Published On: Tue, Oct 18th, 2016

Penghargaan The World’s 50 Best Restaurant di The Royal Exhibition di Melbourne, Australia

Royal Exhibition Building (Please credit @Lensaloft)_lowNew York, 17 Oktober 2016- Setelah edisi tahun 2016 yang sangat sukses diadakan di New York, The World’s 50 Best Restaurants mengumumkan bahwa acara penghargaan tahun 2017 akan diadakan di Melbourne pada bulan April. Acara utama, yang merupakan perayaan ulang tahun ke 15-nya akan berlangsung di Royal Exhibition Building yang bersejarah pada malam 5 April.

The World’s 50 Best Restaurants bermitra dengan Tourism Australia untuk menghadirkan rangkaian acaranya ke tempat yang baru pada tahun 2017, dimana para chef, pemilik restoran, ahli wine, media dan influencer terbaik di dunia akan berkumpul untuk merayakan kuliner terbaik dari seluruh dunia. Program acara secara keseluruhan, dari 1 hingga 7 April, akan memamerkan budaya kuliner dan wine yang luar biasa dari Australia di hadapan para hadirin dari profesional kuliner maupun pecinta kuliner internasional.

William Drew, Group Editor dari The World’s 50 Best Restaurants, mengatakan: “Setelah 14 tahun mengadakan acara penghargaan di London, kami memutuskan untuk melakukan tur global dengan The World’s 50 Best Restaurant, dimulai dengan New York pada bulan Juni 2016. Sekarang kami sangat senang untuk bisa berpindah ke Melbourne, salah satu kota kuliner terbesar di dunia pada tahun 2017. Pada bulan April tahun depan, Australia pasti akan menjadi tempat bagi mereka yang antusias dengan makanan enak dan restoran-restoran yang inspirasional. Dalam kemitraan dengan Tourism Australia, kami juga akan mengambil kesempatan untuk menyoroti hasil bumi, anggur brilian dan suasana makan setempat yang sangat khas.“

John O’Sullivan, Managing Director Tourism Australia, mengatakan bahwa program acara dan penghargaan merupakan kesinambungan dari kampanye Restaurant Australia mereka. “Pengalaman kuliner yang bagus terdiri dari manusia, hasil bumi dan lokasi. Dengan dikonfirmasikannya Royal Exhibition Building Melbourne sebagai tempat untuk acara penghargaan World’s 50 Best Restaurant, saya merasa bahwa kami telah mendapatkan lokasi yang tepat untuk mengadakan perkumpulan global para tokoh kuliner dan wine yang bergengsi.

Peter Bingeman, CEO Visit Victoria, menyatakan: “Budaya kuliner, bar dan kopi Melbourne memiliki kedalaman dan keragaman yang lahir dari migrasi ke Victoria selama berabad-abad serta keinginan untuk merangkul hal-hal baru dan berani. Hasil bumi kami tiada duanya, bakat kami telah menjadi pelopor, dan lanskap alami dan pusat perkotaan menjadi latar belakang untuk menghasilkan pengalaman kuliner yang luar biasa – dari makanan jalanan dan warung kopi, hingga perkebunan anggur yang menakjubkan dan santapan regional.”

World’s 50 Best Restaurants merupakan acara gastronomik tahunan terbesar, dengan koki dan pemilik restoran dari seluruh dunia bersatu untuk merayakan dan berkolaborasi. Wine Australia akan menyediakan wine dengan kualitas terbaik sepanjang program, termasuk Chef Feast – sebuah acara privat unik yang dihadiri oleh bakat-bakat kuliner terbaik di dunia yang akan diadakan pada 4 April – dan juga berbagai acara tambahan lainnya.

CEO Wine Australia, Andreas Clark, berkata: “Acara ini merupakan kesempatan yang baik bagi orangorang paling berpengaruh di dunia dalam hal kuliner dan wine untuk menikmati produk wine terbaik Australia. Kami sangat antusias untuk memamerkan wine dari pembuat wine Australia yang dikenal untuk inovasi, kualitas dan keragamannya saat kami menghadirkan cita rasa dari berbagai wilayah wine ternama ke Melbourne.

Sebagai salah satu acara kuliner ternama di Australia, Melbourne Food and Wine Festival telah setuju untuk menyesuaikan jadwal kegiatannya dengan The World’s Best 50 Restaurants 2017. Acara yang sudah berumur 25 tahun tersebut kini akan diadakan dari 31 Maret hingga 9 April. Di dalamnya akan termasuk seri MasterClass untuk meramaikan The World’s 50 Best Restaurants, menampilkan chef terbaik dari seluruh dunia, pada tanggal 1 dan 2 April.

Maskapai Etihad Airways dan QT Hotel Melbourne juga telah dipastikan menjadi mitra utama, berperan dalam membantu transportasi dan akomodasi para chef terbaik di dunia dan media kuliner sepanjang acara. Chief Executive Officer Etihad Airways, Peter Baumgartner, mengatakan bahwa maskapai tersebut sangat senang menjadi bagian dari salah satu acara kuliner dan pariwisata paling bergensi. “Menerbangkan petinggi-petinggi kuliner dunia ke Australia tahun depan akan memungkinkan kami untuk menunjukkan filosofi kuliner dan budaya keramahtamahan kami kepada orang-orang ternama di bidang kuliner dan wine di dunia saat ini. Inspirasi kuliner yang kami dapatkan dari acara penghargaan The World’s 50 Best Restaurants akan semakin mendekatkan kami terhadap target kami yaitu menjadi restoran terbaik di udara.”.

Hotel butik penuh desain yang baru dibuka, QT Hotel Melbourne, akan menjadi tempat akomodasi para chef dari The World’s Best 50 Restaurants selama mereka tinggal di kota tersebut. “QT terinspirasi oleh tren global wisata kontemporer dan menghadirkan kembali restoran hotel yang terkenal. Melalui kerjasama kami dengan Tourism Australia untuk acara The World’s Best 50 Restaurants, kami akan mempertunjukkan kekuatan dari filosofi kuliner dan minuman kami, termasuk QT Forager kami, taman atap dan sarang lebah, dan peralatan memasak yang inovatif,” ujar David Seargeant, Group Managing Director, Acara & Hiburan Hotel.

Pindahnya The World’s Best 50 Restaurants ke Australia bertepatan dengan keinginan Australia dalam menonjolkan kebolehan kuliner dan winenya ke seluruh dunia. Sejak dimulainya kampanye Restaurant Australia oleh Tourism Australia pada Desember 2013, pengeluaran konsumen internasional untuk kuliner dan wine secara bertahap meningkat lebih dari $1 milyar atau 25 persen. Satu dari lima dolar yang dikeluarkan oleh pengunjung mancanegara di Australia kini diperuntukan bagi kuliner dan wine.

 

Bagaimana daftar The World’s 50 Best Restaurants dibuat

Daftar tersebut dibuat dari hasil voting The World’s 50 Best Restaurants Academy, sebuah kelompok berpengaruh yang terdiri dari lebih dari 1.000 petinggi internasional dalam komunitas restoran. Akademi tersebut terdiri dari 26 wilayah terpisah di seluruh dunia, dimana masing-masing memiliki 40 anggota, termasuk seorang ketua, dan tiap anggota dapat memberikan suara sebanyak 10 kali. Dari 10 suara tersebut, minimal empat suara harus diberikan untuk restoran-restoran yang berada di luar wilayah anggota akademi tersebut.

Panel di tiap wilayah terdiri dari para penulis dan kritik kuliner, chef, pemilik restoran, dan ahli kuliner yang sangat dihormati. Para anggota membuat daftar pilihannya yang diurutkan berdasarkan pengalaman restoran terbaik mereka selama 18 bulan terakhir. Tidak ada kriteria tertentu yang telah ditentukan, namun peraturan dalam pemberian suara dijaga dengan sangat ketat.

Daftar The World’s 50 Best Restaurants diputuskan secara independen oleh konsultan profesional Deloitte. Keputusan tersebut menjamin integritas dan otentitas dari proses pemberian suara dan daftar yang dihasilkan sebagai The World’s 50 Best Restaurants 2017 terjaga.

Untuk informasi lebih detil mengenai proses pemilihan The World’s 50 Best Restaurants, kunjungi www.theworlds50best.com/the-academy/manifesto

 

Hasil

Cara terbaik untuk mengikuti acara pengumuman daftar tersebut dan penghargaan individu adalah melalui jalur social media kami:

• Ikuti kami di Twitter: @TheWorlds50Best #Worlds50Best

• Jadi fan kami di Facebook: https://www.facebook.com/50BestRestaurants

• Ikuti kami di Instagram: @TheWorlds50Best

• Subscribe channel YouTube kami: Worlds50Best Seluruh pengumuman dan hasil, termasuk daftar tahun 2016, dipublikasikan secara online di www.theworlds50best.com

Acara penghargaannya bisa streaming secara langsung melalui www.finedininglovers.com