Published On: Thu, Jan 14th, 2016

Peluncuran AIA Life Secure: Proteksi untuk individu aktif dan independen

Jakarta, 14 Januari 2016 – PT. AIA FINANCIAL (AIA) meluncurkan AIA Life Secure, sebuah produk asuransi jiwa unit link dengan premi reguler yang menawarkan proteksi bagi individu aktif dan independen. AIA Life Secure diciptakan karena AIA melihat adanya tren pertumbuhan jumlah pekerja aktif dan independen serta entrepreneur di Indonesia, yang berdampak pada peningkatan kebutuhan atas proteksi jiwa.

 

“Kami melihat bahwa sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) kini telah menjadi salah satu prioritas pembangunan ekonomi pemerintah, sebagaimana direfleksikan dalam paket kebijakan ekonomi. Usaha Kecil Menengah merupakan salah satu kekuatan ekonomi baru di Indonesia,” jelas Chief Marketing Officer PT. AIA FINANCIAL, Lim Chet Ming. “Penting bagi pemerintah dan sektor swasta untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi individu aktif dan independen yang bekerja di industri ini, sehingga mereka dapat memaksimalkan potensi untuk berkembang,” tambah Chet Ming.

 

Berdasarkan survey AIA tahun 2014, kalangan kelas menengah Indonesia yang tengah berkembang melihat urgensi kepemilikan asuransi untuk melindungi gaya hidup, keuangan, pensiun, dan pendidikan mereka. Meskipun demikian, tingkat penetrasi sektor asuransi di Indonesia masih relatif rendah, Berdasarkan data OJK, tingkat penetrasi asuransi di Indonesia masih berada di kisaran 2,51% pada bulan September 2015.

 

“Proteksi adalah aspek paling penting untuk individu aktif dan independen, mengingat perlunya proteksi jiwa dan perencanaan keuangan untuk menghadapi risiko yang tak terduga. Menyadari banyaknya peran yang harus mereka jalani sekaligus dalam kesehariannya, AIA memberikan pilihan proteksi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Mereka dapat fokus membangun bisnis sementara AIA Life Secure memberikan proteksi dari risiko yang tidak terduga,” jelas Chet Ming.

AIA Life Secure menawarkan proteksi yang mudah, lengkap dan terjangkau untuk individu aktif dan independen. “Mudah, karena nasabah dapat memilih berdasarkan kebutuhan proteksi dan rencana finansial jangka panjang mereka. Lengkap, karena mencakup asuransi dasar dan pilihan asuransi tambahan. Terjangkau, dimulai dengan premi sebesar Rp15.000,-per hari. Mungkin lebih murah daripada makan siang kita,” tambah Chet Ming.

 

AIA Life Secure meliputi pilihan asuransi tambahan seperti pengembalian biaya rumah sakit dan operasi, penyakit kritis, pembebasan premi untuk disabilitas total dan permanen, santunan tambahan meninggal akibat kecelakaan (Personal Accident) dan santunan meninggal jika pemegang polis meninggal untuk tertanggung anak (Payor Term). “AIA Life Secure saat ini merupakan salah satu produk proteksi terbaik yang tersedia di market, karena mencakup perlindungan terhadap 128 penyakit kritis,” tambah Chet Ming.

 

Talk Show: Menjalani Hidup Aktif dengan Proteksi

Dalam acara peluncuran AIA Life Secure, Christian Sugiono, selebriti yang juga merupakan entrepreneur berbagi pengalamannya mengenai manfaat dari perencanaan keuangan. “Ketika saya memulai malesbanget.com bersama rekan-rekan saya, salah satu tantangan utama adalah keuangan. Dalam tahun pertama, kami tidak menghasilkan keuntungan karena fokus pada pertumbuhan dan penguatan basis pengunjung website. Fokus yang mendalam ini membuat kami lupa pada risiko yang mungkin terjadi. Misalnya, kami tidak memikirkan bagaimana jika terjadi kecelakaan sampai kami tidak dapat menjalankan bisnis. Padahal, kondisi ini dapat mempengaruhi kinerja bisnis bahkan kehidupan keluarga. Dalam tahap tersebut, saya mulai memahami pentingnya memiliki proteksi sebagai bagian dari perencanaan keuangan,” jelas Christian.

 

“Saya senang melihat ada produk seperti AIA Life Secure yang secara spesifik dirancang untuk individu aktif seperti kami. Ini juga membantu menciptakan kesadaran di antara para  entrepreneur, freelancer, dan pekerja independen lainnya soal pentingnya memiliki proteksi jiwa dan perencanaan keuangan,” tambahnya.

 

Sati Rasuanto, Managing Director di Endeavor Indonesia, sebuah organisasi non-profit yang mendukung high-impact entrepreneurship di Indonesia, sepakat dengan pentingnya memiliki proteksi jiwa sebagai bagian dari rencana keuangan bagi wirausaha. “Dengan membuat pilihan menjadi entrepreneur, seseorang berarti sadar akan adanya potensi risiko dan ketidakstabilan pendapatan yang datang bersama pilihan tersebut. Untuk menjalani pilihan tersebut dengan bertanggung jawab, seorang entrepreneur perlu memproteksi dirinya sendiri dan keluarga, dan memahami pentingnya perencanaan keuangan,” jelas Sati.

 

Ricky Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), juga turut berbagi pendapat terkait pentingnya ekosistem finansial yang kuat untuk mendukung perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. “Kami berharap Indonesia menjadi pemain ekonomi kreatif global di 2030. Oleh karena itu, Bekraf fokus menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif untuk membantu perkembangan yang cepat dan berkelanjutan bagi para pekerja di industri kreatif. Seluruh pemangku kepentingan, baik dari pemerintah atau sektor swasta, bisa membantu merealisasikan tujuan kami. Dukungan di perencanaan keuangan tentunya merupakan faktor penting untuk membantu pertumbuhan ekonomi kreatif,” jelasnya.

 

Narasumber

Lim Chet Ming

Lim Chet Ming Chief Marketing Officer AIA

Lim Chet Ming atau yang akrab disapa Chet Ming telah berkecimpung di industri asuransi sejak 1999. Chet Ming dikenal memiliki pengalaman yang kuat dalam bidang aktuaria. Sejak 2014, Chet Ming menjalankan tugasnya sebagai Chief Marketing Officer di PT. AIA FINANCIAL (AIA).

 

Chet Ming pertama kali bergabung dengan AIA pada tahun 2007, lalu sempat bergabung dengan beberapa perusahaan asuransi lain di Indonesia dengan peran sebagai Vice President of Finance & Actuarial serta Pricing Officer dan Head of Risk & Corporate Governance. Chet Ming kembali ke AIA pada 2013 sebagai aktuaris (Appointed Actuary).