Published On: Sun, Jun 28th, 2015

Pijat Bayi Lebih Baik Dilakukan oleh Ibu

Share This
Tags

 

pijat bayiJAKARTA, 28 Juni 2015 – Banyaknya manfaat pijat bayi bagi tumbuh kembang bayi, menginspirasi My Baby sebagai merek pelopor perawatan bayi di Indonesia dari Tempo Scan menggelar program My Baby Lovely Spa untuk mengedukasi dan memberi informasi yang memadai bagi ibu Indonesia agar melakukan pijat bayi sendiri di rumah. Program ini diluncurkan sejak awal Juni di Jakarta dan akan segera mengadakan roadshow ke posyandu-posyandu dan toko-toko modern di 7 kota besar (Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Kediri, Medan, Palembang) di Indonesia hingga Desember 2015.

Pijat bayi merupakan pelengkap perawatan bayi yang memanfaatkan terapi pemijatan. Manfaat pijat bayi yang utama adalah mendukung proses tumbuh kembang bayi secara mental, fisik dan sosial. Bagi orang tua, pijat bayi juga menjadi cara yang menyenangkan untuk mengekspresikan cinta dan merawat bayinya. Selain itu, pijat memiliki banyak manfaat bagi bayi, termasuk meningkatkan berat badan, membantu pencernaan, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi rasa sakit saat tumbuh gigi. 

  1. Margareta Komalasari SpA dari RS Pusat Pertamina dan Brawijaya Women & Children Hospital mengakui manfaat pijat untuk tumbuh kembang bayi. “Saat memijat bayi, sebenarnya Anda tengah merangsang sistem saraf pusatnya. Pijat bayi sebaiknya dipraktekkan oleh ibu karena pijat bayi adalah ungkapan cinta dimana sentuhan merupakan komunikasi pertama antara ibu dan bayi.  Sentuhan halus yang menenangkan saat pijat akan merangsang hormon Oksitosin pada ibu dan bayi, yang menimbulkan perasaan empati dan menghilangkan stress sehingga disebut hormon cinta. Hasilnya, pernafasan dan detak jantung bayi lebih teratur dan bayi akan semakin relaks,” ungkap dr. Margareta.

Tradisi pijat bayi sudah dikenal dunia sejak zaman India kuno dan China kuno, sementara di Indonesia, pijat bayi juga sudah dipraktekkan turun temurun sebagai bagian dari perawatan bayi. Sayangnya, di Indonesia pijat bayi biasanya diserahkan oleh ibu ke tenaga berpengalaman seperti terapis baby spa, tenaga medis untuk bayi atau dukun pijat bayi. Hal ini terbukti dari survey online yang dilakukan My Baby terhadap 780 ibu berusia 24-45 tahun yang memiliki bayi di bawah tiga tahun di seluruh Nusantara selama Mei–Juni 2015 yang mengungkapkan bahwa 9 dari 10 ibu sudah memahami pentingnya pijat bayi. Namun 62% mengaku masih menyerahkannya ke orang lain, yaitu terapis baby spa, tenaga medis untuk bayi atau dukun pijat bayi.

Hal inilah yang mendorong My Baby menggelar My Baby Lovely Spa secara intensif di berbagai daerah. “My Baby ingin mengajak sebanyak-banyaknya ibu Indonesia melakukan pijat bayi sendiri di rumah untuk membangun ikatan tali kasih antara ibu dan bayinya, serta mengoptimalkan tumbuh kembang bayi,” ungkap Sr. Brand Development Manager My Baby PT Barclay Products Dahlia Yolanda.

Berbagai manfaat pijat bayi ini juga mendorong Widi Mulia, aktris, penyanyi dan personil Be3 untuk melakukan pemijatan secara rutin pada bayinya Den Bagus Satrio Sasono yang lahir Januari 2015 lalu. “Setiap hari saya selalu menyempatkan diri melakukan pijat bayi sendiri di rumah dan berusaha menambah ilmu saya dalam pijat memijat bayi. Tentu tujuannya untuk memberikan perawatan terbaik bagi bayi saya, sekaligus mengoptimalkan tumbuh kembangnya,” ungkap Widi.

Program My Baby Lovely Spa sebenarnya sudah secara rutin dilakukan oleh My Baby sejak 2012-2014 lalu dan selama ini telah menjangkau langsung 27.000 bayi. Di tahun 2015 ini program My Baby Lovely Spa akan dilanjutkan dan diperbesar untuk menjangkau langsung 12.000 bayi di 7 kota (Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Kediri, Medan, Palembang). Selain itu, di tahun ini juga diadakan kegiatan Media Gathering, Talkshow & Workshop untuk konsumen dan jurnalis di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya, radio talkshow di Radio Cosmopolitan FM Jakarta, tutorial video baby spa di youtube channel My Baby, lomba foto baby spa dan workshop My Baby Lovely Spa di Yogyakarta yang melibatkan fans social media My Baby di penghujung tahun.

“Dengan menyebarkan informasi dan edukasi mengenai pijat bayi, My Baby berharap akan muncul generasi baru yang lebih kuat dan lebih terawat dengan penuh kasih sayang,” tutup Dahlia.

 

-selesai-