Published On: Tue, Sep 23rd, 2014

SHARP Satu-satunya Merek Elektronik Peraih 12 Kali Indonesia Best Brand Award

sharp-penghargaan-IWB-2014Jakarta, 18 September 2014 – Sengitnya persaingan di pasar elektronik tanah air rupanya tak cukup kuat untuk menggeser posisi merek SHARP di hati masyarakat Indonesia. Setia mendampingi dan meningkatkan kualitas hidup konsumen Indonesia selama 45 tahun, SHARP tetap terbukti memimpin pasar elektronik nasional hingga kini. Kiprah panjang dan komitmen SHARP di industri ini pun terus diakui oleh masyarakat Indonesia melalui capaian beragam penghargaan. Pada 2014, setelah sukses dianugerahi berbagai penghargaan bergengsi sejak awal tahun, PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) kembali memborong sejumlah penghargaan merek terbaik yang digelar di bulan ini, yaitu Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2014 dan Indonesia WOW Brand (IWB) 2014.

Pada ajang IBBA 2014, SEID sukses memboyong dua kategori sekaligus melalui sejumlah produk unggulannya, yaitu lemari es dan mesin cuci. Tahun ini, selama 12 tahun berturut-turut sejak penghargaan tersebut pertama kali digelar pada 2002, lemari es SHARP kembali mengamankan gelar jawara dan berhasil membawa pulang lagi predikat Double Platinum, predikat bagi brand yang berhasil mengantongi titel pemenang sebanyak 10 kali atau lebih. SHARP pun menjadi merek elektronik yang berhasil mencuri satu posisi di jajaran Double Platinum Brands Club, bersanding dengan sejumlah merek ’juara bertahan’ lain yang jumlahnya tak terlalu banyak. Selain lemari es, mesin cuci SHARP juga sukses mengalahkan kompetitor lainnya dengan menyabet posisi pertama untuk ketiga kalinya. Kedua penghargaan tersebut diserahkan oleh Chief Editor SWA Kemal E. Gani dan Chairman MARS Indonesia Dr. Asto Subroto, diterima langsung oleh Yasuo Takenaka selaku Senior General Manager Production Refrigerator Division SEID dan Tan Chee Chong selaku General Manager Washing Machine Division SEID pada malam penganugerahan yang digelar di Hotel InterContinental Jakarta, Rabu (17/9).

Pencapaian menggembirakan ini tentu tak lepas dari dukungan dan kepercayaan konsumen Indonesia terhadap SHARP. ”Kami mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh konsumen setia kami. Penghargaan ini kami dedikasikan untuk mereka. Apa yang kami capai kali ini sekaligus melengkapi kebahagiaan kami yang pada bulan ini merayakan setahun dimulainya produksi mesin cuci di pabrik baru SHARP di Karawang,” ungkap Masahito Matsumura selaku Senior General Manager Brand Strategy Group SEID di sela-sela acara penganugerahan.

Keberhasilan SHARP ini, jelas Matsumura, disokong pula oleh komitmen SHARP untuk terus berkontribusi menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik melalui produk-produk berkualitas nomor satu yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. “Selain itu, untuk meningkatkan dan mempertahankan kepuasan konsumen, kami juga mengembangkan layanan purna jual bagi pelanggan yang berdedikasi, menjangkau seluruh wilayah Indonesia dan siap melayani konsumen 24 jam sehari, nonstop tanpa hari libur dalam setahun,” kata Matsumura.

Salah satu lemari es SEID yang didesain sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia adalah Kirei. Produk ini diperuntukkan bagi para wanita yang aktif bekerja dan karenanya didesain berkapasitas besar, memiliki ruang penyimpanan ekstra dibandingkan produk-produk lemari es lainnya untuk mengantisipasi minimnya waktu berbelanja. Fresh room Kirei memiliki kapasitas 14-28 liter dan tinggi hingga 20 sentimeter yang dapat digunakan oleh ibu untuk menyimpan botol ASI. Para ibu pun tak perlu khawatir akan higienitas susu ASI,  sebab fresh room Kirei telah disisipi Teknologi Ag+ Nano Deodorizer yang mampu menghilangkan bau-bauan tidak sedap. Sementara itu, fitur Moist Control-nya mampu mengatur kelembaban di dalam lemari es sehingga dapat melindungi kesegaran bahan makanan dan sayur yang disimpan.

Teknologi low voltage menambah nilai lebih produk ini. Rangkaian produk lemari es Kirei di ciptakan untuk tetap mampu bekerja dengan optimal walaupun kondisi voltase berada di angka 135-240V, sehingga kesegaran makanan dan minuman yang tersimpan dalam lemari es dapat tetap terjaga. Selain itu, Kirei juga dilengkapi oleh fitur Double Ice Pack sehingga resiko basi atau layu saat listrik tidak mengalir dapat dihindari. Kirei dilepas ke pasaran dengan 27 model, 12 model di kategori satu pintu dan 15 model di kategori dua pintu.

Sementara itu, di lini mesin cuci, ada produk Dolphinwave Series yang memiliki berbagai pilihan tipe untuk memuaskan konsumen setianya. Beragam fitur unggulan untuk mendapatkan hasil cucian yang maksimal dibenamkan pada produk ini. Di antaranya adalah pulsator yang mengadopsi bentuk ekor lumba-lumba untuk menghasilkan putaran air lebih kuat sehingga hasil cucian menjadi lebih bersih sempurna. Juga, fitur Hole-less Stainless Tube, di mana tabung tanpa lubang ini mampu mencegah jamur hitam masuk ke dalam tabung yang berpotensi mengotori pakaian. Oleh karenanya, mesin cuci tipe ini sangat direkomendasikan untuk mencuci pakaian bayi karena kebersihannya sangat terjaga. Fitur ini juga dapat mencegah kerusakan pada pakaian sekaligus menghemat penggunaan air dan deterjen, sebab air tidak akan bocor terbuang. Selain itu, fitur Ion Ag+ turut hadir untuk mencegah bau tidak sedap pada pakaian. Fitur lainnya, Super Aqua Magic Water Filter, bekerja dengan menyaring karat, pasir, dan kotoran sehingga pakaian putih tidak berubah warna. Tak kalah unggul adalah fitur Spin Air Dry yang dapat mengurangi lembab pada pakaian karena memanfaatkan udara luar dalam proses pengeringannya. Beragam tipe pencucian untuk aneka jenis pakaian pun dihadirkan demi memastikan kesempurnaan hasil cucian. Dari sisi eksterior, produk ini memiliki fiber body yang dapat mencegah terjadinya karat, penyok, dan sengatan listrik sehingga sangat aman bagi keluarga.

Indonesia Best Brand Award atau IBBA merupakan program penghargaan reguler yang diselenggarakan sejak tahun 2002 oleh Lembaga Riset MARS dan Majalah SWA Sembada terhadap para pelanggan. Metodologi survei yang digunakan adalah riset kuantitatif dengan menggunakan kuesioner terstruktur dan wawancara tatap muka. Responden berjumlah 2.600 orang, terdiri dari pria atau wanita, berusia 15-55 tahun (personal) dan 25-50 tahun (rumah tangga) dengan kelas ekonomi A, B, C dan D/E di 7 kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar dan Banjarmasin. Survei dilakukan selama bulan April-Juni 2014, dengan mengukur variabel Popularitas Merek (Top of Mind Brand Awareness), Popularitas Iklan (Top of Mind Ad Awareness), Pangsa Pasar (Brand Share), Tingkat Kepuasan dan Kesetiaan Pelanggan (Satisfaction and Loyalty Index), serta Potensi Pertumbuhan Merek di Masa Mendatang (Gain Index).

Sementara itu, pada momen penganugerahan IWB yang digelar pada 11 September 2014 lalu, SHARP berhasil mengamankan dua gelar pada industri Telco, Gadget, dan Consumer Electronics melalui produk lemari es dan televisinya. Lemari es SEID sukses bertengger di pucuk tangga juara dan meraih Gold Champion of Indonesia WOW Brand 2014, sementara di kategori televisi SEID membawa pulang gelar Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014. Penghargaan diserahkan langsung oleh Hermawan Kartajaya selaku Founder & CEO MarkPlus, Inc. kepada Rama Danianto sebagai SEID Refrigerator Product Marketing dan Nur Hidayat sebagai SEID CTV Product Marketing di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan.

Indonesia WOW Brand 2014 merupakan apresiasi yang diberikan oleh MarkPlus, Inc. terhadap brand yang mampu mencapai tingkat advocacy ratio tertinggi dalam kategorinya sesuai dengan konsep WOW Marketing. ”Ini merupakan pendekatan baru dalam dunia riset pemasaran. Sebuah brand yang memiliki tingkat advocacy tinggi berarti mampu menjalin hubungan sedemikian rupa dengan konsumennya sehingga terbentuk loyalitas yang kuat. Konsumen loyal inilah yang akan setia menggunakan brand, melakukan pembelian ulang, bahkan memberikan advokasi atau merekomendasikan brand tersebut secara sukarela kepada orang-orang di sekitarnya. Sekali lagi SHARP mengucapkan terima kasih setulus-tulusnya kepada seluruh partner dan konsumen kami yang telah setia mengiringi perjalanan panjang SHARP di Indonesia, memberikan dukungan tanpa henti, menjadi insipirasi kami dalam menciptakan produk dan layanan yang berkualitas,” jelas Herdiana Pisceria selaku Product Marketing General Manager SEID.

Hasil tersebut diperoleh dari hasil riset MarkPlus, Inc. yang dilakukan terhadap 8.694 responden untuk kategori lemari es dan 9.445 responden untuk kategori TV di 18 kota utama di Indonesia. Responden mewakili masyarakat menengah ke atas (minimal SEC C) dengan rentang usia 20-50 tahun.

*) Takumi adalah seorang ahli yang terlatih  dan mahir dalam mengerjakan sesuatu hingga mendekati kesempurnaan untuk menghasilkan karya terbaik yang hanya dapat di kerjakan oleh manusia.

Sekilas Info
Sejarah PT SHARP Electronics Indonesia (SEID)

Di Indonesia sendiri, SHARP telah memulai perjalanan panjangnya di Indonesia sejak tahun 1970. Bermula dari PT Yasonta, yang didirikan pada tahun 1970 sebagai perusahaan nasional,  pada tahun 1994 SHARP Corporation menjadikan PT Yasonta perusahaan patungan PMA dengan mengakuisisi PT Yasonta dan merubah namanya menjadi PT SHARP Yasonta Indonesia (SYI). Pada tanggal 1 April 2005 PT SHARP Yasonta Antarnusa (kantor cabang SYI) bergabung menjadi satu dengan PT. SHARP Yasonta Indonesia dan sejak Mei 2005 PT. SHARP Yasonta Indonesia berubah nama menjadi PT. SHARP Electronics Indonesia (SEID) seperti yang dikenal sampai saat ini.

Kini PT SEID memiliki 29 Kantor Cabang, 29 Service Center yang sudah mengoperasikan 39 SHARP Direct Service Station (SDSS), 255 SHARP Authorized Service Station (SASS), 24 SHARP Service Representative (SSR) yang tersebar di seluruh Indonesia, 2 unit SHARP Mobile Service Station (SMSS), 3 SHARP Service Corner (SSC), serta fasilitas SHARP Customer Service Mobile Application. Pada 2012 PT SEID memperoleh penghargaan dari Rekor Bisnis Indonesia sebagai Jaringan Service Center Terbanyak di Indonesia.