Published On: Mon, Jul 4th, 2016

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1437H Jatuh Pada Rabu, 6 Juli 2016

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada konferensi pers usai Sidang Isbat 1 Syawal 1437H, Senin (4/7), di Kantor Kemenag, Jakarta. (Foto: Humas Kemenag)

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada konferensi pers usai Sidang Isbat 1 Syawal 1437H, Senin (4/7), di Kantor Kemenag, Jakarta. (Foto: Humas Kemenag)

Jakarta, 4 Juni 2016– Sidang Penetapan (Isbat) awal Syawal 1437 H yang dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Senin (4/7) malam, memutuskan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016.

“1 Syawal itu jatuh pada lusa, hari Rabu tanggal 6 Juli tahun 2016. Inilah yang disepakati bersama oleh seluruh peserta Sidang Isbat,” kata Menteri Agama dalam konferensi pers yang digelar usai memimpin Sidang Isbat yang berlangsung tertutup tersebut.

Penetapan tersebut, terang Lukman Hakim, didasarkan pada laporan perukyat Kementerian Agama di 90 titik di semua provinsi di Indonesia, kecuali Aceh dan Sumatera Barat yang belum melaporkan karena posisinya berada paling barat, tidak ada satupun yang melihat hilal. Selain itu, dari seluruh wilayah tanah air, dari barat sampai timur, posisi hilal berada di bawah ufuk, minus.

“Tadi Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah pada Kementerian Agama Muhammad Thambrin melaporkan bahwa seluruh provinsi, selain Sumatera Barat dan Aceh, ini karena posisinya berada di barat, tidak ada satupun yang melihat hilal,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam keterangannya kepada wartawan.

Karena tidak terlihatnya hilal, lanjut Menag, maka sebagaimana lazimnya, sebagaimana ketentuannya maka bulan Ramadan yang sedang kita jalani sekarang ini diistikmalkan atau digenapkan menjadi 30 hari.

“Dengan demikian maka besok hari Selasa kita masih berpuasa karena Ramadan ini menjadi 30 hari, besok masih 30 Ramadan,” kata Lukman.

Keputusan sidang ini kemudian dituangkan dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 343 Tahun 2016 tentang Penetapan Tanggal 1 Syawal 1437H.

Sidang Isbat antara lain dihadiri pimpinan ormas-ormas Islam, Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, serta Duta Besar dan perwakilan negara-negara sahabat. (Humas Kemenag/UN)

 

sumber: Setkab RI