Published On: Wed, Jun 6th, 2018

SDM dan Keuangan: Power Duo Cloud yang Baru

Share This
Tags

Peran SDM dan keuangan selalu terkait- sejak saat SDM masih dirujuk sebagai “Personalia”. Kecenderungan baru yang muncul dalam bisnis yang menggabungkan fungsi keuangan dan SDM mulai masuk akal. CFO diminta untuk mengambil peran yang lebih aktif dalam menentukan strategi bisnis, yang mana membutuhkan pemahaman yang kuat tentang kebutuhan bakat dan sumber daya perusahaan. Para pemimpin SDM membutuhkan pandangan yang jelas tentang anggaran masing-masing tim, prioritas dan kapabilitas strategis jika mereka ingin merekrut dan mempertahankan talenta yang tepat. Dengan demikian para profesional di bidang keuangan dan SDM memiliki beberapa keterampilan yang mereka butuhkan, seperti manajemen waktu, kemampuan belajar aktif, pemecahan masalah, penalaran matematika, dan keterampilan analitis. Memanfaatkan kekuatan dari platform tunggal untuk mengakses satu sumber data sangat bermanfaat bagi fungsi SDM dan Keuangan, memungkinkan mereka untuk memprediksi seperti apa tampilan organisasi mereka di masa depan, hari ini dan menyelesaikan masalah dengan lebih cepat – atau bahkan sebelum masalah terjadi.

Salah satu pelanggan Oracle, Kalla Group, mengalami permasalahan ini. Sebagai sebuah perusahaan besar yang memiliki sepuluh anak perusahaan di Indonesia, Kalla Group menemukan kesulitan untuk mengumpulkan data komprehensif secara cepat dari seluruh anak perusahaannya, sehingga menghambat pengambilan keputusan.

Kemudian hadirlah teknologi cloud, yang memastikan keberhasilan semua perusahaan dapat menyesuaikan dan bersaing dalam ekonomi digital. Tujuannya adalah mempersiapkan perusahaan untuk berkembang di pasar dunia yang dikelilingi digitalisasi dan kompetisi. Fungsi Keuangan dan SDM seringkali bersama-sama memanfaatkan cloud karena kesesuaian kerja mereka di bagian perencanaan keuangan dan tenaga kerja. Kedua fungsi ini dapat menjadi contoh baik bagi fungsi-fungsi perusahaan lain yang berencana untuk memanfaatkan cloud.

Dengan penyatuan SDM dan keuangan sebagai pijakan awal, ini memberikan wawasan yang cukup bagi perusahaan untuk memperkirakan manfaat penerapan sistem terpadu di seluruh fungsi back-office. Sebagai contoh, Oracle HCM cloud mampu memberikan akses informasi secara terus-menerus, lancar, dan real-time melalui mekanisme self-service yang memberdayakan karyawan di seluruh bisnis, memperkuat pengambilan keputusan dan meningkatkan kelincahan. Dikombinasikan dengan kekuatan Oracle ERP Cloud, yang mencakup semua aspek analitis dan back end, sehingga membentuk kemitraan yang kuat antara SDM dan keuangan. Potensi terobosan cloud menjadi jelas ketika perusahaan mengambil pendekatan teratur dan penuh pertimbangan untuk membentuk transisi yang mulus.

Setiap perusahaan memiliki beragam tujuan ketika berpindah ke teknologi cloud. Dari survei yang dilakukan oleh Oracle Corporation dan MIT Technology Review terhadap 700 responden dari AS, Kanada, Eropa, Timur Tengah dan Afrika, dan kawasan Asia, 42% mengatakan mereka termotivasi oleh peningkatan produktivitas dan kinerja. Responden melihat kolaborasi yang kuat antara SDM dan Keuangan di cloud sebagai kebutuhan strategis untuk meningkatkan performa operasional dan mempercepat inovasi. Responden survei menyebutkan dua alasan lain di balik alasan untuk pindah yang lebih penting dari pemotongan biaya: pertama adalah staf TI, atau kurangnya keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan sistem yang ada (38%) dan yang kedua adalah ingin meningkatkan persebaran data di seluruh departemen yang berbeda (37%).

“Perusahaan kami telah ada selama beberapa dekade, tetapi kami bahkan tidak akan mempertimbangkan cloud saat itu,” kata Disa Novianti, Wakil Presiden Direktur, Kalla Group. “Namun, waktu telah berubah dan sikap itu telah jelas berubah.” Dalam survei, 36% responden menyebutkan peningkatan keamanan sebagai salah satu tujuan utama mereka dalam memindahkan fungsi Keuangan dan SDM ke cloud. Hal ini sejalan dengan salah satu alasan Kalla Group di balik migrasi cloud mereka, yaitu untuk mencegah penipuan terjadi secara internal dan eksternal.

Tetapi tidak semua migrasi ke teknologi cloud berhasil. Saat daya komputasi berpindah ke cloud, peran TI berubah, tetapi fungsinya tidak hilang. Pasca pengadopsian, sekitar 56% responden melaporkan bahwa TI telah meningkat secara signifikan dalam hal menghasilkan inovasi. Memanfaatkan kerjasama dengan TI, menurut survei, adalah kunci selama masa transisi. Di antara responden di bidang Keuangan dan SDM, 43% mengidentifikasi itu sebagai factor penting keberhasilan organisasi, seperti halnya 49% yang lain. Faktor keberhasilan penting lainnya untuk migrasi cloud yang sukses antara lain memilih penyedia cloud yang tepat (36%), kemitraan dan kolaborasi SDM dan Keuangan (36%), menciptakan tim internal yang tepat (35%), mendorong budaya yang merangkul pola pikir digital (34 %), serta proses yang sederhana dan terstandar (32%).

“Kami memilih Oracle sebagai penyedia cloud kami karena reputasi luar bisa yang dimiliki oleh Oracle sebagai mitra serta rangkaian solusi bisnis lengkap yang dibangun untuk cloud,” kata Solihin Jusuf Kalla, Direktur Kalla Group. Di atas itu, dengan tim yang berdedikasi dari Oracle, Kalla Group juga membentuk tim internal untuk memastikan bahwa perjalanan digital mereka dapat berjalan lancar dan dipahami oleh semua karyawan mereka.

Infrastruktur cloud berfungsi sebagai senjata strategis yang memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dengan cepat dan efektif secara biaya sesuai tuntutan pasar. Saat menjalankan strategi transformasi cloud, para pemimpin Keuangan dan SDM perusahaan dapat belajar lebih banyak daripada hanya mengetahui cara mengintegrasikan teknologi baru dengan operasi dan sistem pendukung yang ada. Mereka dapat memperluas peran mereka, menanamkan budaya organisasi perubahan dan perbaikan terus-menerus, dan mengembangkan kemampuan untuk secara jelas memperkirakan bentuk gangguan berikutnya sehingga mereka dapat mempersiapkan diri di hari ini untuk masa depan.

*****

 

Tentang Oracle

Oracle Cloud menawarkan aplikasi SaaS lengkap untuk ERP, HCM, dan CX, serta database terbaik sebagai Platform as a Service (PaSa) dan Infrastruktur as a Service (IaaS) dari pusat data di seluruh Amerika, Eropa, dan Asia. Untuk informasi lebih lanjut tentang Oracle (NYSE: ORCL), silakan kunjungi kami di oracle.com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>