Published On: Mon, Mar 5th, 2018

SHARP Greenerator Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

Share This
Tags

Bogor, 25 Februari 2018 – Pengelolaan sampah masih menjadi salah satu masalah yang sulit dihindari bagi masyarakat Kota Bogor. Selain jumlahnya yang melimpah yaitu sekitar 600 ton sampah per hari*, kebanyakan sampah yang dihasilkan merupakan sampah plastik yang memiliki kecenderungan untuk terurai lebih lama dari 500 hingga 1.000 tahun lamanya. Untuk itu, Kota Bogor sebagai daerah hulu patut mendapat perhatian lebih dalam penanggulangan sampah agar tidak berdampak buruk bagi daerah hilir di sekitarnya.

Berangkat dari permasalahan tersebut sekaligus bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional di tanggal 21 Februari lalu, komunitas anak muda peduli lingkungan yaitu SHARP Greenerator menggelar aksi kampanye SHARP Greenerator Bombastik (Bogor Menuju Bebas Sampah Plastik) yang diselenggarakan pada hari Minggu, 25 Februari 2018 di sepanjang area Car Free Day (CFD) Bogor.

Kampanye ini diikuti oleh lebih dari 40 peserta yang terdiri dari anggota SHARP Greenerator termasuk beberapa relawan yang direkrut langsung oleh para anggota untuk membantu langsung berjalannya acara ini. Kampanye ini juga disupervisi langsung oleh dua dari organisasi non-nirlaba yang menjadi rekanan SHARP Greenerator yaitu Borneo Orang Utan Survival Foundation (BOSF) dan Transformasi Hijau (Trashi).

Berbeda dari aksi jalanan sebelumnya, kali ini SHARP Greenerator membawa sejumlah misi yang berkaitan dengan penanggulangan sampah di Kota Bogor hingga keanekaragaman hayati. Sebagai langkah awal dari misi ini, SHARP Greenerator menyiapkan kuesioner berisi sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan sampah untuk 100 responden dari berbagai umur di area CFD.

“Dalam aksi turun ke jalan hari ini, kami ingin mengenalkan langsung tentang SHARP Greenerator, kemudian memberikan pertanyaan lewat kuesioner yang sudah kami susun mengenai kepedulian mereka akan sampah. Hal ini dilakukan untuk mendukung keinginan kami dalam membuat program lingkungan yang berkelanjutan dan tepat sasaran dengan kondisi Bogor saat ini,” ujar Prima Yulina, Presiden SHARP Greenerator terpilih periode 2018 – 2021.

Seraya mengenalkan SHARP Greenerator dan membagikan kuesioner, setiap anggota SHARP Greenerator juga turut membagikan botol minum isi ulang dan tas kain. Selain sebagai intensif atas kerja sama masyarakat dalam mengisi kuesioner, hadiah ini juga ditujukan untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat untuk mengganti botol minuman plastik maupun kantong plastik dengan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan.

“Meski Car Free Day bertujuan baik untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, kami justru melihat permasalahan lain yaitu banyaknya sampah yang dihasilkan dari kegiatan ini, terutama sampah plastik. Maka dari itu, setiap anggota SHARP Greenerator juga sekaligus melakukan pendekatan dan mengajak pelan-pelan masyarakat Bogor yang saat ini membawa hasil belanja dalam kantong plastik agar segera memindahkannya dengan tas kain yang sudah kami siapkan,” imbuh Prima.

Atraksi lain yang turut menyedot perhatian masyarakat di area CFD Bogor adalah hadirnya ikon orangutan yang turut mendampingi anggota SHARP Greenerator dan relawan ke jalan. Hadirnya orangutan ini selaras dengan misi lain yang dibawa SHARP Greenerator untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati terutama untuk satwa yang nyaris punah seperti orangutan.

Anggota SHARP Greenerator juga turut menceritakan dan membagikan pengetahuan yang mereka dapatkan melalui kunjungan ke Pusat Primata Schmutzer bersama SHARP dan BOSF pada Juli 2017 lalu kepada masyarakat Bogor. SHARP Greenerator juga turut menjelaskan kondisi orangutan di Indonesia saat ini dan alasan perlunya menjaga salah satu primata yang menjadi kebanggaan Indonesia.

Kampanye SHARP Greenerator Bombastik di area CFD Bogor ini diharapkan mampu menularkan pesan positif bagi masyarakat untuk mengubah kebiasaan kecil dalam menghentikan sampah plastik. Selanjutnya, SHARP Greenerator juga akan merancang program lanjutan berdasarkan data yang telah dikumpulkan.

*Sumber: Radar Bogor, 19 Februari 2018

Tentang SHARP Greenerator
SHARP Greenerator merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa komunitas anak muda pencinta lingkungan yang diluncurkan oleh PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) pada November 2015. Sejak bulan Januari-Maret 2016, SEID dan SHARP Greenerator telah menggelar sejumlah aksi nyata pelestarian lingkungan hidup bersama partner organisasi nirlaba lingkungan hidup, lalu pada Maret 2016 dilakukan pelantikan Presiden beserta anggota tetap komunitas.

Kelima organisasi nirlaba lingkungan hidup yang menjadi mitra SHARP Greenerator dalam mengawal dan mendampingi aktivitas SHARP Greenerator adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kebun Raya Bogor, Transformasi Hijau (Trashi), Yayasan Terumbu Karang Indonesia (Terangi), World Wild Fund (WWF) Indonesia, serta Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation. Bersama-sama kelima organisasi pembina tersebut dan juga SEID selaku inisiator, beragam aksi nyata untuk lingkungan hidup telah dilakukan oleh komunitas ‘hijau’ ini. BOS Foundation melakukan pengawalan untuk aktivitas konservasi orangutan dalam program Orangutan Live Saver yang dilaksanakan pada 13 Januari 2016 di Pusat Primata Schmutzer Ragunan Jakarta. Dalam kegiatan ini, mereka belajar mengenal langsung perilaku khas orangutan, proses pelepasliaran orang-utan ke habitat asli mereka, juga melakukan adopsi tiga Orangutan bernama Kopral dan Shelton yang saat ini tinggal di Samboja Lestari, serta Sura di Nyaru Menteng. Kedua lokasi tersebut merupakan pusat konservasi, rehabilitasi, dan reintroduksi Orangutan di Kalimantan yang sangat terkenal di seluruh dunia. Dengan melakukan adopsi, para anggota komunitas telah turut berkontribusi dalam pembiayaan perawatan ketiga orangutan tersebut dan dapat memantau pertumbuhan serta perkembangan mereka secara berkala.

Sementara itu, WWF Indonesia mengawal SHARP Greenerator untuk isu yang berkaitan dengan perubahan iklim dan energi terbarukan dalam program Climate Change Agent pada 27 Januari 2016 di Museum Listrik dan Energi Terbarukan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Bersama WWF, selain mendapat wawasan mengenai alternatif-alternatif energi baru terbarukan, mereka juga belajar langsung untuk menghitung energi dan biaya yang dihabiskan satu orang manusia setiap harinya melalui simulasi kalkulator karbon sehingga muncul kesadaran dalam diri mereka untuk melakukan penghematan energi sesederhana mungkin dalam aktivitas sehari-hari.

Terangi mengawal SHARP Greenerator untuk aktivitas konservasi ekosistem laut dan pesisir dalam program Coral Reef Heroes pada 24 Februari 2016 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta. Di kegiatan ini, mereka terjun langsung ke perairan Pulau Pramuka untuk melakukan adopsi puluhan terumbu karang dan belajar di bawah laut mengenai simbiosis antara satu spesies dengan spesies lainnya dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Tidak hanya itu, mereka pun melakukan pengamatan tumbuhan pesisir seperti rumput lamun dan mangrove. Untuk aktivitas yang berkaitan dengan isu Reduce, Reuse, dan Recycle, serta budidaya organik, Trashi hadir mengawal SHARP Greenerator dalam program Organic Junkies pada 10 Maret 2016 di Kampung Sarongge, Cianjur, Jawa Barat. Di Kebun Organik Sarongge, bersama para petani setempat mereka belajar langsung mengenai teknik-teknik pertanian dan peternakan organik yang tidak hanya bebas dari penggunaan bahan-bahan kimia namun juga memberdayakan sumber daya masyarakat lokal. Melengkapi seluruh program-program ‘hijau’ tersebut, LIPI turut mendukung untuk mengawal aktivitas pelestarian keanekaragaman hayati melalui pengenalan sistem kultur jaringan dalam program “Biodiversity Warrior” pada 19 Maret 2016 serta pengamatan langsung kekayaan tumbuhan nusantara melalui Garden Tour di Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat.

Tentang SHARP Cares
CSR PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) bernaung pada SHARP CARES (Creativity, Attention, Recovery, Earth, Sincerity). Creativity (Kreatifitas) mengandung arti sikap kerja yang selalu mencari nilai lebih dan selalu membuat inovasi. Attention (Perhatian), SEID selalu memberikan perhatian khusus pada masalah sosial di Indonesia, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Recovery (Pemulihan), SEID di setiap kegiatannya berusaha untuk melakukan hal yang mampu memberikan perbedaan dan memulihkan suatu kondisi bagi masyarakat menuju arah yang lebih baik. Earth (Bumi) yang berarti SEID peduli untuk menjaga Bumi agar dapat terus menopang kelangsungan hidup seluruh makhluk yang tinggal di dalamnya. Sincerity (Ketulusan hati) adalah sikap kerja yang mendasar untuk menghasilkan solusi yang berguna dan juga kebahagian bagi semua orang. SEID memfokuskan program CSR nya pada Pendidikan, Sosial, Kesehatan, dan Lingkungan.