Published On: Mon, Dec 14th, 2015

Saran Praktis Oracle untuk Para Direktur Pemasaran

the-cmo-clubJakarta, 14 Desember 2015 – Untuk membantu para CMO atau Direktur Pemasaran memenuhi permintaan pelanggan yang semakin meningkat, The CMO Club bersama dengan Oracle merilis “Panduan Solusi CMO untuk Membangun Bagian Pemasaran yang Modern”. Panduan ini disusun berdasarkan wawancara dengan para direktur pemasaran dan tenaga pemasaran digital dari merk-merk terkenal seperti Dow Chemical, JetBlue Airways, MasterCard, PayPal, Quiznos, The Hershey Company, dan Viking River Cruises. Panduan ini berisi wawasan dan praktik terbaik yang bisa diterapkan direktur pemasaran untuk membangun tim pemasaran yang berorientasi pada pelanggan dan mengeluarkan hasil yang dapat diukur.

 

Direktur pemasaran dihadapi dengan perubahan bisnis, konsumen, dan teknologi yang menambah rumit semua kegiatan pemasaran. Di lingkungan bisnis yang baru ini, tenaga pemasaran perlu memikirkan ulang proses yang ada dan memanfaatkan data, teknologi, serta konten untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih berarti dan menunjukkan dampak pemasaran pada hasil bisnis. Untuk membantu tenaga pemasaran mengatur transformasi ini dengan baik, Panduan Solusi CMO yang baru menyediakan saran praktis  berdasarkan 20 wawancara yang mendalam dengan para direktur pemasaran dan manajer pemasaran digital dari perusahaan dengan berbagai ukuran dan industri.

 

“Meskipun jumlah alat dan data yang tersedia untuk tenaga pemasaran terus meningkat, tantangannya tetaplah untuk menangkap dan memanfaatkan data yang tepat dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang menarik di semua saluran,” kata Pete Krainik, CEO, The CMO Club. “Langkah pertama yang harus mereka ambil adalah untuk melakukan perubahan di perusahaan untuk menciptakan jenis pengalaman pelanggan yang terbaik. Karena tidak ada perusahaan yang sama persis, panduan ini membantu menyediakan perubahan yang mudah diterapkan yang bisa digunakan semua tenaga pemasaran untuk mendorong perubahan.”

 

Prioritas Direktur Pemasaran: Ketajaman, Pensejajaran, Kelincahan, dan Akuntabilitas

Karena tidak ada model perusahaan yang sama persis, empat tema utama muncul saat wawancara dilakukan, mengenai keputusan organisasional yang harus diambil direktur pemasaran: Ketajaman, Pensejajaran, Kelincahan, dan Akuntabilitas.

 

“Sementara wawancara berlangsung, kami terus mendengar bagaimana tenaga pemasaran bisa mengemukakan persoalan sekitar ketajaman, pensejajaran, kelincahan, dan akuntabilitas, dan bagaimana kekuatan ini membentuk direktur pemasaran,” kata John Ellet, penulis dan CEO nFusion. “Para pemimpin yang menjadi narasumber kami menekankan bagaimana perubahan organisasional bisa membantu memposisikan tenaga pemasaran masa kini untuk mengejar dinamika konsumen yang terus berubah.”

 

Ketajaman: Untuk menjadi tenaga pemasaran yang lebih modern, responen melaporkan bahwa meningkatkan kemampuan di dalam departemen menjadi prioritas utama. Dari mengembangkan wawasan pelanggan yang bernilai melalui data mining hingga berinvestasi di kreasi konten dan kebutuhan akan analitik evaluative yang semakin besar, para pemimpin tenaga pemasaran berinvestasi banyak untuk membantu tim mereka mempelajari kemampuan baru.

 

“Kami membangun pusat analitik untuk memusatkan dan menganalisa informasi di seluruh platform,” kata Karen Quintos, CMO Dell. “Ini memperkuat tenaga pemasaran kami dengan wawasan yang real-time dan kelincahan yang mereka butuhkan untuk mengembangkan program pelanggan yang bertujuan memajukan bisnis.”

 

Pensejajaran: Dari atas hingga bawah dan di seluruh fungsi, panduan ini menunjukkan bahwa penting bagi semua departemen untuk mengikuti proses yang sama dan budaya perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan di seluruh titik.

 

“Pensejajaran itu sangat penting,” kata Rishi Dave, CMO, Dun&Brandstreet. “Pemasaran berevolusi dan menjadi sangat terspesialisasi di sejumlah aspek –teknologi, data, analitik, konten, operasional, kreatif, dan lainnya. Bagian pemasaran perlu merekrut spesialis yang ahli di aspek-aspek ini dan menciptakan proses untuk spesialis itu bekerja sama dalam cara yang terintegrasi untuk melayani pelanggan. Ini tidak begitu rumit seperti sebelumnya.”

 

Kelincahan: Untuk memenuhi permintaan pelanggan untuk pengalaman pelanggan yang terbaik, panduan ini mengemukakan bagaimana pentingnya untuk memiliki tim yang kuat dan fleksibilitas untuk memulai sesuatu yang baru dalam menguji dan mempelajari praktik terbaik.

 

“Memulai adalah kata kesukaanku. Mencoba sesuatu yang baru dengan niat belajar dan tahu itu mungkin saja gagal,” kata Snehal Desai, Global Business Director, Dow Water & Processing Solutions, Dow Chemical. “Orang-orang lebih bersedia untuk mendukung awal yang baru daripada mengubah cara yang mereka lakukan saat ini.”

 

Akuntabilitas: Untuk mendemonstrasikan dampak pemasaran di lini bawah, panduan ini merekomendasikan membangun pengukuran baru dari outset dan memasukkan budaya akuntabilitas pribadi di sekitar itu.

 

“Sekarang ini, saya bisa mengukur semuanya, dan itu suatu berkah serta kutukan,” kata Heidi Melin, CMO Plex Systems. “Kutukan itu karena harus menentukan apa hal terpenting untuk mengukur dan mendemonstrasikan akuntabilitas.”

 

“Pemasaran modern telah melewati perubahan signifikan dalam beberapa tahun terakhir,” kata Andrea Ward, Vice President, Marketing, Oracle Marketing Cloud. “Untuk membantu tenaga pemasran menavigasi perubahan ini dan mendorong hasil yang dapat diukur, kami bekerjasama dengan The CMO Club untuk memproduksi panduan ini. Panduan ini menyediakan wawasan yang bernilai dari para direktur pemasran di beberapa merk terkenal di dunia dan mengingatkan kita untuk terus fokus pada kunci pemasaran, yaitu ketajaman, kelincahan, pensejajaran, dan akuntabilitas. Tema-teman ini ada di jantung Oracle Marketing Cloud, yang memungkinkan tenaga pemasran untuk mengaktivasi data dengan cara yang tepat, di saluran yang tepat, di waktu yang tepat, agar tetap bisa bersaing.”