digital, proyektor, terminal genggam
Casio (Thailand) Co., Ltd. Nakhonratchasima, Thailand Jam tangan, kalkulator, kamus elektronik
Casio Electronic Technology (Zhongshan) Co., Ltd. Guangdong, Tiongkok Jam tangan, kalkulator, kamus elektronik, instrumen musik elektronik
Casio Electronics (Shaoguan) Co., Ltd. Guangdong, Tiongkok Jam tangan
Casio Timepiece (Dongguan) Co., Ltd. Guangdong, Tiongkok Komponen jam tangan

 

[1] Komponen utama dari sebuah jam
[2] Jam tangan analog menggunakan jarum untuk menunjukkan waktu. Penggerak atau movement bukanlah jarumnya, namun inti dari jam tangan. Jam tangan Casio bukanlah jam tangan mekanik, maka dari itu “penggerak” terdiri dari suku cadang elektronik, motor penggerak, dan roda gigi. Roda gigi mengantarkan energi kintetik yang dihasilkan oleh motor penggerak ke jarum