Published On: Thu, Oct 13th, 2016

Qantas Menjadi Donor Tetap Organisasi OzHarvest

Qantas OzHarvest Bagikan MakananJakarta, 13 Oktober 2016 – Qantas telah mendaftarkan diri sebagai donor makanan tetap untuk organisasi penyelamat makanan Australia terkemuka, OzHarvest, setelah sukses melewati satu tahun masa uji coba dan mendistribusikan 35 ton makanan kepada yang membutuhkan.

 

Tim gabungan relawan Qantas dan Food “ResQ” di pusat katering Qantas di Sydney, Brisbane, dan Melbourne telah menetapkan sebuah proses untuk mengumpulkan paket makanan yang masih utuh dari penerbangan domestik, kemudian diambil oleh mobil van OzHarvest dan dikirim ke organisasi-organisasi amal.

 

Makanan yang dikumpulkan dari penerbangan domestik adalah makanan yang belum dibuka dan buah-buahan – seperti apel, pisang, batangan muesli, sereal, kue-kue dan botol air. Sebagai maskapai penerbangan premium, Qantas menyajikan makanan untuk setiap penumpang on-board namun tidak semua orang memilih untuk makan, sehingga makanan yang belum tersentuh ini dikumpulkan sebagai bagaian dari program Food ResQ Qantas.

 

Alison Webster, Executive Manager Qantas Freight dan Qantas Catering Group mengatakan ini adalah program yang sukses, dan berton-ton makanan telah dibagikan kepada anak-anak sekolah yang kurang mampu, keluarga yang terkena bencana kekeringan, pusat perlindungan bencana, organisasi pemuda, dan berbagai organisasi amal lainnya.

 

“Setiap kilogram makanan yang diselamatkan dari penerbangan Qantas adalah makanan yang masih layak makan dan dicegah untuk jadi timbunan sampah di Tempat Pembuangan Akhir, dan ini bukan hanya tindakan peduli lingkungan melainkan juga usaha nyata membuat perbedaan positif bagi kehidupan mereka yang kurang beruntung,” kata Webster.

 

“Program Food ResQ Qantas dijalankan oleh sekelompok relawan hebat yang rela memeriksa kotak-kotak katering untuk berburu barang-barang kemasan seperti permen atau kue-kue dan buah-buahan untuk diselamatkan.”

 

Pendiri dan CEO OzHarvest, Ronni Kahn terus mencari cara-cara inovatif untuk mengatasi permasalahan limbah makanan di Australia dan mengatakan bahwa barang-barang yang diselamatkan dari kotak makan penerbangan domestik Qantas telah membuat perbedaan besar bagi mereka yang membutuhkan makanan.

 

OzHarvest mengumpulkan makanan dari lebih dari 2000 donor makanan di dalam negeri. Berkat kemurahan hati para donor makanan tersebut, daripada terbuang percuma, makanan berkualitas ini mampu mencukupi kebutuhan makan wanita, pria, dan anak-anak terlantar sekaligus memangkas biaya pembuangan makanan sisa.

 

“Kerjasama seperti ini menunjukkan komitmen besar terhadap target nasional Australia untuk mengurangi limbah makanan dalam negeri sebesar 50 persen hingga tahun 2025.”

 

Fakta-faktra Program Food ResQ Qantas

  • Qantas adalah donor makanan pertama yang mengadakan program relawan OzHarvest eksklusif, dan membantu relawan OzHarvest untuk melaksanakan tugas-tugas komunitas mereka langsung di lapangan.
  • Makanan dikumpulkan dari penerbangan-penerbangan domestik Qantas. Peraturan cukai dan karantina saat ini tidak memungkinkan pengambilan dari penerbangan internasional.
  • Makanan-makanan yang telah terkumpul dikirim untuk lebih dari seribu anak-anak sekolah setiap minggunya (anak-anak yang pergi ke sekolah tanpa sarapan, tidak membawa makan siang, atau keduanya).
  • Komunitas-komunitas penerima bantuan meliputi: Petani yang mengalami bencana kekeringan, masyarakat adat, pusat perlindungan perempuan, program Street van, tunawisma, organisasi pemuda, sekolah English as a Second Language, dan lainnya.
  • Data dan analitika yang dikumpulkan dari program Food ResQ telah menunjukkan efisiensi bisnis yang lebih baik dan penghematan biaya yang lebih besar pada Qantas Catering.

 

Fakta-fakta Limbah Makanan

  • Makanan senilai sekitar AUD 8-10 miliar terbuang setiap tahunnya dalam bentuk limbah perumahan dan industrial. Ini artinya sekitar empat juta ton makanan berakhir sebagai sampah. [1]
  • Sekitar sepertiga dari 1,3 miliar ton makanan yang diproduksi di dunia untuk konsumsi manusia nyatanya hilang atau terbuang percuma. [2]
  • Orang Australia membuang satu dari setiap lima tas belanja, yang artinya setiap rumah tangga membuang bahan makanan senilai AUD 1.036 setiap tahunnya. [3]
  • Australia menghasilkan makanan yang cukup untuk memberi makan sekitar 60 juta orang. [4]
  • Lebih dari 644.000 orang kini menerima bantuan makanan setiap bulannya, dan sepertiga dari mereka adalah anak-anak.
  • Badan-badan bantuan pangan tidak mampu memenuhi permintaan. Lebih dari sepertiga makanan yang ada masih diperlukan untuk memenuhi permintaan tersebut. [5]

 

[1] ABS Australian Social Trends (2007), Hyder Consulting (2009), Australian DEWHA National Waste Report (2010), Australian DSEWPaC National Food Waste Assessment (2011), NSW EPA Food waste avoidance benchmark study (2009), Encycle Consulting (2013), Baker D, Fear J, Denniss R. What a waste: an analysis of household expenditure on food, The Australia Institute 2009.

[2] Global Food Losses and Food Waste – FAO, 2011

[3] NSW EPA Food waste avoidance benchmark study (2009)

[4] DAFF, National Food Plan 2012

[5] Foodbank, Hunger Report 2016