Published On: Mon, Aug 22nd, 2016

Presiden Jokowi Minta Karnaval Pesona Danau Toba Digelar Setiap Tahun

Suasana karnaval kemerdekaan Pesona Danau Toba (21/8). (Foto: Humas/Deni)

Suasana karnaval kemerdekaan Pesona Danau Toba (21/8). (Foto: Humas/Deni)

Tobasa, 21 Agustus 2016- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba harus terus dilanjutkan setiap tahunnya.

“Di sini kelihatan sekali perbedaan-perbedaan budaya kita. Ada Batak Mandailing, ada Karo, ada Toba, ada Simalungun, tapi itulah sebetulnya perbedaan-perbedaan. Itulah yang mempersatukan kita,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada pelepasan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, yang di Jembatan Soposurung, Balige, Kabupaten Tobasa,  Sumatera Utara, Minggu (21/8) sore.

Presiden mengaku senang sekali pada Minggu (21/8) sore itu semua masyarakat memakai ulos, sortali, dan tum-tuman.

“Kalau ini terus kita pelihara akan kelihatan semuanya karakter bangsa, karakter setiap daerah, identitas setiap suku, identitas dan jati diri setiap daerah yang ada, itulah yang akan terus mempersatukan bangsa kita Indonesia,” tegas Presiden.

Dengan ditandai dengan pemukulan gondang telu, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana melepas Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba itu.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana sendiri yang menggunakan pakaian adat Batak dengan menaiki kendaraan hias ikut dalam karnaval tersebut. (UN/GUN/DAN/DNS/ES)