Published On: Fri, Sep 23rd, 2016

SCG Berikan Solusi Beton Terdepan dan Mutakhir di Tengah Percepatan Proyek Konstruksi dan Infrastruktur Jakarta

SCG 3 (1)

Konsultan dan Pendiri Davy Sukamta & Partners, dan Country Director SCG Indonesia dan Presiden Direktur PT SCG Readymix Indonesia Bapak Nantapong Chantrakul

Jakarta, 22 September 2016 – Sebagai ibu kota Indonesia, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Jakarta dalam mencapai target percepatan pengembangan infrastruktur. Arus cepat urbanisasi yang terkait erat dengan tingginya pertumbuhan jumlah penduduk memberikan pemerintah lebih banyak alasan untuk menempatkan proyek konstruksi dan infrastruktur sebagai faktor yang krusial dalam mencapai pertumbuhan ekonomi. Dalam skala nasional, sektor ini diharapkan dapat tumbuh hingga 8,1 persen pada 2017, seiring dengan meningkatnya proyek-proyek infrastruktur pemerintah dan swasta. Kita melihat  pembangunan proyek besar di Jakarta, seperti MRT, LRT, terminal bandara baru, jalan tol, flyover, dan lain sebagainya. Penggunaan beton sudah lama dikenal dan dapat dikatakan paling populer karena kedayagunaannya dalam pembangunan infrastruktur fisik berkat berlimpahnya bahan baku, serta efisiensi dari segi harga. Sampai saat ini, beton masih digunakan secara dominan dalam pembangunan.

PT SCG Readymix Indonesia (SRMI), anak usaha dari konglomerat bisnis SCG, menyelenggarakan SCG Readymix Concretalk, dengan mengangkat topik “Tantangan dari Teknologi dan Aplikasi Beton Perfoma Tinggi di Jakarta” yang dihadiri para ahli di bidang konstruksi dan infrastruktur guna mendiskusikan trend dan kebutuhan akan teknologi beton dan aplikasinya yang krusial untuk pembangunan nasional, yang akan berkontribusi bagi peningkatan berkelanjutan di ASEAN.

SCG 1 (1)

Country Director SCG Indonesia dan Presiden Direktur PT SCG Readymix Indonesia Bapak Nantapong Chantrakul

Country Director SCG Indonesia dan juga Presiden Direktur SRMI, Bapak Nantapong Chantrakul mengungkapkan, “Seiring perkembangan zaman, teknologi berkembang untuk memenuhi kebutuhan kita semua. Bagi SCG, beton tidak hanya merupakan bahan komoditas, namun dapat disesuaikan dan dikembangkan untuk melayani kebutuhan dan tujuan pelanggan yang berbeda. Kami percaya bahwa kemajuan industri beton dapat terus didorong dengan inovasi yang dapat meningkatkan kualitas dan durabilitas untuk menopang mega proyek infrastruktur dan pengembangan gedung. Masalah tersebut didiskusikan dalam seminar SCG Readymix Concretalk untuk berbagi pengetahuan terkini di kalangan pemain industri konstruksi terkait teknologi dan implementasi untuk megaproyek di Jakarta. Jakarta dikenal dengan kepadatan penduduknya dan perannya sebagai pusat bisnis, dan saat ini sedang giat membangun megaproyek infrastruktur. Dengan kuatnya keahlian komunitas konstruksi lokal, serta pengalaman SCG pada industri semen dan beton, kami percaya bahwa seminar ini akan memperkaya pengetahuan kita, khususnya yang berkaitan dengan teknologi dan aplikasi beton perfoma tinggi di Jakarta.”

SCG telah bekerja sama dengan para ahli dari Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) untuk mengimplementasikan inovasi beton agar selaras dengan pengembangan teknologi di Indonesia, khususnya di Jakarta. Bapak Davy Sukamta sebagai konsultan dan pendiri Davy Sukamta & Partners – insinyur struktur, mengatakan “Ada diskusi yang menarik dan pertukaran pengetahuan tentang teknologi terbaru serta aplikasinya, kami melihat ini sebagai hal yang mendesak untuk dikomunikasikan kepada para pemangku kepentingan seperti konsultan perencana, kontraktor, insinyur, serta pengguna. Kita perlu secara khusus mengatasi dan melewati tantangan yang berhubungan dengan percepatan waktu pelaksanaan, , suhu, pengembangan kekuatan tinggi dan daya tahan, serta pengerjaan yang akan berdampak pada kinerja keseluruhan beton.”

SCG berkomitmen menjadikan teknologi beton yang maju dan mutakhir selaras dengan visinya, yakni menjadi pemimpin bisnis berkelanjutan di ASEAN. Karena kualitas merupakan hasil dari Penelitian dan Pengembangan, maka penting untuk berkontribusi bagi proses keberlanjutan, yang merupakan hal yang esensial di masa depan. Inovasi teknologi konstruksi memungkinkan percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, dan khususnya Jakarta, untuk mencapai pertumbuhan ekonomi nasional.