Published On: Thu, May 4th, 2017

Pelopor Universitas Bertaraf Internasional, Swiss German University (SGU) Resmikan Kampus Baru

Share This
Tags

Tangerang, 4 Mei 2017 – Swiss German University (SGU), kemarin, tanggal 3 Mei 2017, telah meresmikan kampus baru bagi seluruh jajaran civitas akademika beserta mahasiswa/i program sarjana dan pasca sarjananya. Berlokasi di kampus baru SGU, The Prominence Tower, Alam Sutera, Tangerang, SGU berkomitmen untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas sesuai dengan standar internasional kepada seluruh masyarakat Indonesia, yang bertujuan untuk menciptakan profesional yang terampil dan dapat memenuhi tuntutan global.

Kampus baru ini direncanakan untuk ditempati dalam jangka waktu 2-3 tahun ke depan sampai pembangunan gedung kampus permanen yang merupakan bagian dari rencana ekspansi SGU terealisasi. Peresmian kampus baru ini merupakan bentuk prioritas dan komitmen SGU dalam menghadirkan layanan pendidikan yang berkualitas dan berorientasi internasional dengan pendekatan erat kepada kebutuhan industri bagi sumber daya manusia calon generasi penerus bangsa Indonesia.

Sebagai universitas internasional pertama di Indonesia, SGU selama 17 tahun mempersiapkan mahasiswanya dengan keahlian, pengetahuan berkualitas internasional dan pemberian pengalaman bekerja untuk pembentukan karakter dan keterampilan berbasis industri melalui pengembangan kerjasama jaringannya dengan institusi nasional maupun internasional yang saat ini telah menjalin kemitraan dengan 17 universitas yang tersebar di Jerman dan Swiss serta 250 perusahaan besar dalam dan luar negeri termasuk Siemens, Mercedes Benz, Danone, ASTRA, PT. Aerofood ACS, Indosat serta hotel ternama seperti Ritz Carlton, Intercontinental Group, dan lain sebagainya. Mahasiswa/i program sarjana SGU diwajibkan untuk melakukan program magang selama satu tahun di dalam dan luar negeri untuk membangun network (jaringan) dunia industri di Indonesia dan Eropa pada khususnya serta memberikan exposure terhadap standar dan etiket kerja internasional.

Sejalan dengan visi dan misi SGU, mendidik mahasiswanya untuk menerapkan pengetahuan mereka agar siap menghadapi global, salah satunya dalam menghadapi era pasar bebas Asia Tenggara atau MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), melalui sebelas program sarjana dan tiga program pasca sarjana, SGU berkomitmen membentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter melalui pendidikan berkualitas salah satunya dengan telah diberangkatkannya sekitar 2500 mahasiswa/i SGU untuk program international degree dan magang ke Jerman dan Swiss. Rektor SGU, Dr. rer. nat. Filiana Santoso menambahkan tentang komitmen SGU ini. “Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2017 dan sebagai bentuk komitmennya untuk memajukan pendidikan Indonesia, SGU akan terus berdiri sebagai universitas sesuai dengan reputasi yang telah kami bangun yaitu universitas yang memberikan program terobosan dimulai dari Mechatronics dan Biomedical Engineering yang pertama kali kami tawarkan sejak berdiri, sampai Pharmaceutical Engineering dan Sustanainable Energy & Environment yang saat ini hanya satu – satunya ditawarkan di Indonesia oleh SGU. Kami juga akan terus berinovasi dan berkarya untuk membentuk program – program pendidikan yang tidak hanya mengutamakan penguasaan ilmu pengetahuan dan ketrampilan tetapi juga karakter yang luhur,” kata Filiana.

Selama lebih dari satu dekade, SGU telah memberikan lulusan terbaik bangsa. Ke depannya, SGU optimis akan menjadi universitas yang diakui secara global, memiliki integritas dan budaya belajar yang unggul. “Beberapa waktu belakangan, tim peneliti SGU juga baru saja mendapatkan dana hibah penelitian dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk riset di bidang teknologi, kewirausahaan dan pangan serta kesehatan. Selain itu, beberapa hasil penelitian dan proyek mahasiswa/i SGU seperti proyek entrepreneurship dan Motion Simulator for Virtual Reality juga mendapat dana hibah dan penghargaan dari Kemenristekdiktiseperti. Kami percaya untuk kedepannya, semakin banyak pencapaian yang diraih baik oleh mahasiswa/i maupun dosen SGU,” tambah Filiana.

Dukungan Kemenristekdikti tersebut juga secara langsung disampaikan oleh Bapak Agus Pudji Prasetyo selaku Staf Ahli Bidang Relevansi dan Produktivitas Kemenristekdikti, “Dengan terbangunnya infrastruktur pendidikan di SGU yang baru, kedepannya diharapkan akan semakin banyak insentif dan juga sinergi ABG yaitu Academia Business and Government yang terbentuk menjadi seimbang. Yang diciptakan, yang dibuat dan yang di-innovate oleh SGU dan kedepannya bisa betul-betul bermanfaat bagi masyarakat seiring dengan keberadaan program pendidikan yang dapat mendorong teknologi berbasiskan masyarakat di SGU”. “Program ini diharapkan dapat menghasilkan usaha-usaha baru yang menciptakan peluang kerja di desa-desa miskin sehingga dapat mendorong dan memeratakan pertumbuhan ekonomi yang signifikan bagi seluruh warga Indonesia,” tutupnya saat ditemui di acara peresmian kampus baru SGU.

***

Tentang Swiss German University (SGU) Swiss German University (SGU) merupakan upaya bersama antara Jerman, Swiss, Austria,dan Indonesia yang didirikan pada tahun 2000 dan berhasil menjadi universitas internasional pertama di Indonesia. Terdapat sebelas program studi sarjana dan tiga pascasarjana di SGU dimana juga terdapat program gelar ganda internasional yang menggabungkan teori dan magang bertaraf internasional yang seimbang. Seluruh pengajaran didukung oleh dosen-dosen berkualitas dari Indonesia dan luar negeri. Seluruh kelas pengajaran di SGU dilakukan 100% dalam bahasa Inggris. Informasi lebihl anjut SGU dapat diakses di: www.sgu.ac.id

Program Studi SGU: Mechatronics, Industrial Engineering, Information Technology, International Business Administration, Hotel & Tourism Management, Accounting, Communications & Public Relations, Sustainable Energy & Environment, Pharmaceutical Engineering, Food Technology, Biomedical Engineering, Master of Business Administration, Master of Information Technology, Master of Mechanical Engineering.