Published On: Wed, Dec 2nd, 2015

XL Luncurkan Digital Platform Terlengkap “DigiBiz”

DigiBizz_1Jakarta, 2 Desember 2015- Usaha Kecil dan Menengah (UKM) telah diakui eksistensi dan kontribusinya sebagai penopang perekonomian negara. Oleh karena itu PT XL Axiata Tbk (XL) memutuskan untuk ikut aktif mendukung pengembangan kalangan UKM ini dengan menyiapkan layanan khusus, yaitu solusi bisnis “DigiBiz”. Presiden Direktur XL, Dian Siswarini meresmikan layanan digital platform berbasis teknologi digital yang didedikasikan untuk kalangan UKM ini di Jakarta, Rabu (2/12). Hadir juga dalam peresmian tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, Deputi Bidang PJU Kementerian Koperasi dan UKM, Emilia Suhaimi, dan Presiden Komunitas Tangan Di Atas (TDA), Mustofa Romdloni.

Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan mengatakan, “DigiBiz merupakan platform yang bersifat solusi digital guna mendukung para pelaku usaha UKM untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Dengan kompetensi kami di bidang teknologi informasi dan komunikasi, kami ingin berperan aktif mendorong kalangan UKM untuk bisa lebih memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan produktivitasnya. Solusi dari XL ini sangat mudah diterapkan, bahkan hanya dengan ponsel saja sudah bisa dijalankan. Kami berharap, hingga akhir tahun depan setidaknya 20 ribu UKM sudah memanfaatkan DigiBiz.“

Ongki menambahkan, untuk 3 tahun ke depan, XL menanamkan investasi sebesar kurang lebih Rp 500 miliar untuk mengembangkan solusi bagi kalangan UKM ini. Dalam pengembangannya lebih lanjut, XL juga merangkul kalangan perbankan dan lembaga jasa keuangan, serta juga komunitas UKM di berbagai daerah untuk menyiapkan solusi digital finansial bagi UKM. Menurutnya, kemudahan akses ke kalangan perbankan memang menjadi kebutuhan pelaku UKM. Sementara itu, dalam merangkul kalangan UKM, XL bekerjasama dengan komunitas Tangan di Atas (TDA). Komunitas ini beranggotakan tidak kurang dari 10 ribu pelaku UKM yang tersebar di berbagai daerah.

Pada kesempatan yang sama, Presiden TDA Mustofa Romdloni menyampaikan bahwa TDA melalui kegiatan Pesta Wirausaha selalu berusaha menjembatani setiap kebutuhan UKM di Indonesia. Pesta Wirausaha Jakarta 2015 merupakan rangkaian Pesta Wirausaha 2015 yang secara marathon bergulir di 24 wilayah. Pesta Wirausaha merupakan langkah nyata dari komitmen Komunitas TDA untuk meningkatkan potensi para wirausahawan, terutama UKM untuk tumbuh dan menjadi market leader di daerahnya masing-masing.

Mustofa Romdloni juga menjelaskan, dengan tema besar di Pesta Wirausaha 2015 “Let’s Grow Together diharapkan dunia wirausaha dapat tumbuh bersama dalam beragam industri, produk dan inovasi, maka saling melengkapi atau kolaborasi adalah hal utama untuk kita dapat menghadapi dan menyongsong persaingan global di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Kebutuhan teknologi digital dikalangan UKM telah menjadi kebutuhan yang sangat penting dan berguna untuk peningkatan penjualan dan kualitas pelayanan bisnis. XL memahami kebutuhan tersebut dengan menghadirkan platform yang user friendly bagi kalangan UKM.

 

Solusi DigiBiz ini terutama ditujukan bagi pelaku UKM yang memang memiliki kesadaran untuk menggunakan teknologi digital guna membangun bisnisnya. Selain itu juga pada pengusaha UKM yang paham dengan teknologi, atau setidaknya yang memandang perlu untuk mencoba. Selanjutnya juga kepada siapa saja pengusaha yang memang sudah sangat terbiasa memanfaatkan gadget dalam menjalankan aktivitasnya. Untuk itu, XL menyediakan paket layanan yang beragam disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan UKM, mulai dari paket yang simple hingga yang lengkap.

 

Secara garis besar, DigiBiz menawarkan tiga manfaat. Pertama, Product  Solution, yaitu berbagai solusi produk layanan yang relevan untuk dapat mendukung bisnis UKM mereka. Kedua, Business Solution, di mana pelanggan akan mendapatkan manfaat yang bersifat non-telco antara lain tempat  berjualan, promosi, pinjaman, dan informasi bisnis. Selanjutnya manfaat terakhir berupa Network atau jejaring, yaitu secara tidak langsung pelanggan akan mendapatkan jaringan bisnis dengan cakupan yang lebih luas dengan memanfaatkan platform ini.

 

DigiBiz juga akan memudahkan pelaku UKM mengakses layanan internet cepat 4G LTE. Tersedianya layanan internet cepat dan stabil akan bermanfaat bagi pelaku usaha terutama dalam operasional juga promosi melalui beraneka format, terutama video. Keuntungan lain yang akan didapatkan pelaku UKM yang memanfaatkan DigiBiz adalah mendapatkan produk “jumpStart”, yaitu solusi untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha yang baru memulai usahanya. Produk ini terdiri dari solusi Virtual TelephonyXL Mobex”, dengan harga mulai dari Rp 800 ribu per UKM. Dengan layanan ini pelaku UKM akan lebih mudah dan hemat dalam membangun sistem hunting bagi layanan purna jual (customer service) atau layanan pesanan.

 

Selanjutnya dengan memanfaatkan Digibiz, pelaku usaha juga akan mendapatkan layanan “Usahawan”. Layanan ini akan memudahkan pelaku usaha dalam membangun sebuah website guna mendukung usaha bisnisnya. Kemudian mereka juga akan mendapatkan manfaat dari produk “leapFrog”, yaitu solusi untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha yang ingin dengan cepat memperluas target pasar nya. Produk ini berupa layanan Mobile Ads yang akan mempermudah pelaku bisnis kecil melakukan promosi secara lebih efektif dan efisien, serta disesuaikan dengan target potensi pelanggan yang dibidik. Produk “LeapFrog” ini harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp 500 ribu.

 

Manfaat berikutnya bagi pengusaha UKM yang memanfaatkan solusi Digibiz adalah produk “goGrow”, solusi untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha yang ingin melakukan efisiensi pada operasional nya. Produk ini berupa layanan “XL You See”, yang dapat dijangkau dengan harga mulai dari Rp 800 ribu per UKM. Ini adalan layanan yang memungkinkan pelaku UKM dapat menekan biaya transportasi dan akomodasi saat harus melakukan pertemuan-pertemuan bisnis  yang berada di berbagai lokasi berbeda. Tentu saja, layanan ini juga bisa untuk lebih hemat waktu. Informasi secara lebih lengkap mengenai DigiBiz tersedia melalui 0877 8600 5555, email: Digibiz@xl.co.id.

 

Dari beberapa layanan yang sebelumnya sudah ada, saat ini XL sudah memiliki pelanggan dari kalangan UKM sekitar 250 pelaku usaha yang tersebar di berbagai daerah. Melalui program kerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah, XL juga telah mendukung komunitas UKM antara lain di Medan, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok, Balikpapan, Makassar, dan Manado. XL juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai komunitas UKM dan perusahaan korporasi yang menyasar pasar UKM seperti IWAPI, Elevenia, HIPMI, Gopher, BPR Pinang Artha, serta komunitas lainnya yang akan terus dijajaki oleh XL.

[r]