Published On: Mon, Sep 18th, 2017

SHARP Greenerator Kunjungi Pabrik SHARP Indonesia

Share This
Tags

Karawang, 15 September 2017 – SHARP Greenerator telah menjadi bagian yang tak terlepaskan dari SHARP Indonesia.  Komunitas anak muda pecinta lingkungan ini, diinisiasi oleh SHARP dan lima lembaga nirlaba nasional dan internasional yang memiiliki tujuan untuk menciptakan generasi muda yang memiliki kesadaran untuk melestarikan lingkungan dan keanekaragaman hayati serta menjadi agen perubahan bagi lingkungan sekitar. Dengan membawa misi tersebut, SHARP Greenerator telah menyelenggarakan beragam kegiatan nyata dalam menjaga lingkungan serta mendapatkan penghargaan sebagai Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2016 untuk kategori Cause Promotional / Social Campaign karena aksinya dalam melakukan kampanye pengurangan penggunaan tas plastik.

Kali ini, SHARP mengundang anggota komunitas SHARP Greenerator melakukan Factory Visit ke kawasan pabrik PT SHARP Electronics Indonesia, untuk memperlihatkan keseriusan SHARP sebagai inisiator komunitas dalam melakukan pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati di dalam kawasan pabriknya sekaligus sebagai sarana untuk memperkuat ikatan antara SHARP dan SHARP Greenerator.

Kawasan pabrik SHARP Indonesia yang  memiliki konsep Super Green Factory, telah terbukti  menerapkan aturan yang ketat dalam setiap aktifitas produksinya, seperti upaya pencegahan polusi, aktif mengupayakan penyelamatan sumber daya air, serta secara agresif melakukan pengembangan energi baru dan terbarukan, keanekaragaman hayati, juga pengolahan sampah terpadu. “Dalam kegiatan ini, kami ingin menunjukan langsung aksi nyata SHARP dalam hal pelestarian lingkungan, selain mengunjungi line produksi dari tiga produk andalan SHARP yaitu Lemari es, Mesin cuci dan LED TV, anggota SHARP Greenerator pun diajak untuk melihat ladang surya panel SHARP sebanyak 360 unit solar panel yang mampu menghasilkan total daya listrik sebesar 66.600 Watt, atau setara dengan membangun sebuah perkampungan kecil berisi sekitar 148 rumah tangga yang ramah lingkungan, dimana daya listrik yang dihasilkan dimanfaatkan untuk menyuplai kebutuhan listrik di kantor utama SEID di Karawang. Kemudian tur dilanjutkan ke SHARP Mini Forest yang merupakan ruang hijau PT SHARP Electronics Indonesia”, jelas Herdiana Anita Pisceria selaku Brand Strategy Group General Manager PT SHARP Electronics Indonesia.

SHARP Mini Forest dengan luas sebesar 15.067 m2, memiliki koleksi berbagai pohon jenis tanaman kayu, pelindung, dan buah khas dari seluruh Indonesia yang sudah langka dan jarang ditemui seperti Keben, Kenari Babi, Sempur, Buni, Bisbul, Dahu, Mahoni, Anyang-anyang, Ganitri, Merbau, Kopsia, Kantil, dan Matoa. Sekitar 200 pohon jenis tanaman langka khas Indonesia berhasil ditanam dimana bibit-bibit tersebut diperoleh dari Pusat Konservasi Tumbuhan – Kebun Raya Bogor (LIPI) dan Telaga Desa Agro-Enviro Education Park Karawang International Industrial City (KIIC).

Sebelum berkeliling kawasan pabrik SHARP Indonesia, para anggota SHARP Greenerator mendapatkan wawasan mengenai sejarah singkat perjalanan SHARP Corporation dan SHARP Indonesia dari tahun ke tahun, bisnis yang dijalankan, hingga beragam penghargaan yang telah diterima dalam berbagai penganugerahan untuk beberapa produk unggulan SHARP maupun program CSR. Di sambut oleh Vice President Director PT SHARP Electronics Indonesia Shigeo Noma, para anggota SHARP Grenerator tampak antusias mendengarkan penjelasan yang diberikan. “Kami sangat senang sekali dengan kunjungan anak-anak ini, karena melalui pemikiran dan aksi – aksi mereka inilah  masa depan bumi kita akan terus terjaga. Kami berharap SHARP Greenerator mampu menjadi contoh bagi anak-anak muda lainnya diluar sana untuk dapat melakukan aksi walaupun kecil demi terjaganya lingkungan yang asri dan sehat”, tutur Shigeo Noma.

Kegiatan Factory Visit ini diakhiri dengan diadakannya diskusi mengenai aksi selanjutnya yang akan dilakukan oleh SHARP Greenerator. Di dampingi oleh kelima lembaga nirlaba Indonesia yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kebun Raya Bogor, Transformasi Hijau (Trashi), Yayasan Terumbu Karang Indonesia (Terangi), World Wild Fund (WWF) Indonesia, serta Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation mereka bersama-sama melihat langsung keseriusan SHARP dalam menjaga lingkungan dan turut aktif dalam melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia. Diharapkan dengan kunjungan ini akan memberikan dorongan semangat bagi  mereka untuk terus bersama-sama  melakukan aksi penghijauan demi terciptanya masa depan yang lebih baik.

 

 

Tentang PT SHARP Electronics Indonesia (SEID)

SHARP telah memulai perjalanan panjangnya di Indonesia sejak tahun 1970. Bermula dari PT Yasonta, yang didirikan pada tahun 1970 sebagai perusahaan nasional, pada tahun 1994 SHARP Corporation menjadikan PT Yasonta perusahaan patungan PMA dengan mengakuisisi PT Yasonta dan mengubah namanya menjadi PT SHARP Yasonta Indonesia (SYI). Pada tanggal 1 April 2005, PT SHARP Yasonta Antarnusa (kantor cabang SYI) bergabung menjadi satu dengan PT SHARP Yasonta Indonesia dan sejak Mei 2005 PT SHARP Yasonta Indonesia berubah nama menjadi PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) seperti yang dikenal sampai saat ini.

Saat ini, SEID memiliki 26 Kantor Cabang, 45 SHARP Direct Service Station (SDSS), 275 SHARP Authorized Service Station (SASS), 42 SHARP Service Representative (SSR) yang tersebar di seluruh Indonesia, 2 unit SHARP Mobile Service Station (SMSS), 3 SHARP Service Corner (SSC), 2 SHARP Authorized Representative (SAR), 101 SHARP Authorized Air Conditioner (SAAC).  Pada 2012 PT SEID memperoleh penghargaan dari Rekor Bisnis Indonesia sebagai Jaringan Service Center Terbanyak di Indonesia.

 

Tentang SHARP Greenerator

SHARP Greenerator merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa komunitas anak muda pencinta lingkungan yang diluncurkan oleh PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) pada November 2015. Sejak bulan Januari-Maret 2016, SEID dan SHARP Greenerator telah menggelar sejumlah aksi nyata pelestarian lingkungan hidup bersama partner organisasi nirlaba lingkungan hidup, lalu pada Maret 2016 dilakukan pelantikan Presiden beserta anggota tetap komunitas.

Kelima organisasi nirlaba lingkungan hidup yang menjadi mitra SHARP Greenerator dalam mengawal dan mendampingi aktivitas SHARP Greenerator adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kebun Raya Bogor, Transformasi Hijau (Trashi), Yayasan Terumbu Karang Indonesia (Terangi), World Wild Fund (WWF) Indonesia, serta Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation. Bersama-sama kelima organisasi pembina tersebut dan juga SEID selaku inisiator, beragam aksi nyata untuk lingkungan hidup telah dilakukan oleh komunitas ‘hijau’ ini. BOS Foundation melakukan pengawalan untuk aktivitas konservasi orangutan dalam program Orangutan Live Saver yang dilaksanakan pada 13 Januari 2016 di Pusat Primata Schmutzer Ragunan Jakarta. Dalam kegiatan ini, mereka belajar mengenal langsung perilaku khas orangutan, proses pelepasliaran orang-utan ke habitat asli mereka, juga melakukan adopsi tiga Orangutan bernama Kopral dan Shelton yang saat ini tinggal di Samboja Lestari, serta Sura di Nyaru Menteng. Kedua lokasi tersebut merupakan pusat konservasi, rehabilitasi, dan reintroduksi Orangutan di Kalimantan yang sangat terkenal di seluruh dunia. Dengan melakukan adopsi, para anggota komunitas telah turut berkontribusi dalam pembiayaan perawatan ketiga orangutan tersebut dan dapat memantau pertumbuhan serta perkembangan mereka secara berkala.

Sementara itu, WWF Indonesia mengawal SHARP Greenerator untuk isu yang berkaitan dengan perubahan iklim dan energi terbarukan dalam program Climate Change Agent pada 27 Januari 2016 di Museum Listrik dan Energi Terbarukan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Bersama WWF, selain mendapat wawasan mengenai alternatif-alternatif energi baru terbarukan, mereka juga belajar langsung untuk menghitung energi dan biaya yang dihabiskan satu orang manusia setiap harinya melalui simulasi kalkulator karbon sehingga muncul kesadaran dalam diri mereka untuk melakukan penghematan energi sesederhana mungkin dalam aktivitas sehari-hari.

Terangi mengawal SHARP Greenerator untuk aktivitas konservasi ekosistem laut dan pesisir dalam program Coral Reef Heroes pada 24 Februari 2016 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta. Di kegiatan ini, mereka terjun langsung ke perairan Pulau Pramuka untuk melakukan adopsi puluhan terumbu karang dan belajar di bawah laut mengenai simbiosis antara satu spesies dengan spesies lainnya dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Tidak hanya itu, mereka pun melakukan pengamatan tumbuhan pesisir seperti rumput lamun dan mangrove. Untuk aktivitas yang berkaitan dengan isu Reduce, Reuse, dan Recycle, serta budidaya organik, Trashi hadir mengawal SHARP Greenerator dalam program Organic Junkies pada 10 Maret 2016 di Kampung Sarongge, Cianjur, Jawa Barat. Di Kebun Organik Sarongge, bersama para petani setempat mereka belajar langsung mengenai teknik-teknik pertanian dan peternakan organik yang tidak hanya bebas dari penggunaan bahan-bahan kimia namun juga memberdayakan sumber daya masyarakat lokal. Melengkapi seluruh program-program ‘hijau’ tersebut, LIPI turut mendukung untuk mengawal aktivitas pelestarian keanekaragaman hayati melalui pengenalan sistem kultur jaringan dalam program “Biodiversity Warrior” pada 19 Maret 2016 serta pengamatan langsung kekayaan tumbuhan nusantara melalui Garden Tour di Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat.

 

Tentang SHARP Cares

CSR PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) bernaung pada SHARP CARES (Creativity, Attention, Recovery, Earth, Sincerity). Creativity (Kreatifitas) mengandung arti sikap kerja yang selalu mencari nilai lebih dan selalu membuat inovasi. Attention (Perhatian), SEID selalu memberikan perhatian khusus pada masalah sosial di Indonesia, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Recovery (Pemulihan), SEID di setiap kegiatannya berusaha untuk melakukan hal yang mampu memberikan perbedaan dan memulihkan suatu kondisi bagi masyarakat menuju arah yang lebih baik. Earth (Bumi) yang berarti SEID peduli untuk menjaga Bumi agar dapat terus menopang kelangsungan hidup seluruh makhluk yang tinggal di dalamnya. Sincerity (Ketulusan hati) adalah sikap kerja yang mendasar untuk menghasilkan solusi yang berguna dan juga kebahagian bagi semua orang. SEID memfokuskan program CSR nya pada Pendidikan, Sosial, Kesehatan, dan Lingkungan.