Published On: Mon, Jun 15th, 2015

Perumahan Inovatif Solusi Kebutuhan Sosial di Negara Berkembang

Share This
Tags

logo-lamudiJakarta, 15 Juni 2015: Hunian terbuat dari kertas, sekolah mengapung, kubah beton monolitik: semua ini hanya sebagian dari beberapa solusi unik dan inspiratif untuk mengatasi kebutuhan akan perumahan di pasar negara berkembang.

Baik sebagai reaksi terhadap bencana alam, atau respon terhadap isu-isu sosial seperti perumahan yang terjangkau dan urbanisasi, portal real estate online global Lamudi mengeksplorasi proyek yang memberikan solusi tempat tinggal alternatif bagi masyarakat lokal yang membutuhkan.

 

Penampungan Pengungsi Kertas, Rwanda

Pada tahun 1994, Shigeru Ban, yang kemudian memenangkan Hadiah Pritzker untuk arsitektur modernis, memulai kerja kemanusiaan dalam menanggapi konflik di Rwanda. Setelah lebih dari dua juta orang menjadi tunawisma, Ban menyarankan tabung kertas penerbangan murah sebagai metode alternatif, untuk membuat tempat penampungan bagi mereka yang membutuhkan. Solusi inovatif ini tidak hanya menghemat uang, namun juga melestarikan pohon sebagai sebuah langkah untuk menghindari deforestasi. Sejak tahun 1994, Ban telah menciptakan tempat penampungan kertas darurat di seluruh dunia.

 

Perumahan Kertas, Filipina

Saat Topan Haiyan (dikenal secara lokal sebagai Yolanda) terjadi pada bulan November tahun 2013, lebih dari 130.000 rumah hancur di Filipina. Menyikapi hal itu,  Shigeru Ban Architects menciptakan struktur perumahan darurat sederhana di Cebu. Desain termasuk: peti bir diisi dengan karung pasir, panel lantai dibangun dari kayu kelapa dan kayu lapis serta tabung kertas untuk membuat kerangka struktural. Volume tinggi tempat penampungan sementara dibangun, menyediakan tempat penampungan langsung kepada mereka yang membutuhkan.

 

Sekolah Mengapung Makoko, Nigeria

Urbanisasi secara cepat mempengaruhi Lagos, kota terbesar Nigeria; seiring dengan populasi yang bertambah, tanah menjadi semakin jarang. Sebagai solusi inovatif untuk mengatasi kekurangan ruang di kota dan kurangnya fasilitas pendidikan berbahasa Inggris, NLÉ menciptakan prototipe untuk sekolah yang akan dibangun dalam komunitas air Makoko. Struktur tiga lantai yang mengapung ini bertujuan untuk menghasilkan solusi bangunan alternatif yang berkelanjutan, mengatasi kebutuhan sosial masyarakat setempat.

 

Perumahan Anti-Gempa, Indonesia

Domes for the World (DTWF) bekerja sama dengan Asosiasi LSM Dunia (WANGO) untuk membuat desa 80 kubah monolitik di Indonesia. Kubah ini menyediakan hunian yang tahan gempa untuk keluarga yang menjadi korban setelah bencana gempa Yogyakarta dan Jawa Tengah pada Mei 2006. Kubah ini dibangun untuk menahan bencana alam, termasuk tornado, kebakaran dan gempa bumi; bangunan betonnya menciptakan hunia hangat yang stabil bagi ribuan orang yang membutuhkan solusi perumahan alternatif.

 

Ecovillage, Uganda

Untuk mengatasi isu sosial serta lingkungan berkelanjutan di Uganda, konstruksi earthbag digunakan untuk mengembangkan eco-village di dekat Danau Victoria. Proyek ini memberikan perlindungan dari unsur-unsur selama lebih dari tiga juta orang yang tinggal di sepanjang garis pantai. Tiga kompleks bangunan membentuk desa, dibangun menggunakan teknologi konstruksi earthbag. Setiap cluster diciptakan dengan tujuan untuk memberikan perumahan yang nyaman dan berkelanjutan bagi mereka yang hidup dalam kemiskinan.

 

ENDS.

 

TENTANG LAMUDI

Didirikan pada tahun 2013, Lamudi adalah portal properti global yang berfokus pada negara-negara berkembang. Portal yang berkembang sangat pesat ini kini tersedia di 32 negara di Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin dengan listing lebih dari 900.000 di seluruh jaringan globalnya. Portal jual-beli dan sewa real estate ini menjadi platform yang aman dan mudah digunakan bagi para pembeli, penjual, pemilik tanah, dan penyewa untuk menemukan atau mendaftarkan properti secara online.

 

TENTANG LAMUDI INDONESIA

Memperluas servisnya di Indonesia, Lamudi.co.id didirikan pada tahun 2014 untuk membantu pembeli properti mendapatkan informasi tentang rumah, tanah, apartemen, dan ruang komersil yang dijual maupun disewa. Lamudi Indonesia memberikan kemudahan dengan menyediakan data-data dan kontak dengan agen, properti developer, dan pemilik tanah. Lamudi Indonesia memberikan daftar properti yang lengkap dan terkini di Indonesia. Kantor Lamudi Indonesia berlokasi di Jakarta, dengan perwakilan di Surabaya, Bandung, dan Bali.