Published On: Thu, May 2nd, 2019

Peringati Hari Bumi, Sharp Indonesia Deklarasikan Komitmen Pelestarian Lingkungan

Share This
Tags

Bogor, 28 April 2019 – Peringatan Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2019 lalu membawa pesan penting bagi masyarakat dunia untuk terus menjaga lingkungan dan keanekaragaman hayati.  Melalui tema “Lindungi Spesies Kita”, Hari Bumi kali ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan meningkatnya angka kepunahan keanekaragaman hayati khususnya hewan di bumi akibat perilaku manusia yang tidak bijak.

Menyadari hal tersebut, PT Sharp Electronics Indonesia melalui perayaan Hari Bumi, kembali mengajak komunitas muda pecinta lingkungan Sharp Greenerator dan karyawannya mendeklarasikan kembali janji untuk melestarikan bumi dan melaksanakan upaya penghijauan.

“Kondisi bumi dan kelangsungan hidup keanekaragaman hayati yang kian merosot wajib menjadi sorotan banyak pihak. Upayanya pun perlu dilakukan bersama-sama dan berkelanjutan. Hal inilah yang coba kami sampaikan kembali pada anggota Sharp Greenerator dalam kegiatan ‘Sharp Greenerator Inauguration dan Workshop’, agar mereka terus memiliki semangat untuk menginisiasi aksi hijau dan mendorong masyarakat di sekitarnya. Maka, selain menyambut anggota baru di kegiatan ini, kami sekaligus membekali mereka dengan materi penting seputar sampah, keanekaragaman hayati, hingga aksi nyata pelestarian lingkungan,” ujar Pandu Setio, PR & Brand Communications Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

Mengusung kampanye bebas plastik yang selama ini digaungkan oleh Sharp Greenerator, maka pada kegiatan ini diselenggarkan pula pendalaman materi terkait pengelolaan sampah khususnya sampah plastik guna meningkatkan kesadaran anggota akan bahaya sampah plastik bagi kelangsungan hewan di alam. Materi yang disampaikan langsung oleh yayasan nirlaba Waste 4 Change memaparkan tentang dampak sampah dan pemilahan sampah yang bisa diterapkan dalam rumah tangga dan kehidupan sehari-hari.

Area Sentul Eco Edu Forest yang merupakan tempat pelatihan turut dimanfaatkan sebagai tempat belajar bagi seluruh anggota untuk berkenalan dengan keanekaragaman hayati yang semakin langka ditemui. Seraya menyusuri hutan dan sungai, anggota Sharp Greenerator  mempelajari indikasi sebuah ekosistem yang sehat, tidak hanya itu mereka pun melakukan aksi nyata dengan memungut sampah plastik yang bertebaran di hutan dan sungai untuk dipindahkan sesuai tempat dan nantinya disalurkan ke TPS terdekat untuk selanjutnya diolah sesuai jenisnya.

Kegiatan perayaan Hari Bumi Sharp Indonesia bersama komunitas lingkungan Sharp Greenerator ditutup dengan penanaman sebanyak 22 pohon endemik di area pelatihan. Upaya pelestarian lingkungan tidak hanya ditanamkan kepada anggota Sharp Greenerator, tetapi juga diberlakukan kepada seluruh karyawan Sharp Indonesia. Bertepatan dengan Hari Bumi, manajemen Sharp Indonesia pun merilis sebuah surat komitmen yang ditujukan bagi seluruh karyawan Indonesia.

Surat komitmen yang ditandatangani Tadashi Ohyama, CEO PT Sharp Electronics Indonesia dan Shinji Teraoka, President Director PT Sharp Electronics Indonesia mengingatkan seluruh karyawan untuk berkontribusi mengurangi sampah plastik dengan cara membawa botol minuman dan tempat makan sendiri ke area kantor, mengurangi dan menggunakan kembali limbah plastik yang dihasilkan untuk kegiatan lainnya. Atas aksinya ini beberapa bulan lalu, Sharp Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan akan keberhasilannya mengolah sampah plastik menjadi barang yang berguna dan menunjang kegiatan penghijauan di area pabrik utamanya di Karawang. “Kami berharap kontribusi kecil kami dengan mendorong karyawan untuk melakukan perubahan-perubahan kecil untuk alam di keseharian pribadi maupun kantor mampu memberikan dampak positif bagi lingkungan,” tutup Pandu.

*****

 

Tentang PT SHARP Electronics Indonesia (SEID)

SHARP telah memulai perjalanan panjangnya di Indonesia sejak tahun 1970. Bermula dari PT Yasonta, yang didirikan pada tahun 1970 sebagai aan patungan PMA dengan mengakuisisi PT Yasonta dan mengubah namanya menjadi PT SHARP Yasonta Indonesia (SYI). Pada tanggal 1 April 2005, PT SHARP Yasonta Antarnusa (kantor cabang SYI) bergabung menjadi satu dengan PT SHARP Yasonta Indonesia dan sejak Mei 2005 PT SHARP Yasonta Indonesia berubah nama menjadi PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) seperti yang dikenal sampai saat ini.

Saat ini, SEID memiliki 25 Kantor Cabang, 3 Sub Cabang, 45 SHARP Direct Service Station (SDSS), 275 SHARP Authorized Service Station (SASS), 44 SHARP Service Representative (SSR) yang tersebar di seluruh Indonesia, 2 unit SHARP Mobile Service Station (SMSS), 2 SHARP Service Corner (SSC), 2 SHARP Authorized Representative (SAR), 101 SHARP Authorized Air Conditioner (SAAC).  Pada 2012 PT SEID memperoleh penghargaan dari Rekor Bisnis Indonesia sebagai Jaringan Service Center Terbanyak di Indonesia.

 

Tentang SHARP CARES

CSR PT SHARP Electronics Indonesia bernaung pada SHARP CARES (Creativity, Attention, Recovery, Earth, Sincerity). Creativity (Kreatifitas) mengandung arti  sikap kerja yang selalu mencari nilai lebih dan selalu membuat inovasi. Attention (Perhatian), SEID selalu memberikan perhatian khusus pada masalah sosial di Indonesia, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Recovery (Pemulihan), SEID di setiap kegiatannya berusaha untuk melakukan hal yang mampu  memberikan perbedaan dan memulihkan suatu kondisi bagi masyarakat menuju arah yang lebih baik. Earth (Bumi) yang berarti SEID peduli untuk menjaga Bumi agar dapat terus menopang kelangsungan hidup seluruh makhluk yang tinggal di dalamnya. Sincerity (Ketulusan hati) adalah sikap kerja yang mendasar untuk menghasilkan solusi yang berguna dan juga kebahagian bagi semua orang. SEID memfokuskan program CSR-nya pada Pendidikan, Sosial, Kesehatan, dan Lingkungan.