Published On: Tue, May 8th, 2018

SHARP Indonesia Jamin Kualitas Produk Lewat Lemari Es Bersertifikat Halal

Share This
Tags

Jakarta, 3 Mei 2018 – PT SHARP Electronics Indonesia kian memantapkan posisinya sebagai produsen lemari es nomor satu di Indonesia dengan menguasai pangsa pasar hingga 26,6%*. Kondisi ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi SHARP Indonesia karena mampu bertahan bahkan terus meningkatkan penjualannya meskipun pasar lemari es mengalami penurunan.

Keseriusan SHARP Indonesia dalam memenuhi kebutuhan konsumen tanah air, dibuktikan dengan jeli melihat karakteristik, hingga tanggap menganalisa keinginan konsumen. Beragam pilihan lemari dengan deretan lini produk yang memiliki model dan harga yang bervariasi bagi konsumen di berbagai kelas, menjadi kekuatan SHARP Indonesia dalam mempertahankan pangsa pasarnya.

Komitmen dalam mengedepankan konsumen inilah yang mendorong PT SHARP Electronics Indonesia untuk mendaftarkan sertifikasi halal guna menjamin mutu dan kualitas produk lemari esnya. Pada tahun 2018, SHARP Indonesia pun sukses mengantongi sertifikasi halal internasional (Cerol-SS23000) dengan status A yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), khususnya untuk kategori produk lemari es dan freezer yang diproduksi dalam negeri. Hal ini turut menguatkan posisi SHARP Indonesia sebagai produsen elektronik pertama yang memiliki sertifikat halal.

“Menyambut bulan suci ramadhan, SHARP mengumumkan jika lemari es-nya sudah memiliki sertifikasi halal, kami tergerak untuk bisa memberikan rasa aman dan nyaman dalam menggunakan produk kami. Hal ini merupakan salah satu bentuk perhatian kami kepada konsumen setia kami. Lemari es menjadi produk yang pertama SHARP yang memiliki sertifikasi halal, ini dikarenakan karena lemari es merupakan salah satu produk elektronik yang bersentuhan langsung dengan makanan & minuman yang dikonsumsi,” tutur Andri Adi Utomo, Domestic National Sales Senior General Manager PT SHARP Electronics Indonesia.
*per Maret 2018
Sertifikat halal yang diperoleh SHARP Indonesia merupakan hasil pemeriksaan dokumen dan audit implementasi yang diselenggarakan oleh Sistem Jaminan Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika – Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI). Sertifikat ini diperoleh pada 28 Maret 2018 usai menjalani serangkaian proses penilaian yang meliputi material, proses, hingga fasilitas produksi lemari es.

Dalam penilaian tersebut, MUI mengkajinya melalui dua sisi yaitu secara sains melalui LPPOM-MUI dan secara agama oleh kumpulan ulama di Komisi Fatwa MUI. Pada proses ini, LPPOM-MUI mengecek fakta kandungan produk dan menelaah dari sains dan teknologinya serta menjadi saksi bagi proses produksi secara menyeluruh dan penerapan Sertifikasi Jaminan Halal (SJH) di perusahaan. Hasil temuan tersebut kemudian dibawa kepada Komisi Fatwa MUI untuk menjelaskan status kehalalan produk tersebut.

Produk yang dinyatakan bersertifikasi halal berarti telah memenuhi dua syarat utama yaitu memenuhi kebijakan dan prosedur sertifikasi halal, serta memenuhi dan menerapkan sebelas kriteria Sertifikasi Jaminan Halal (SJH). Usai melewati keseluruhan proses, kategori produk yang dinyatakan halal, termasuk lemari es lokal dan freezer SHARP menerima sertifikat halal dari MUI.

Dari sertifikat halal, SHARP Indonesia juga memanfaatkan momentum ini untuk memperkenalkan kepemimpinan terbaru di bawah Tadashi Ohyama yang kini menjabat sebagai President Director PT SHARP Electronics Indonesia. Kehadiran Tadashi Ohyama akan membawa nafas dan semangat baru bagi keluarga SHARP Indonesia dalam menghadapi era digital dan sengitnya persaingan antar produsen elektronik.

Kiprah Tadashi Ohyama bersama SHARP Corporation telah berlangsung lama sejak tahun 1992. Dalam 26 tahun terakhir, Tadashi Ohyama telah berkecimpung di berbagai departemen di SHARP Corporation. Setelah mengawali karirnya di bagian sales, Tadashi Ohyama juga sempat memfokuskan diri untuk kategori produk LCD TV sejak 2004 hingga 2016, khususnya untuk ASEAN dan China.

Selama karirnya, Tadashi Ohyama yang lahir pada 4 Maret 1970 juga menunjukan prestasi yang mengagumkan untuk kemajuan SHARP. Oleh karena itu, lulusan Business Administration dari University of Marketing & Distribution Science ini diberi kepercayaan untuk memimpin SHARP Malaysia (SEM) di tahun 2016 sebagai Presiden Direktur. Pada tahun 2017, Tadashi Ohyama diberikan kepercayaan untuk memimpin SHARP Electronics Singapore bersama – sama dengan SHARP Malaysia.

Dedikasi dan prestasi yang terus diukir oleh Tadashi Ohyama kini membawanya untuk mengemban amanah baru di Indonesia. Sebagai orang nomor satu di SHARP Indonesia, Tadashi Ohyama telah menyiapkan beragam misi untuk membawa SHARP Indonesia ke posisi nomor satu di dunia, “Sungguh sebuah keistimewaan bagi saya untuk bisa datang kembali ke Indonesia setelah 29 tahun lamanya. Pengalaman pertama saya di negara ini pada tahun 1989 hanya berupa kunjungan dan kini saya akan menetap lebih lama lagi untuk berkontribusi dengan keluarga SHARP Indonesia. Bersama-sama, kami akan mencoba membawa lebih banyak produk terbaru yang semakin canggih serta terus mengembangkan produk-produk yang sesuai dengan karakteristik konsumen di Indonesia. Kami juga akan mencoba lebih banyak mengekspor produk-produk dari Indonesia keluar negeri, karena saya melihat potensi yang begitu besar di dalamnya.”

Bersamaan dengan momentum dan pengumuman penting ini, SHARP Indonesia akan terus berjuang merebut hati konsumen Indonesia dan menguasai pangsa pasar di seluruh kategori.

Tentang PT SHARP Electronics Indonesia (SEID)
SHARP telah memulai perjalanan panjangnya di Indonesia sejak tahun 1970. Bermula dari PT Yasonta, yang didirikan pada tahun 1970 sebagai aan patungan PMA dengan mengakuisisi PT Yasonta dan mengubah namanya menjadi PT SHARP Yasonta Indonesia (SYI). Pada tanggal 1 April 2005, PT SHARP Yasonta Antarnusa (kantor cabang SYI) bergabung menjadi satu dengan PT SHARP Yasonta Indonesia dan sejak Mei 2005 PT SHARP Yasonta Indonesia berubah nama menjadi PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) seperti yang dikenal sampai saat ini.

Saat ini, SEID memiliki 25 Kantor Cabang, 3 Sub Cabang, 45 SHARP Direct Service Station (SDSS), 275 SHARP Authorized Service Station (SASS), 44 SHARP Service Representative (SSR) yang tersebar di seluruh Indonesia, 2 unit SHARP Mobile Service Station (SMSS), 2 SHARP Service Corner (SSC), 2 SHARP Authorized Representative (SAR), 101 SHARP Authorized Air Conditioner (SAAC). Pada 2012 PT SEID memperoleh penghargaan dari Rekor Bisnis Indonesia sebagai Jaringan Service Center Terbanyak di Indonesia.