Published On: Wed, Apr 20th, 2016

Rolls-Royce Menangkan Pesanan Senilai $1,2 Miliar dari Garuda Indonesia

rrJakarta,20 April 2016- Rolls-Royce telah memenangkan pesanan senilai $1,2 miliar dari Garuda Indonesia untuk menyediakan mesin Trent 7000 dan dukungan pemeliharaan TotalCare®. Mesin-mesin tersebut akan digunakan untuk 14 pesawat Airbus A330-neo milik Garuda Indonesia.

 

Kesepakatan pemesanan telah ditandatangani saat lawatan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, ke Inggris.

 

Pemesanan ditandatangani di London oleh M. Arif Wibowo, President dan CEO, Garuda Indonesia, dan Eric Schulz, President – Civil Aerospace, Rolls-Royce, dan disaksikan oleh Bapak Joko Widodo dan Perdana Menteri Inggris, David Cameron.

 

Mesin jet Trent 7000 merupakan mesin khusus untuk pesawat  Airbus A330-neo, adalah anggota rr giaketujuh dari keluarga Trent yang telah menjadi mesin pilihan di pasar pesawat badan-lebar selama 20 tahun terakhir. Mesin Trent 7000 dijadwalkan akan mulai digunakan tahun 2017.

 

Kesepakatan pemesanan ini adalah untuk menggantikan dan melanjutkan pesanan yang sudah ada untuk tujuh pesawat A330-300 yang ditenagai mesin Trent 700. Dengan mempertimbangkan potensi pertumbuhan jangka panjang Garuda Indonesia dan pasar penerbangan sipil Indonesia, kedua belah pihak juga setuju untuk menjajaki kerjasama perawatan dan kesempatan pengembangan keahlian.

 

Schulz mengatakan, “Indonesia memiliki prospek ekonomi yang sangat bagus dan kami berkomitmen mendukung pertumbuhan kedepan dalam pasar perjalanan udara. Tahun ini menandai 20 tahun sejak pertama kali kami menyediakan mesin Trent untuk Garuda Indonesia dan kami bangga bisa menyuplai mesin bagi penambahan armada baru Garuda dengan seri terbaru dari keluarga mesin Trent. Dalam menciptakan mesin ini, kami mendapat keuntungan dari investasi Inggris dalam inovasi dimulai dari bahan baku, aerodinamika, pengurangan kebisingan, sistem kendali dan teknologi pabrikasi.”

 

  1. Arif Wibowo mengatakan, “Kontrak ini memperdalam jalinan hubungan kerja sama antara Garuda Indonesia dengan Rolls-Royce dan kami tidak sabar menunggu armada pesawat baru ini untuk mulai beroperasi.”

 

David Cameron mengatakan, “Kesepakatan ini menggarisbawahi hubungan penting kami dengan Indonesia – negara dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan siap untuk menjadi negara dengan perekonomian ketujuh terbesar di dunia pada tahun 2030.”

 

“Kami merupakan investor kelima terbesar di Indonesia dan hubungan kami menyimpan potensi besar yang belum dimanfaatkan. Kami ingin mendorong lebih banyak lagi perusahaan Inggris untuk memanfaatkan peluang ini dan kami akan terus mendukung mereka dengan terus mempromosikan keterampilan dan keahlian yang dimiliki Inggris.”

 

Mesin Trent 7000 menggabungkan:

 

  • Pengalaman dari mesin Trent 700 – mesin pilihan untuk pesawat Airbus A330
  • Rancangbangun dari mesin Trent 1000 TEN – versi paling terbaru dari mesin Trent 1000
  • Teknologi mutakhir dari Trent XWB – mesin pesawat sipil besar paling efisien di dunia

 

Garuda Indonesia saat ini mengoperasikan 24 mesin Trent 700 yang digunakan pada pesawat A330, dan dua unit yang masih dalam pemesanan.