Published On: Tue, Feb 23rd, 2016

Review Smart Power Strip Huntkey SZN507

huntkeyPower Strip Huntkey SZN507, Power Socket Universal, USB Charging Port

Huntkey didirikan dua dekade lalu sebagai produsen yang mengkhususkan diri dalam berbagai produk power supply. Hari ini, Huntkey merupakan perusahaan besar dengan luas pabrik lebih dari 750.000 meter persegi di Shenzhen, Heyuan dan kawasan industri Hefei Cina.

Huntkey memulai karier nya sebagai pemasok OEM ke merek-merek besar seperti Dell dan Lenovo, namun kini telah berhasil menjual produk sendiri dengan merek Huntkey.  Berikut kami akan membahas salah satu produk power strip seri universal nya – smart power strip Huntkey SZN507.

Huntkey SZN507 merupakan bagian dari power strip seri universal Huntkey.  Produk ini diberi nama seri universal karena soket daya nya mendukung berbagai jenis tipe steker yang umumnya terdapat di Amerika, Eropa dan Asia.

 Power Strip Huntkey SZN507

Huntkey SZN507 memiliki tampilan paket plastik putih jernih dengan lapisan kardus dibagian belakang, sehingga Anda dapat melihat secara langsung produk yang Anda beli. Kabel daya nya tersembunyi di bagian belakang kardus yang tercetak fitur-fitur unggulan dari power strip SZN507.

Kardus pada bagian belakang dapat di geser untuk melihat power strip dengan kabel daya yang terdapat di dalam kompartemen kardus. Anda akan menemukan secara langsung power strip SNZ507.

Huntkey SZN507 secara umum terlihat seperti power strip kebanyakan. Produk ini bahkan dilengkapi dengan dinding mounting yang sama di bagian belakang. Akan tetapi, SZN507 bukan merupakan power strip biasa. Mari kita melihat lebih dekat!

 

 

Soket Daya Universal

Huntkey SZN507 dilengkapi dengan empat soket daya. Ke empatnya merupakan soket daya universal yang mendukung 7 tipe steker utama di Amerika, Eropa dan Asia. Khususnya, soket daya ini mendukung steker Tipe A, Tipe B, Tipe C, Tipe E, Tipe F, Tipe G dan Tipe I. Akan tetapi, produk ini tidak mendukung steker  Tipe JTipe HTipe K dan Tipe L.

Soket daya ini juga memiliki fitur “perlindungan anak”, dalam bentuk “jendela” plastik dilipat diatas dua pin dari soket. Ini untuk mencegah agar anak terhindar dari memasukkan benda asing seperti gunting atau pisau ke dalam soket . “jendela” akan terbuka jika plug yang benar yang dimasukkan, dan menekan secara bersamaan. Sangat pintar!

 

 

huntkey2Port Pengisian – USB

Huntkey SZN507 dilengkapi dengan dua port pengisian daya berbentuk USB. Kedua port USB ini akan memberikan daya hingga 10.5 W untuk output daya – 2.1 A arus pada standar tegangan USB 5 V. Setiap port akan hanya dapat memberikan daya 5 W  –  sekitar 1 A arus pada 5 V.

 

Port USB ini memungkinkan Anda untuk dapat mengisi daya smartphone, tablet dan power bank tanpa membutuhkan adaptor daya USB terpisah. Produk ini mungkin tidak akan dapat mengisi ulang daya secepat  power bank terbaru dan sekencang charger khusus yang dapat mengirimkan arus lebih tinggi, tetapi ini merupakan salah satu keuntungan besar yang sangat nyaman dalam penggunaan.

 

Fitur Keamanan, Kesimpulan

Double-Break Switch & Copper Bar

Huntkey SZN507 dilengkapi dengan double-break switch, yang memutuskan kontak elektrik pada dua titik, bukan satu kontak. Hal ini tidak hanya menawarkan dua kali pemotongan kapasitas, tetapi juga memberikan permukaan kontak lebih besar ketika sirkuit tertutup – memungkinkan pembuangan panas lebih baik dan umur pemakaian lebih lama.

Huntkey juga menanamkan kontak saklar dengan paduan perak nikel untuk mengurangi resistansi kontak dan melindunginya dari korosi dan oksidasi. Oleh karena itu, double-break switch  di nilai dapat bertahan untuk pemakaian lebih dari  10.000 kali.

Untuk memastikan keamanan dan umur pakai maksimum, Huntkey menggunakan bar tembaga padat internal untuk menghantarkan listrik ke soket daya. Karena tembaga merupakan penghantar yang paling baik untuk listrik dan panas dibandingkan aluminium atau baja, maka penggunaan bar tembaga akan menghasilkan output dengan panas lebih rendah serta pembuangan panas lebih baik.

 

 

Kabel Listrik

Huntkey SZN507 dilengkapi dengan kabel listrik sepanjang 3 meter (10 feet). Panjang merupakan hal yang penting bagi sebagian pengguna, tetapi banyak orang mengacuhkan kualitas kabel yang digunakan – khususnya kemampuan kabel untuk menghantarkan banyak listrik. Jika kabel listrik tidak menggunakan kabel yang tepat, makan akan mengalami kepanasan dan berpotensi kebakaran.

SZN507 menggunakan tiga kabel terisolasi dengan bagian konduktor seminimum mungkin melintas  yaitu 0,75 mm².  Kabe listrik mampu menangani arus beban maksimum 12 A, atau output daya maksimum 2.880 watt. Dengan kata lain, Huntkey SZN507 lebih mampu menangani daya output dengan nilai 2.500 watt.

 

 

Steker Listrik

Huntkey menawarkan empat pilihan steker yang berbeda untuk SZN507, tergantung dari di wilayah mana produk ini dijual. Terlepas dari kelengkapan steker tipe SZN507,  steker listrik hanya menyatu untuk arus maksimum 10 A. Dan produk ini benar-benar menggunakan sekering 10 A. Hal ini penting karena menjamin power strip SZN507 tidak akan kelebihan beban.

Sebagian besar power strip menggunakan sekering umum 13 A. Pada beberapa kasus, Anda tidak akan menghadapi banyak masalah, tetapi tetap beresiko power strip kelebihan beban. Menggunakan sekering 13 A akan memungkinkan power strip menerima arus hingga 13 A, yang akan mengakibatkan kelebihan beban (12 A) kapasitas konduksi kabel listrik, menyebabkan kepanasan dan berpotensi meleleh dan/atau menyebabkan kebakaran.

 

 

Kesimpulan

Huntkey SZN507 merupakan power strip yang dirancang untuk keluarga modern yang cerdas. Secara umum terlihat seperti kebanyakan power strip pada umumnya, tetapi didalamnya – produk ini menyembunyikan satu ton fitur keselamatan. Semuanya, mulai dari struktur bar tembaga internal hingga sekering steker 10 A, dirancang secara khusus untuk memastikan SZN507 tidak akan melebihi spesifikasi dan mengalami kepanasan atau lebih buruknya lagi dapat menyebabkan kebakaran.

Kita tidak hanya berbicara mengenai rincian fitur keamanan atau sertifikasi yang dimilikinya dari berbagai pihak berwenang. Produk ini sangat memperhatikan keselamatan penggunanya secara rinci. Semuanya diperiksa. Apakah memenuhi atau melebihi spesifikasi yang diberikan. Hal ini bukan merupakan sesuatu yang pasti kita dapatkan jika kita membeli power strip umum yang ada dipasaran.

Huntkey SZN507 bukan sekedar power strip yang dirancang hanya untuk para techie yang ingin memastikan perangkatnya tidak akan pernah rusak akibat salah memilih power strip. Siapapun yang ingin dapat memiliki power strip dengan desain rapih dan dapat menenangkan pikiran ketika menggunakannya dapat selalu mempertimbangkan untuk membeli Huntkey SZN507.

Spesifikasi Huntkey SZN507

Spesifikasi Huntkey SZN507
Model SZN507
Output Daya Maksimum 2500 W (250 V @ 10 A)
Power Socket 4 x power socket (250 V @ 10 A)
2 x USB socket (5 V @ 2.1 A)
Fitur Keamanan Double-break silver-nickel contact switch with service life of over 10,000X
One-piece copper bar structure
Child protection for power sockets
Sertifikasi BS, CSA, VDE, STQC
Kualitas Kabel Listrik 3 x 0.75 mm² wires (Germany / India)
3 x 1.0 / 0.75 mm² wires (UK)
3 x 0.824 mm² wires (US)
Plug Options Germany + France dual use / India / UK / US