Published On: Tue, Jul 19th, 2016

PM Selandia Baru Kunjungi Pabrik Fonterra di Cikarang

Perdana Menteri Selandia Baru, John Key beserta rombongan delegasi mengunjungi booth kerjasama pertanian/ peternakan antara Selandia Baru dan Indonesia

Perdana Menteri Selandia Baru, John Key beserta rombongan delegasi mengunjungi booth kerjasama pertanian/peternakan antara Selandia Baru dan Indonesia

Cikarang, 19 Juli 2016– Perdana Menteri Selandia Baru, John Key dan Deputi Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Gellwyn Daniel Hamzah Jusuf, hari ini mengunjungi fasilitas pabrik Fonterra Brands Indonesia di Cikarang dalam rangka merayakan kerja sama di sektor pertanian/peternakan yang telah terjalin erat selama ini antara Indonesia dan Selandia Baru.

Mereka yang tergabung bersama para delegasi diantaranya termasuk Menteri Perdagangan Selandia Baru, Todd McClay serta para perwakilan dari Kementerian Pertanian Indonesia, Chief Operating Officer of Farm Source Fonterra, Miles Hurrell dan Presiden Direktur Fonterra Brands Indonesia, Achyut Kasireddy.

Pabrik Fonterra di Cikarang dibangun untuk memenuhi permintaan kebutuhan susu di Indonesia yang semakin bertumbuh. Pabrik ini memiliki kapasitas untuk mengolah dan mengemas sampai dengan 87.000 kemasan dari brand susu Fonterra yaitu Anlene, Anmum dan Anchor Boneeto setiap hari. Pabrik yang memiliki nilai investasi hingga Rp 340 milyar atau setara dengan 36 juta NZD ini telah diresmikan sejak September tahun lalu dan merupakan investasi Fonterra terbesar di ASEAN dalam dekade terakhir.

?

Sambutan dari Achyut Kasireddy, Presiden Direktur Fonterra Brands Indonesia

Presiden Direktur Fonterra Brands Indonesia, Achyut Kasireddy, mengatakan, “Selandia Baru dan Indonesia telah menjalin hubungan kerja sama yang baik selama 65 tahun, dan sebagai perusahaan asal Selandia Baru terbesar, Fonterra telah berkontribusi/ beroperasi selama lebih dari 30 tahun di Indonesia.”

“Merupakan kehormatan besar bagi kami untuk menerima kunjungan Perdana Menteri Selandia Baru dan Kementerian PPN/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dan para pejabat lainnya di pabrik kami pada hari ini, untuk merayakan hubungan di sektor pertanian/peternakan dan bisnis yang erat antar kedua negara,” ujar Kasireddy.

Menteri Perdagangan Selandia Baru, Todd McClay, menyambut positif investasi yang dilakukan Fonterra dan menyampaikan bahwa hal tersebut semakin memperkuat peluang bagi perusahaan-perusahaan Selandia Baru yang ingin berinvestasi di Indonesia.

Indonesia merupakan pasar dengan potensi yang besar. Komitmen jangka panjang Fonterra untuk Indonesia hendaknya mendorong perusahaan asal Selandia Baru lainnya untuk melihat kesempatan tersebut,” sebut McClay.

Kasireddy menambahkan, “Indonesia merupakan salah satu pasar utama Fonterra, dengan potensi pertumbuhan yang besar.”

“Investasi kami memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan nutrisi susu berkualitas tinggi lebih banyak lagi sebagai upaya kami dalam memenuhi permintaan susu dari masyarakat Indonesia yang semakin meningkat.”

“Sebagai perusahaan susu berbasis koperasi yang dimiliki oleh para peternak di Selandia Baru, kami juga selalu mencari cara untuk mengembangkan industri susu Indonesia dengan bekerja sama dengan komunitas peternak sapi perah lokal untuk membantu meningkatkan keahlian para peternak melalui program Fonterra Dairy Scholarship, yang saat ini telah memasuki tahun keempat,” sebut Kasireddy.

Perdana Menteri Selandia Baru, John Key melakukan bone scan

Perdana Menteri Selandia Baru, John Key melakukan bone scan

Sebagian dari para peternak lulusan program Fonterra Dairy Scholarship bertemu dengan para delegasi untuk berbagi pengalaman mereka selama mengikuti program selama 12 bulan. Dengan dukungan dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, peserta terpilih mendapatkan kesempatan belajar tentang praktek terbaik dalam hal teknik peternakan sapi perah melalui pelatihan “on-farm” di Indonesia dan selama 12 minggu di Selandia baru.

Sebagai bagian dari acara kunjungan tersebut, para delegasi melakukan tur keliling fasilitas pabrik canggih Fonterra, menikmati suguhan kuliner yang disajikan oleh para Chef Fonterra, serta melihat proses pengemasan dari brand konsumen Fonterra seperti Anlene, Anmum dan Anchor Boneeto.