Published On: Thu, Aug 31st, 2017

Program CSR SHARP Kembali Berjaya di Best Corporate Social Initiatives 2017

Share This
Tags

Jakarta, 30 Agustus 2017 –  PT SHARP Electronics Indonesia kembali dipercaya untuk membawa pulang penghargaan bergengsi Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives (IBCSI) 2017 yang diusung oleh MIX Marcomm. Sukses menyabet satu penghargaan di tahun 2016, di tahun 2017 SHARP Indonesia semakin memantapkan beberapa program CSR andalannya dengan menyabet tiga kategori berbeda sekaligus diantaranya Best Corporate Social Campaign untuk program Kebun Gizi, Best Employee Volunteering untuk program SHARP Mobile Learning  Station, dan Best Philantrophy untuk program Arisan Plasmacluster. Ketiganya diterima langsung dalam penghargaan yang digelar pada hari Rabu, 30 Agustus 2017.

Kewajiban untuk berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan yang dikemas dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) masih terus dijalankan secara konsisten oleh PT SHARP Electronics Indonesia sejak 48 tahun silam. Selain berfokus pada pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati, pada tahun 2016 SHARP Indonesia menggabungkan keduanya dalam program pemberdayaan masyarakat terutama wanita yang dikelola bersama organisasi nirlaba, Rumah Zakat.

Program pemberdayaan masyarakat ini diberi nama Kebun Gizi SHARP  yang merupakan bentuk kontribusi SHARP Indonesia kepada masyarakat di sekitar pabriknya di kawasan  Karawang International Industrial City (KIIC). Program CSR ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan warga desa dengan meningkatkan kesadaran dan gaya hidup mereka untuk mengkonsumsi sayuran. Upaya ini diwujudkan dengan membuka lahan sayur dan buah yang dapat ditanami warga Dusun Pejaten RT 04/02, Desar Sirnabaya, Kecamatan Teluk Jambe, Kabupaten Karawang.

Seluruh warga dusun dibekali fasilitas dan pembekalan berupa pembuatan greenhouse serta instalasi NFT (Nutrient Film Technique) sebagai media tanam, penyediaan bibit, hingga pelatihan bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik. Hingga Februari 2017, Kebun Gizi SHARP telah dinikmati oleh 168 orang penerima manfaat dengan total panen sebanyak 57,5 kg. Tak hanya mampu melestarikan dan mengetahui lebih dalam mengenai tanaman, SHARP Indonesia bersama Rumah Zakat juga mengajak masyarakat untuk hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi hasil tanamnya sendiri. Atas inisiasi ini, SHARP Indonesia meraih penghargaan untuk kategori Best Corporate Social  Campaign 2017 yang khusus ditujukan bagi perusahaan yang mengkampanyekan gerakan sosial.

Herdiana Anita Pisceria, Brand Strategy Group General Manager menuturkan program ini merupakan program berbasis pemberdayaan masyarakat khususnya wanita yang menjadi upaya untuk memenuhi kebutuhan makan sayur  di tengah masyarakat dengan memanfaatkan lahan pekarangan maupun media lainnya.  Melalui ‘Kebun Gizi’  PT SHARP Electronics Indonesia bersama organisasi nirlaba Rumah Zakat berusaha untuk memenuhi standar gizi masyarakat dengan cara memberdayakan warga desa dengan memanfaatkan sumber daya alam atau potensi setempat.

Dalam bidang pendidikan, SHARP meghadirkan program SHARP Mobile Learning Station. Mobil Belajar Keliling SHARP  telah berkeliling puluhan kota di Indonesia dalam menyampaikan informasi seputar lingkungan dan keanekaragaman hayati kepada siswa dan siswi di Sekolah Dasar terpilih. Pengetahuan ini disampaikan secara langsung oleh karyawan SHARP dari beragam latar belakang berbeda dengan cara yang interaktif dan edukatif melalui praktik langsung mengenai sumber daya energi, pemutaran film, pertunjukan boneka, hingga buku bacaan. “Program ini pun memberikan kesempatan pada karyawan SHARP untuk untuk menggunakan keahlian dan bakat mereka diluar latar belakang pekerjaan dikantor, diharapkan melalui program ini pesan positif yang ingin disampaikan oleh perusahaan dapat tersampaikan dan dicontohkan  dengan baik melalui karyawannya”, ungkap Pandu Setio, PR CSR & Promotion Manager PT SHARP Electronics Indonesia.

Upaya untuk menggerakan karyawan SHARP agar terlibat dalam program CSR khususnya SHARP Mobile Learning Station ini pun berbuah hasil dengan penganugerahaan Best Employee Volunteering tahun ini.

Selain dua penghargaan tersebut, SHARP Indonesia juga sukses melengkapi juara tahun ini dengan kategori Best Corporate Philantrophy melalui Arisan Sehat Plasmacluster –  kategori yang dipersiapkan oleh MIX Marcomm bagi perusahaan yang berkontribusi dalam bentuk amal (tunai, donasi, maupun hibah). Arisan Sehat Plasmacluster merupakan program yang diusung pada Maret 2016 lalu dengan membawa misi untuk meningkatkan kesehatan di lebih dari 4.000 rumah tangga, panti asuhan, dan Posyandu, yang tersebar di hampir seluruh pelosok Indonesia.

Berbeda dengan arisan pada umumnya, program ini dijalankan dengan dua tahap yakni penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kualitas hidup sehat dari kader kesehatan Plasmacluster di setiap daerah dan dilanjutkan dengan pengundian berupa produk Air Purifier  Anti Nyamuk yang merupakan produk andalan milik SHARP bagi keluarga beruntung di setiap wilayah RT di setiap Desa. Melalui bantuan Lembaga Posko Kepedulian Umat (PKPU), program ini sukses mendistribusikan 100 produk Air Purifier dan menjangkau belasan desa di beberapa daerah,  seperti Jabodetabek, Surabaya, Pekanbaru, Jogjakarta, Lampung, Makassar, dan Padang.

Mekanisme kepemilikan produk tidak hanya berhenti pada satu keluarga, melainkan dilakukan secara bergilir setiap dua minggu melalui konsep Arisan Sehat Plasmacluster. Dengan demikian, seluruh warga desa dapat menikmati udara bersih di dalam rumahnya dan terbebas dari serangan nyamuk.

Indonesia’s Best Corporate Social Initatives (IBCSI) merupakan penganugerahan tahunan yang diberikan oleh Majalah MIX Marcomm kepada perusahaan yang telah berkontribusi sosial. Dengan mengacu pada konsep Marketing & Corporate Social Initiatives yang dikembangkan oleh pakar social marketing Nancy Lee, IBCSI tahun ini menghadirkan lima praktisi di bidang CSR berbeda, seperti Godo Tjahjono (Strategic Marketing & Humanistic Management Consultant), Indira Abidin (Chief Happiness Officer PT Fortune Indonesia), dan M. Gunawan Alif (Ketua Indonesia CSR Society dan Vice Rector), Yanti Triwadiantini (Associate Sustainability Advisor at Indonesia Business Link, dan A. Edhy Aruman (Senior Editor SWA).

“Berada di antara 103 entries yang terbagi dalam enam kategori di Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, apalagi di tahun 2017 ini prestasi kami kian bertambah dengan memborong tiga penghargaan sekaligus.  Bagi kami penghargaan ini menjadi apresiasi dan motivasi untuk SHARP Indonesia ke depannya agar dapat berbuat lebih baik lagi kepada masyarakat dan lingkungan,” pungkas Herdiana Anita Pisceria.

 

Tentang PT SHARP Electronics Indonesia (SEID)

SHARP telah memulai perjalanan panjangnya di Indonesia sejak tahun 1970. Bermula dari PT Yasonta, yang didirikan pada tahun 1970 sebagai perusahaan nasional, pada tahun 1994 SHARP Corporation menjadikan PT Yasonta perusahaan patungan PMA dengan mengakuisisi PT Yasonta dan mengubah namanya menjadi PT SHARP Yasonta Indonesia (SYI). Pada tanggal 1 April 2005, PT SHARP Yasonta Antarnusa (kantor cabang SYI) bergabung menjadi satu dengan PT SHARP Yasonta Indonesia dan sejak Mei 2005 PT SHARP Yasonta Indonesia berubah nama menjadi PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) seperti yang dikenal sampai saat ini.

Saat ini, SEID memiliki memiliki 26 Kantor Cabang, 42 SHARP Direct Service Station (SDSS), 275 SHARP Authorized Service Station (SASS), 42 SHARP Service Representative (SSR) yang tersebar di seluruh Indonesia, 2 unit SHARP Mobile Service Station (SMSS), 3 SHARP Service Corner (SSC), 2 SHARP Authorized Representative (SAR), 101 SHARP Authorized Air Conditioner (SAAC).  Pada 2012 PT SEID memperoleh penghargaan dari Rekor Bisnis Indonesia sebagai Jaringan Service Center Terbanyak di Indonesia.

 

Sekilas Tentang SHARP Cares

CSR PT SHARP Electronics Indonesia (SHARP) bernaung pada SHARP CARES (Creativity, Attention, Recovery, Earth, Sincerity). Creativity (Kreatifitas) mengandung arti  sikap kerja yang selalu mencari nilai lebih dan selalu membuat inovasi. Attention (Perhatian), SHARP selalu memberikan perhatian khusus pada masalah sosial di Indonesia, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Recovery (Pemulihan), SHARP di setiap kegiatannya berusaha untuk melakukan hal yang mampu  memberikan perbedaan dan memulihkan suatu kondisi bagi masyarakat menuju arah yang lebih baik. Earth (Bumi) yang berarti SHARP peduli untuk menjaga Bumi agar dapat terus menopang kelangsungan hidup seluruh makhluk yang tinggal di dalamnya. Sincerity (Ketulusan hati) adalah sikap kerja yang mendasar untuk menghasilkan solusi yang berguna dan juga kebahagian bagi semua orang. SHARP memfokuskan program CSR nya pada Pendidikan, Sosial, Kesehatan, dan Lingkungan.