Published On: Sun, Nov 20th, 2016

Satu Tahun Reborn ‘Indosat Ooredoo’ dan HUT ke-49

Tampak pada gambar President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli (empat dari kanan) berfoto bersama dengan Direktur Utama pertama Indosat Ooredoo, Jonathan L. Parapak (lima dari kiri) setelah pemotongan tumpeng sebagai simbol rasa syukur atas ulang tahun Indosat Ooredoo yang ke-49.

Tampak pada gambar President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli (empat dari kanan) berfoto bersama dengan Direktur Utama pertama Indosat Ooredoo, Jonathan L. Parapak (lima dari kiri) setelah pemotongan tumpeng sebagai simbol rasa syukur atas ulang tahun Indosat Ooredoo yang ke-49.

Jakarta, 20 November 2016 – Tepat satu tahun ‘reborn’ dan melakukan transformasi perusahaan yang bertepatan dengan HUT ke-49, Indosat Ooredoo semakin mengokohkan posisinya sebagai perusahaan telekomunikasi terdepan di Indonesia (leading digital telco in Indonesia), melalui keberhasilannya membawa manfaat digital bagi masyarakat Indonesia. Berbagai inisiatif digital di berbagai lini bisnis, layanan, internal karyawan dan hasil kinerja kuartal III 2016 yang positif, menjadi bukti bahwa program transformasi digital telah memberikan hasil yang nyata dan memberi manfaat bagi seluruh stakeholder perusahaan. Mengambil tema “Liberating Your World” di ulang tahun ke-49, Indosat Ooredoo bertekad untuk terus mendukung Indonesia sebagai negara digital terdepan di kancah global.

 

Satu Tahun Reborn ‘Indosat Ooredoo’ dan HUT ke-49: Indosat Ooredoo Kokohkan Posisinya sebagai Perusahaan Telekomunikasi Digital Terdepan di Indonesia

Meski transformasi perusahaan baru berjalan satu tahun, Indosat Ooredoo telah meluncurkan sejumlah produk, layanan, hingga pengalaman digital baru kepada pelanggan. Hal ini merupakan komitmen Indosat Ooredoo untuk memberikan akses kepada setiap masyarakat Indonesia ke dunia digital serta membantu Pemerintah Indonesia yang memiliki visi kuat menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020.

 

Tampak pada gambar Komisaris Indosat Ooredoo, Wijayanto Samirin (dua dari kiri), Komisaris Indosat Ooredoo Astera Primanto Bhakti (paling kiri), Komisaris Independen Indosat Ooredoo, Elisa Lumbantoruan (dua dari kanan) dan  President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli (paling kanan), saat berfoto bersama usai pemotongan tumpeng yang juga dihadiri oleh mantan Direktur serta BoD dan Chief Indosat Ooredoo di Tangerang (20/11).

Tampak pada gambar Komisaris Indosat Ooredoo, Wijayanto Samirin (dua dari kiri), Komisaris Indosat Ooredoo Astera Primanto Bhakti (paling kiri), Komisaris Independen Indosat Ooredoo, Elisa Lumbantoruan (dua dari kanan) dan President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli (paling kanan), saat berfoto bersama usai pemotongan tumpeng yang juga dihadiri oleh mantan Direktur serta BoD dan Chief Indosat Ooredoo di Tangerang (20/11).

Dalam kurun setahun, Indosat Ooredoo telah menggandakan jumlah gerai, meningkatkan layanan pelanggan, mengubah tampilan, lingkungan, dan budaya kerja karyawan, hingga peluncuran produk dan layanan digital seperti Paket IM3 Freedom Combo, Paket Stream On Iflix dan Spotify, dan layanan Dompetku.
“Seperti janji kami tahun lalu, Indosat Ooredoo akan menghadirkan layanan digital yang lebih mudah diakses, simpel, dan terjangkau untuk semua pihak sehingga dapat membantu kehidupan masyarakat Indonesia dan meningkatkan kualitas hidup mereka,” demikian disampaikan President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli.

 

“Dan tepat satu tahun kami bertransformasi untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, kami mampu mencatat kinerja yang sangat baik seperti pertumbuhan ‘double digit’ untuk bisnis seluler, pertumbuhan pendapatan 9,9%, membukukan laba bersih sebesar Rp 845,4 Miliar, serta peningkatan jumlah pelanggan yang sangat signifikan.”

 
KINERJA PERUSAHAAN MENINGKAT POSITIF
Indosat Ooredoo berhasil mencatat pertumbuhan tahunan ‘double digit’ untuk bisnis seluler selama sembilan bulan pada 2016, sebesar 11,9%. Pertumbuhan selular yang cukup menggembirakan ini utamanya disebabkan oleh peningkatan pendapatan Data, Telepon, SMS dan VAS (Value Added Services).

 

Indosat Ooredoo juga sukses mencatat pencapaian jumlah pelanggan sebesar 81,6 juta pelanggan, meningkat 12,6 juta pelanggan dibandingkan dengan kuartal III 2015. Peningkatan jumlah pelanggan ini merupakan hasil dari produk dan layanan digital menarik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dalam penggunaan layanan digital, data, telepon, SMS, serta VAS.
Adapun penambahan pelanggan utamanya berasal dari pengguna data yang mendorong pertumbuhan trafik data sebesar 114,2% dan pertumbuhan pendapatan data sebesar 52,2% dibanding kuartal III tahun 2015.

 

“Angka tersebut membuktikan bahwa transformasi perusahaan kami berjalan sesuai dengan rencana dan strategi kami,” ujar Alexander. “Pada masa yang akan datang kami tetap menargetkan Indosat Ooredoo sebagai nomor satu dalam pendapatan digital, nomor satu dalam pengalaman digital, dan brand digital pilihan pelanggan nomor satu di Indonesia.”

 

Perusahaan juga menyadari bahwa karyawan menjadi bagian penting dari proses transformasi perusahaan, dimana karyawan diharapkan dalam bersikap, cara berfikir serta berperilaku dalam menjalan bisnis dan melayani pelanggan, harus sejalan dengan visi sebagai perusahaan digital. Berbagai program transformasi SDM telah berhasil diimplementasikan seperti menerapkan konsep ruang bekerja secara terbuka (open space), mobile working melalui program ‘iWork’ dimana karyawan bisa bekerja dimanapun dari luar kantor, fleksibel benefit untuk karyawan terkait perangkat digital serta penggunaan berbagai fasilitas digital dalam program karyawan seperti e-money Dompetku.

 

Berbagai inisiatif digital juga diterapkan dalam program kepedulian sosial perusahaan untuk mendukung terwujudkan visi tersebut, antara lain program kompetisi Indosat Ooredoo Wireless Application & Innovations Contest (IWIC), program kompetisi Indosat Ooredoo Stock Trading Contest (ISTC) serta program Coding Class mulai dari usia sekolah dasar melalui berbagai program kompetisi dan edukasi coding bagi anak-anak di wilayah operasional Indosat Ooredoo. Program pemberdayan perempuan juga memberikan literasi tentang dunia digital seperti program women connected to mobile internet, digital executive women, e-commerce & financial inclusion for women. Sementara itu, sosialisasi mengenai dunia digital juga secara aktif dilakukan melalui program Kunjungan Perusahaan (company visit), mengundang generasi muda semua kalangan untuk datang dan melihat berbagai inisiatif dan fasilitas digital perusahaan.

 

APRESIASI UNTUK PELANGGAN DI HUT INDOSAT OOREDOO
Selain rangkaian acara untuk internal karyawan, sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan di HUT ke-49, Indosat Ooredoo juga memberikan beberapa program khusus bagi pelanggan pada tanggal 20 Nopember 2016. Program tersebut antara lain Temu Pelanggan Setia dgn masa berlangganan 10 tahun, program hadiah khusus seperti jam tangan Guess dan travel luggage pada tanggal 20 Nopember 2016 bagi pelaggan setia dan pelanggan baru yang mendaftar pada tanggal tersebut dengan beberapa ketentuan khusus, serta program bundling spesial dimana dengan berlangganan berbagai paket Super Plan, pelanggan akan mendapatkan jenis gadget tertentu seperti Samsung J2, Samsung A7+Chrome cast, serta Lenovo A6600+Micro SD, yang berlaku sejak tanggal 20-30 Nopember 2016.

 

 

PERAYAAN HUT INDOSAT OOREDOO ke-49
Keberhasilan mencapai kinerja positif di tepat satu tahun reborn dan HUT ke-49 ini dirayakan bersama-sama dengan seluruh karyawan Indosat Ooredoo, para mitra kerja, serta para pemangku kepentingan Indosat Ooredoo di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten. Serangkaian acara musik, kesenian, kuliner serta digital experiences meramaikan perayaan HUT ke-49 Indosat Ooredoo tersebut, termasuk persembahan permainan angklung digital yang berhasil tercatat dalam MURI (Museum Rekor Indonesia).

 

Tampak pada gambar President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli (paling kiri), dan Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo, Ripy Mangkoesoebroto (tengah) saat menerima piagam rekor MURI atas pencapaian bermain angklung menggunakan aplikasi smartphone oleh pemain terbanyak.

Tampak pada gambar President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli (paling kiri), dan Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo, Ripy Mangkoesoebroto (tengah) saat menerima piagam rekor MURI atas pencapaian bermain angklung menggunakan aplikasi smartphone oleh pemain terbanyak.

“Permainan angklung digital ini merupakan simbol bagi kami sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia,” Alexander menambahkan. “Peluncuran identitas baru ‘Indosat Ooredoo’ yang kami lakukan tahun lalu telah menjadi bagian dari perjalanan sejarah 49 tahun perusahaan dalam memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat Indonesia.

 

Berbagai acara sebelumnya juga diselenggarakan sebagai rangkaian dari perayaan HUT Indosat Ooredoo ke-49, antara lain Indosat Ooredoo Digital Day untuk memperkuat literacy dunia digital bagi karyawan, Digital Charity Run yang berhasil mengumpulkan donasi sebesar 200 juta, Photography Exchibition yang menampilkan karya foto terbaik karyawan, Gowes Bareng karyawan dan keluarga, Expatriate Bahasa Indonesia Storytelling Competition bagi karyawan ekspatriat, Fun Futsalista untuk karyawan perempuan, Indosat Ooredoo Singing Star, Donor Darah karyawan serta puncaknya berupa acara Indosat Ooreedoo Family Gathering.