Published On: Tue, Aug 22nd, 2017

Rayakan HUT RI Ke-72 Menteri Perdagangan RI Resmi Buka HBDI

Share This
Tags

Jakarta, 15 Agustus 2017Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita pada hari ini resmi membuka Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dan Happy Birthday Indonesia Festival (HBDIF) di JIExpo Kemayoran, Jakarta yang diselenggarakan oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO). HBDI terbagi dalam dua konsep acara, yaitu HBDI yang berlangsung di pusat-pusat perbelanjaan di berbagai kota di Indonesia pada 17-20 Agustus 2017 dan HBDIF yang berlangsung di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta mulai 15-27 Agustus 2017.

Enggartiasto mengatakan, “Acara HBDI ini merupakan kado bagi Hari Kemerdekaan Indonesia yang dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan daya beli masyarakat dan sektor ritel di Indonesia yang saat ini sedang mengalami kelesuan serta turut serta menciptakan peluang lebih besar untuk perkembangan dan kemajuan UKM, para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan dan pelaku bisnis ritel di seluruh Indonesia. Di samping itu, dengan acara HBDI ini juga diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara sekaligus memperkenalkan kebudayaan Indonesia.”

Usai meresmikan HBDI, Enggartiasto bersama para tamu undangan, antara lain Menteri Pariwisata RI Arief Yahya langsung melakukan kunjungan lapangan ke area HBDIF di Gambir Expo Kemayoran dengan menyinggahi sejumlah booth UMKM dan gerai-gerai ritel lainnya. HBDI diharapkan mampu menjadi event ritel baru berskala nasional di Indonesia dan menjadi festival ritel tahunan terbesar di negeri ini. HBDI juga diwarnai oleh beragam acara, antara lain musik, hiburan, peragaan busana, talkshow dan masih banyak lagi.

Sepakat dengan Menteri Perdagangan, Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah, mengatakan, “HBDI merupakan hadiah istimewa kami untuk masyarakat Indonesia dalam merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Bertujuan untuk menciptakan tren belanja baru di bulan Agustus, HBDI adalah bentuk dukungan kami kepada pemerintah dalam meningkatkan konsumsi masyarakat sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan.”

Budihardjo juga menambahkan, “Melalui event ini, kami juga memberikan kesempatan kepada peritel dan produsen dalam negeri untuk meningkatkan penjualan produk lokal.”

Ketua Panitia HBDI, Fetty Kwartati, menjelaskan, “HBDI diharapkan akan menjadi acara belanja offline ikonik di Indonesia yang akan menarik baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Melalui acara HBDI, kami turut mempromosikan Indonesia, bukan hanya sebagai tempat tujuan wisata alam dan budaya, melainkan juga Indonesia sebagai salah satu negara tujuan wisata belanja dan kuliner.”

Berbagai penawaran khusus diberikan oleh para peserta HBDI untuk para pengunjung, mulai diskon hingga 72%, shop till you drop atau clearance sale yang memberikan diskon lebih, shopping rally hingga program happy hour di hari kerja.

HBDI lebih dari sekadar wahana belanja dengan menghadirkan beragam aktivitas yang atraktif, interaktif dan edukatif. Sejumlah acara yang ditampilkan termasuk Jember Fashion Carnival yang dihadirkan khusus dari kota asalnya Jember, Jawa Timur, tampil pada 15 Agustus 2017 dan 17 Agustus 2017 serta penampilan khusus dari grup musik terkenal GAC pada 19 Agustus 2017 dan NIDJI pada 26 Agustus 2017.

Untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2017, HIPPINDO menggelar sejumlah perlombaan khas tujuh belasan seperti lomba makan kerupuk, memindahkan kelereng dengan sendok dan joget balon yang diawali dengan upacara bendera di pagi harinya.

Tidak hanya menyajikan hiburan, HIPPINDO juga melakukan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia Jakarta dan mengajak pengunjung untuk melakukan donor darah pada 19 Agustus 2017 serta melakukan program bakti sosial setelah acara usai.

Dukungan positif mengalir dari berbagai pihak, yaitu Kementerian Pariwisata, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, asosiasi terkait, pemerintah daerah DKI Jakarta serta Bank Mandiri sebagai sponsor utama. Hal ini mencerminkan semangat Indonesia Incorporated.

Senior Vice President Bank Mandiri Vira Widiyasari, menjelaskan “Bank Mandiri mendukung penuh pelaksanaan HBD Indonesia, dengan menyediakan berbagai kemudahan dan benefit tambahan untuk pengunjung dan nasabah Bank Mandiri. Nasabah dapat menikmati tambahan potongan harga menggunakan Mandiri Kartu Kredit, Debit, Emoney, dan Ecash.

“Bank Mandiri menjadi Bank Partner dalam acara yang akan memberikan berbagai layanan transaction banking guna memberikan kemudahan bertransaksi. Untuk itu, kami akan menempatkan sebanyak lebih dari 500 mesin EDC Mandiri di bazaar untuk merchant partner HBD Indonesia, serta dua unit ATM keliling (Mandiri Mobile) di sekitar arena,” jelas Vira.

Pada bazaar Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) di Gambir Expo Kemayoran di 15 – 27 Agustus 2017, masyarakat dapat menikmati potongan harga hingga 72% dan tambahan diskon hingga 17%. Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan potongan harga hingga 45% dengan fiestapoin, serta cicilan dengan bunga 0%, dan program lainnya.

Kemudian, lanjut Vira, pada In Store promo di lebih dari 25 ribu outlet di seluruh Indonesia pada 17-20 Agustus 2017, masyarakat juga bisa mendapatkan diskon hingga 72% dan tambahan diskon hingga 17%, potongan harga hingga 45% dengan fiestapoin, serta cicilan dengan bunga 0%.

“Dengan 20 juta nasabah yang dimiliki oleh Bank Mandiri saat ini, diharapkan dapat meningkatkan event awareness ini sebagai persembahan dari Bank Mandiri dan HIPPINDO untuk Indonesia,” ujar Vira.

– Selesai –

 

Tentang Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO)

Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) didirikan pada tanggal 8 Juni 2016 sebagai bentuk kepedulian untuk memajukan usaha semua pihak terkait dalam dunia ritel yang semakin dinamis, khususnya para pelaku usaha baik skala mikro maupun skala besar yang memiliki gerai/ menyewa di pusat perbelanjaan. Melalui HIPPINDO, kerjasama yang erat antara para penyewa pusat belanja, pusat perbelanjaan itu sendiri dan pemerintah dapat semakin ditingkatkan sehingga tercipta keseimbangan yang akan memberikan manfaat besar bagi semua pihak untuk dapat maju bersama. Hal ini tercermin dalam slogan HIPPINDO: “Bermitra Maju Bersama”.

Ide pembentukan HIPPINDO bermula dari pertemuan informal Kamis tanggal 25 Februari 2016 dari beberapa pelaku ritel seperti: Hammer, Pojok Busana, Marco Group, Hero Group, Wacoal, Kawan Lama, Johnny Andrean, Boga Group, Delami Brands, MAP, Buccheri, Indahtex Group, Erafone, Yongki Komaladi, Ranch Market, Hoka Hoka Bento,  Funworld  dan Sunny Side Up  untuk berkontribusi terhadap kemajuan bangsa Indonesia khususnya bidang ritel di pusat perbelanjaan. Dalam pertemuan tersebut disadari bahwa untuk bisa mencapai kemajuan yang lebih baik, tidak bisa dilakukan secara terpisah dan sendiri-sendiri. Banyak pihak lain yang terlibat di dalamnya yang harus diajak bekerjasama khususnya pusat perbelanjaan itu sendiri dan tentunya pemerintah selaku regulator. Dengan melibatkan semua pihak terkait, kita akan mendapatkan gambaran lengkap mengenai apa yang terjadi dan langkah-langkah apa yang sebaiknya dilakukan oleh masing-masing pihak tersebut untuk bisa memajukan usaha di pusat perbelanjaan.

Adapun visi HIPPINDO menjadi himpunan penyewa di pusat belanja yang memberikan manfaat bagi bangsa dan negara. Sementara misi organisasi ini adalah: Memberikan kontribusi terhadap perekonomian nasional; Memajukan usaha para penyewa di pusat belanja agar mampu berkembang dan berkelanjutan untuk bersaing di era globalisasi; Bekerja sama dengan semua pihak yg berkepentingan (penyewa, pusat belanja dan pemerintah) untuk menciptakan kondisi seimbang yg saling mendukung; Menciptakan lapangan kerja & mengembangkan sumber daya manusia terkait dengan usaha di pusat belanja; dan Mendukung pengembangkan ekonomi kreatif yang menciptakan usaha-usaha baru