Published On: Wed, Oct 19th, 2016

Pentingnya Pemilih Pemula Pada Pilkada Serentak 2017

Share This
Tags
Seorang siswi SMU Permai membuka contoh kotak suara saat berada di Rumah Pintar Pemilu KPU RI, Selasa (18/10)

Seorang siswi SMU Permai membuka contoh kotak suara saat berada di Rumah Pintar Pemilu KPU RI, Selasa (18/10)

Jakarta, kpu.go.id – Siswa-siswi Sekolah Menengah Umum (SMU) Permai, Pluit Muara Karang, Jakarta Utara melakukan kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol 29, Jakarta, Selasa (18/10), dalam rangka mendapatkan pelajaran tentang pemilihan umum (pemilu), penyelenggaraan pemilu, dan demokrasi di Indonesia.

 
Zubel Purba selaku Guru SMU Permai yang mendampingi mengatakan, siswa-sisiwi diperlukan pendidikan dan pelajaran untuk memahami tentang kepemiluan, “Kedatangan kami ke sini untuk mendampingi anak-anak kelas XI dalam rangka mendapatkan informasi mengenai Komisi Pemilihan Umum, bagaimana KPU bekerja termasuk seluk-beluk pelaksanaan penyelenggaraan pemilihan umum. Anak-anak mungkin nanti ada yang akan jadi pemilih pemula pada Pilkada DKI tahun 2017,” kata Purba.
 
Diikuiti oleh 123 orang siswa-siswi yang hadir, mereka antusias untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Kepala Sub Bagian Bina Partisipasi Masyarakat, Didi Suhardi yang menerima kunjungan itu. Selain memberikan dan menyampaikan  pengenalan tentang organisasi KPU, para siswa juga diberikan nilai-nilai dasar kepemiluan dan tahapannya serta demokrasi secara umum.
 
“Bukan hanya DKI Jakarta  yang melaksanakan Pilkada di tahun 2017, ada 101 daerah yang pilkada, 7 provinsi, 18 kota dan 76 kabupaten pada tahun 2017 nanti. Untuk itu pemilih pemula diperlukan untuk turut serta berpartisipasi dalam rangka menyukseskan Pilkada Serentak nanti sebagai pemilih yang cerdas”, Ujar Didi.
 
Siswa-siswi selanjutnya secara bergiliran diberikan  kesempatan untuk mengunjungi Rumah Pintar Pemilu yang berada di ruangan Media Center KPU.
 
Pengenalan rumah pintar pemilu ini bertujuan agar para siswa siswa dapat melihat secara langsung aktivitas dan proses pemilihan umum yang telah dilaksanakan di Indonesia dari tahun 1955 hingga pemilihan umum tahun 2014, Kunjungan kegiatan sekolah merupakan salah satu bentuk pendidikan pemilih dan program KPU yang dilaksanakan untuk segmen pra pemilih. (tdy/red. FOTO KPU/ieam/Hupmas)