Published On: Tue, Aug 2nd, 2016

SCG Dorong Lahirnya Green Leader Masa Depan Indonesia Lewat SCG Sharing the Dream 2016

scg2

Penyerahan beasiswa kepada para pelajar oleh (dari kiri ke kanan) Duta Besar Thailand untuk Indonesia Bapak Paskorn Siriyaphan, Country Director SCG Indonesia Nantapong Chantrakul, Pendiri Ancora Foundation Gita Wirjawan

Jakarta, 1 Agustus 2016 – Selama beberapa tahun terakhir, Indonesia menghadapi tantangan besar dalam memastikan bahwa setiap anak-anak menerima kesempatan dan akses yang sama terhadap pendidikan, yang mana keduanya memainkan peran kunci dalam membentuk masa depan sebuah negara. Sebagai perusahaan yang berkomitmen terhadap Pembangunan Berkelanjutan di ASEAN, SCG mengadakan program beasiswa tahunan bernama SCG Sharing the Dream, yang memberikan bantuan keuangan untuk pendidikan bagi para pelajar.

Berbagi inspirasi bersama Aktivis Lingkungan Hidup Nugie dan Pendiri Greeneration Bijaksana Junerosano untuk mempromosikan pelestarian lingkungan hidup lewat pengelolaan sampah bertanggung jawab

 

Pidato pembuka oleh Country Director SCG Indonesia  Nantapong Chantrakul

Pidato pembuka oleh Country Director SCG Indonesia Nantapong Chantrakul

Country Director SCG Indonesia Nantapong Chantrakul mengatakan, “Sejalan dengan visi kami untuk menjadi pemimpin bisnis berkelanjutan ASEAN, kami selalu berusaha untuk menjalankan bisnis dibawah prinsip Pembangunan Berkelanjutan dengan menciptakan keseimbangan antara ekonomi, masyarakat, dan lingkungan hidup. Untuk berkontribusi terhadap masyarakat, kami telah mengadakan program SCG Sharing the Dream di Indonesia dan juga di enam negara ASEAN lainnya. Selain memberikan beasiswa, kami juga mengadakan sesi inspirasi untuk mengembangkan kepemimpinan dan moral dari para pelajar. Kami percaya bahwa pengembangan pelajar pada usia dini adalah tahap pertama dalam membentuk karakter masa depan mereka.”
Tahun ini, SCG mengangkat tema “Green Leader Masa Depan Indonesia” untuk menanamkan pola pikir hijau kepada pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), dengan mengundang aktivis lingkungan hidup Nugie dan Pendiri Greeneration Bijaksana Junerosano (Sano) untuk berbagi inspirasi dan mempromosikan pelestarian lingkungan hidup lewat pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

 

Pada saat seremoni penyerahan beasiswa SCG Sharing the Dream, para pelajar diajak untuk mengikuti sesi inspirasi bersama Nugie dan Sano untuk belajar mengenai pengelolaan sampah yang bertanggung jawab lewat rangkaian permainan dan sesi sharing. Para pelajar diberikan informasi mengenai prinsip 3R (Reduce, Reuse, and Recycle) dan lima aspek pengelolaan sampah yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari, di rumah dan sekolah.

 

 

SCG 3

Pelajar penerima beasiswa menerima bantuan pendidikan dengan menulis esai dengan topic ‘Melestarikan Lingkungan Adalah Langkah Siswa untuk Menunjukkan Rasa Bersyukur’

“Sebagai perusahaan manufaktur, SCG telah menjalankan praktik manufaktur hijau yang baik dimulai dengan mengembangkan pola pikir hijau kepada para karyawan. Kami percaya pola pikir ini dapat ditanamkan pada semua orang, sehingga kami muncul dengan tema Green Leader untuk menginspirasi para pelajar. Kita semua harus sadar akan perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup, walaupun dimulai dari sesuatu yang kecil dari rumah dan sekolah. SCG percaya ini akan membawa perubahan yang lebih baik bagi Indonesia.”

 

“Setiap individu memiliki tanggung jawab yang sama untuk senantiasa melestarikan dan melindungi lingkungan hidup sehingga kita bisa hidup harmonis dengan alam. Pola pikir hijau perlu untuk ditanamkan pada generasi muda sedini mungkin sehingga mereka bisa tumbuh dengan tingkah laku hijau, dan menerapkannya lewat kebiasaan yang paling sederhana seperti mengurangi penggunaan plastik, memilah sampah di rumah dan sekolah. Saya sangat mengapresiasi inisiatif SCG untuk mempromosikan green leadership kepada generasi masa depan Indonesia dan saya harap para pelajar dapat benar-benar menjalankan apa yang dipelajari hari ini, “kata Nugie.

 

Sano menambahkan, “Masyarakat Jakarta menghasilkan 6.600 ton sampah setiap hari. Sayangnya, hal ini tidak diikuti dengan pemahaman mengenai pengelolaan sampah, sehingga terus berdampak terhadap lingkungan hidup. Lewat sesi ini, kami berharap para pelajar dapat lebih memahami mengenai permasalahan sampah di Indonesia dan bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk menyelesaikan isu ini. Kami paham bahwa untuk mengubah kebiasaan tidaklah mudah, tapi kita bisa mulai menciptakan kesadaran yang dapat menuntun pada perubahan sikap. Kita perlu bertindak dan bertanggung jawab sekarang juga.”

 

SCG Sharing the Dream diadakan dengan bekerja sama dengan Ancora Foundation. 350 pelajar dai 26 SMA yang tersebar di Jakarta, Bogor, Cileungsi, Karawang, South Tangerang, Sukabumi dan Bayah, telah dipilih dan dikaji dengan seksama untuk menjadi penerima beasiswa. Beasiswa ini diberikan kepada para pelajar SMA yang menunjukkan apresiasi terhadap keluarga mereka sambil berkontribusi kepada masyarakat sekitar namun tidak mampu untuk meneruskan pendidikannya karena kondisi ekonomi.

 

SCG Sharing the Dream merupakan kontribusi perusahaan untuk menciptakan dampak sosial dan ekonomi jangka panjang lewat pengembangan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM). Program regional ini telah dimulai sejak tahun 2007 dan saat ini SCG telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 5.000 pelajar berprestasi di Indonesia, Vietnam, Philipina, Myanmar, Laos, dan Kamboja. Di Indonesia, Sharing the Dream telah diselenggarakan untuk tahun kelima sejak tahun 2012. Selain SCG Sharing the Dream, SCG juga memiliki berbagai program yang sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap pengembangan SDM, diantaranya SCG International Internship Program, SCG Drawing Your Career, dan SCG Young Leaders Programs.