Published On: Fri, Aug 28th, 2015

Peluncuran Buku“Hope and Healing” karya dr Ang Peng Tiam

Share This
Tags

Dr Ang Peng TiamJakarta, 28 Agustus 2015 – Tingginya angka kematian akibat penyakit kanker, mendorong kepedulian dr. Ang Peng tiam, Medical Director dan Senior Medical Oncologist Parkway Cancer Center, untuk mengedukasi masyarakat mengenai penyakit ini. Idealisme ini diwujudkannya dengan menulis buku “Hope and Healing” agar dapat mengajak orang lebih dalam mengenal kanker sehingga bisa mengetahuinya sejak dini dan mendapatkan penanganan yang tepat. Kini, “Hope and Healing” diterbitkan pula di dalam Bahasa Indonesia dan bisa didapatkan di toko-toko buku.

Saat ditemui di sela acara Peluncuran Buku “Hope and Healing” hari ini (27/08) di Gramedia Matraman, dr Ang Peng Tiam menekankan pentingnya memberi harapan terhadap kesempatan setiap pasien kanker untuk mendapat kesembuhan. “Saya suka menyampaikan cerita kepada pasien saya, cerita-cerita tentang harapan untuk menginspirasi mereka, agar mereka tidak kecil hati dan justru menghadapi penyakit ini dengan berani,” ungkap dr. Ang. Selama ini, Parkway Cancer Center tidak hanya berusaha memenuhi kebutuhan fisik para pasien, namun juga menyediakan dukungan psikologis yang diperlukan mereka.

Namun, seperti yang sudah banyak diketahui masyarakat bahwa kanker pada tahap awal tidak mempunyai gejala yang menonjol dan individu kerap tidak menyadarinya. Pemahaman mengenai hal ini pun dikelilingi dengan begitu banyak rumor dan kontroversi—apa yang menyebabkannya, apa yang dapat mencegahnya, apa pengobatan yang sudah ada—sehingga sulit untuk mengetahui mana yang dapat dipercaya. Oleh karena itu, masyarakat didorong untuk melakukan deteksi sejak dini. Pentingnya deteksi dini terhadap penyakit kanker sangat berpengaruh terhadap proses penanganan dan upaya pasien mendapatkan kesembuhan.

“Setiap orang mempunyai kesempatan untuk dapat terjangkit penyakit kanker, baik disebabkan oleh faktor keturunan, virus dan bahkan gaya hidup yang tidak baik,” jelas dr Ang Peng Tiam pada saat membuka acara peluncuran bukunya di Gramedia Matraman, Jakarta.

Ketika sudah berada pada tingkatan yang lebih lanjut kanker dapat menyerang seluruh tubuh dan dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. Sering kali pasien terlambat ditangani secara optimal, karena minimnya pengetahuan serta kurangnya teknologi kesehatan yang menunjang.

Dr Ang Peng Tiam lebih lanjut menyarankan agar masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mendeteksi kanker sejak dini. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain dengan PET/CT Scan, mammogram atau tes Pap Smear. Hingga saat ini, Parkway Hospitals Singapore memiliki fasilitas-fasilitas terbaik dan tercanggih untuk melakukan berbagai deteksi dini penyakit kanker ini.

“Hal ini menjadi penting, karena apabila kanker diketahui lebih dini maka dapat melakukan penanganan yang tepat sehingga dapat menyembuhkan lebih cepat,” lanjut dr Ang Peng.

 

***