Published On: Tue, Nov 10th, 2015

Peluncuran Oracle Exadata Database Machine Terbaru

oracle_rilisiana10 November 2015 – Oracle Exadata Database Machine X5-8 adalah seri terbaru di kelompok engineered system X5. Oracle Exadata mengintegrasikan perangkat keras dan perangkat lunak untuk memberikan penerapan database dengan kinerja terbaik dalam biaya terendah. Tiap sistem Exadata X5-8 memiliki spesifikasi 576 CPU cores, disk storage berkapasitas lebih dari 1.3 petabytes atau ultra fast PCIe flash dengan kapasitas 180 terabytes, dan memori berkapasitas 24 terabytes.

 

Oracle Exadata X5-8 cocok untuk database in-memory, gudang data yang berukuran besar, atau beban kerja OLTP yang penuh tuntutan. Oracle Exadata X5-8 yang memiliki komputasi, storage, dan memori kelas atas, didesain untuk kinerja database cloud privat berskala besar, sehingga pengguna dapat membuka banyak database dalam beban kerja yang beragam untuk dikonsolidasikan ke sistem Exadata. Semua ini akan menghasilkan biaya operasional dan manajemen yang jauh lebih hemat.

 

“Oracle Exadata X5-8 adalah platform ideal untuk penerapan database cloud, serta analitik in-memory, OLTP, dan beban kerja campuran,” kata Juan Loaiza, Senior Vice President, System Technology, Oracle. “Selama beberapa tahun ini, Oracle Exadata telah menjadi platform pilihan untuk menjalankan database Oracle di ribuan pelanggan, dan X5-8 memenuhi kebutuhan ini.”

Fitur-fitur utama perangkat keras ini, antara lain:

New Database Server: X5-8 memperbaharui server database 8 soket untuk menggunakan prosesor Intel E7-8895 v3 18-core yang terbaru dan tercepat, untuk total 144 core per server database. Core tambahan dan aristektur terbaru ini meningkatkan kinerja hingga 25 persen.

Double Storage Server Capacity: High Capacity Storage Servers yang ada di X5-8 Oracle Exadata Database Machines menggunakan disk drives berkapasitas 8TB SAS3, menggandakan kapasitas storage melebihi generasi X4-8 sebelumnya.

Sistem Oracle Exadata memiliki fitur kemampuan perangkat lunak yang akan mempercepat kinerja database dan mengurangi biaya operasional yang dibutuhkan. Oracle Exadata X5-8 diluncurkan dengan rilis perangkat lunak Oracle Exadata terbaru (12.1.2.2.0) yang menyediakan kemampuan-kemampuan di bawah ini:

  • Dukungan IPv6 untuk jaringan Ethernet
  • Manajemen yang lebih sederhana dan keamanan yang lebih baik dengan menggunakan ExaCLI
  • Statistic storage Exadata yang ditingkatkan di laporan AWR
  • Peningkatan offload
  • Peningkatan dari segi kekuatan dan ketersediaan

Oracle Exadata X5-8 adalah model pendamping baru untuk  Oracle Exadata X5-2 dan memberikan kemampuan jaringan serta storage yang sama dengan Oracle Exadata X5-2. Storage dan komputasi dapat dikonfigurasi secara elastis dan diperluas satu server sekaligus untuk menyediakan ekspansi on-demand dengan biaya rendah. Konfigurasi elastis memungkinkan Oracle Exadata Database Machines terkostumisasi, seperti sistem teroptimatisasi Oracle Database In-Memory atau sistem OLTP all-flash. Biaya kapasitas on-demand untuk perangkat lunak database dan ketersediaan virtualisasi Oracle VM memungkinkan terjadinya fleksibilitas, keamanan, dan penghematan. Selain itu, perangkat lunak Oracle Exadata mendukung sistem perangkat keras Oracle Exadata generasi sebelumnya dan juga mendukung Oracle Database 12c serta Oracle Database 11g Release 2 databases.

 

Sistem Oracle Exadata menyediakan pelanggan dengan platform konsolidasi database yang hemat biaya, diberikan di dalam perusahaan atau di Oracle Cloud. Kombinasi kemampuan cloud on-premise dan publik menyediakan fleksibilitas maksimum, sehingga perusahaan dapat mengembangkan dan menjalankan beban kerja database produksi, semuanya diatur melalui Oracle Enterprise Manager.

 

Sumber Pendukung