Published On: Fri, Nov 27th, 2015

Perencanaan Keuangan Semudah Menekan Tombol di Ujung Jari Anda: Aplikasi Selular Kalkulator Finansial dari Commonwealth Life

image004

Kiri-kanan: Simmon Bennet (President Director Commonwealth Life), Kusumaningtuti S. Soetiono (Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan) dan Tri Djoko Santoso (Perencana Keuangan Independen dan Ketua Financial Planning Standards Board) meresmikan peluncuran The New Financial Calculator dari Commonwealth Life (26/11/15).

Jakarta, 26 November 2015 – Hari ini Commonwealth Life meluncurkan kalkulator finansial versi terbaru, yang menyediakan fitur fasilitas keuangan yang mudah digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Kalkulator finansial ini akan membantu dan memungkinkan siapa saja untuk merencanakan dan memahami tujuan dan kebutuhan finansial mereka sehingga dapat menyesuaikan dengan profil kehidupan mereka, dan ini dapat dilakukan melalui komputer, smartphone, dan tablet berbasis sistem operasi Android dan iOs, yang sangat mudah diakses kapanpun dan dimana saja.

Commonwealth Life menyediakan fitur yang praktis bagi masyarakat termasuk pengguna awam yang tidak memiliki latar belakang atau pengetahuan  mengenai perencanaan keuangan, serta cara mengkalkulasi dan memulai sendiri target perencanaan  finansialnya baik dalam  jangka pendek, menengah, maupun panjang dengan mudah.

Namun, fasilitas ini tidak bertujuan untuk menggantikan peran dari profesi perencana keuangan professional, Simon Bennett, President Director Commonwealth Life, menjelaskan, “Commonwealth Life berkomitmen untuk melindungi dan meningkatkan kesejahteraan finansial masyarakat Indonesia. Seperti yang kita semua ketahui adalah penting untuk memulai merencanakan keuangan sedini mungkin, tapi sayangnya hanya segelintir orang saja yang melakukannya, sebagian besar dari  masyarakat kita tidak memahami harus memulainya dari mana,” tambahnya, “Dengan fasilitas kalkulator finansial ini, kami berharap dapat mengajak dan menjangkau lebih banyak orang untuk mulai merencanakan keuangannya sejak dini.”

Kalkulator finansial Commonwealth Life juga dilengkapi dengan 3 aspek perencanaan keuangan yakni untuk memahami mengenai perencanaan keuangan untuk pendidikan, masa depan, dan pensiun. Dalam proses penghitungan jumlah dana yang diinginkan, fitur kalkulator finansial juga menginformasikan kepada pengguna tentang atribut perencanaan keuangan, seperti istilah-istilah mengenai tipe investasi, profil risiko, dan juga memberikan saran mengenai produk investasi yang sesuai untuk mencapai tujuan keuangan pengguna, ujar Pieter Wattimena, Alternative Distribution Channel Director  Commonwealth Life.

 

“Melihat tren pertumbuhan pengguna internet  dan smartphone yang signifikan di Indonesia, yang mencapai mencapai 78 persen. Kami paham betul akan perkembangan akses informasi yang lebih mudah mengenai perencanaan keuangan  seperti kalkulator finansial ini, terutama bagi generasi millennial. Dengan menyediakan aplikasi smartphonedan menambahkan fitur yang memudahkan pengguna untuk sharing mengenai informasi ini di media sosial mereka,” tambah Pieter.

Peluncuran fasilitas ini merupakan bagian dari langkah strategis Commonwealth Life, yang merupakan bagian dari grup Commonwealth Bank Australia (CBA) di Indonesia, untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas dalam meningkatkan pemahaman tentang pentingnya perencanaan keuangan.

 

 

Pentingnya Perencanaan Keuangan

Tingkat penetrasi asuransi di Indonesia masih sangat rendah, hal ini disebabkan oleh rendahnya tingkat pemahaman masyarakat tentang pentingnya merencanakan keuangan dan berasuransi. Hasil survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun 2013 menunjukkan bahwa hanya 18 persen dari populasi penduduk yang memiliki pemahaman yang cukup tentang asuransi, dan hanya 11,8 persen yang memiliki asuransi. Sebagai respon dari temuan ini, OJK berinisiatif meluncurkan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) di Januari 2014. Dalam strategi ini OJK mengajak semua pihak, termasuk penyedia layanan dan jasa keuangan untuk turut terlibat dalam meningkatkan kesadaran publik dan berpartisipasi untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

Kusumaningtuti S. Soetiono, Dewan Komisioner OJK mengatakan, “Kami percaya bahwa kita dapat memperbaiki angka dan tingkat penetrasi layanan keuangan dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya bagi mereka untuk melakukan perencanaan keuangan agar dapat mewujudkan target atau tujuan finansialnya,” tambahnya, “Kalkulator finansial ini merupakan sebuah inisiatif yang sangat bermanfaat untuk mengedukasi dan membantu masyarakat dalam melakukan perencanaan keuangannya. Karena pada umumnya, orang awam  tidak paham bagaimana harus memulai atau mengkalkulasi anggaran, kalkulator finansial ini akan sangat membantu mereka dalam memulai perencanaan keuangannya.”

Simon Bennett menyetujui pernyataan ini, “Commonwealth Life telah menjalankan beberapa program untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perencanaan keuangan. Seperti program Born-To-Dominate, sebuah program literasi keuangan yang kami lakukan bagi mahasiswa, Commonwealth Life telah menjalin kemitraan dengan beberapa universitas terkemuka di Jakarta. Melalui kalkulator finansial ini kami berharap untuk turut berkontribusi dalam program literasi keuangan OJK yakni dalam mengedukasi dan membantu masyarakat Indonesia dalam mempersiapkan perencanaan keuangan dan melindungi kesejahteraan jangka panjangnya.”

[r]