Published On: Fri, Oct 28th, 2016

Si Kanguru Terbang Diperbaharui Sembari Qantas Bersiap Menyambut Dreamliner

qantas baruJakarta, 28 Oktober 2016—Qantas mengumumkan pembaharuan logo Kanguru ikonisnya sebagai bagian dari persiapan penambahan armada Boeing 787 Dreamliner pada jajaran armada Qantas satu tahun dari sekarang.

 

Perubahan gambar merah-putih di ekor pesawat Qantas ini baru kelima kalinya sejak pertama diperkenalkan pada tahun 1944. Pembaharuan terakhir dilakukan di 2007 dan bertepatan dengan diperkenalkannya Airbus A380 ke jajaran armada maskapai nasional Australia ini.

 

Qantas Group CEO, Alan Joyce mengungkap desain baru serta kursi kelas Bisnis dan Ekonomi baru yang akan tersedia pada B787, di hadapan sekitar 1000 karyawan dan tamu di hanggar Sydney.

 

“Sejak pertama kali muncul pada pesawat Qantas lebih dari 80 tahun yang lalu, gambar seekor kanguru menjadi representasi semangat Australia. Ketika para penumpang melihat ekor Qantas di bandara-bandara seluruh dunia, ada gambar yang melambangkan kampung halaman mereka,” kata Alan.

 

“Kami ingin memastikan merek kami tetap akrab, tapi kami juga ingin menjadi lebih modern dan dinamis, seperti pesawat 787 dan seperti Qantas.

 

“Menapak tilas sejarah Qantas, kami menemukan bahwa pembaharuan logo cenderung dilakukan seiring penambahan pesawat termutakhir pada jajaran armada. Tradisi ini dimulai dengan Lockheed Constellation di 1947, lalu B747-300 di 1984, hingga A380 di 2007.

 

“Logo yang baru melambangkan era baru Qantas yang memasuki usia satu abad. Ini adalah era tujuan-tujuan baru, teknologi baru dan standar layanan baru,” tambah Alan.

 

Desain baru ini ditangani oleh konsultan perancang Qantas, Marc Newson, bekerja sama dengan lembaga desain Australia, Houston Group.

 

Marc Newson, yang telah membantu merancang lounge Qantas, kabin A380, dan Skybed yang ikonis, mengatakan:

 

“Ekor pesawat adalah medium yang menarik untuk dieksplorasi dan logo Qantas adalah salah satu yang paling dikenal di dunia. Perancangan ulang ini mempertahankan bentuk dasar kanguru terbang namun juga memajukan merek Qantas.

 

“Logo baru ini lebih ramping dan shading di belakang kanguru memberikan kesan gerakan dan tiga dimensi yang lebih baik. Kini ada sebuah garis perak memanjang dari ekor ke bagian belakang pesawat untuk menampilkan nuansa premium.

 

 

 

 

“Tipografi untuk kata Qantas, yang berukuran hampir dua meter pada pesawat 787, dibuat terlihat lebih sederhana. Lalu tulisan Qantas akan terlihat di perut pesawat, sehingga Anda dapat melihat bahwa yang sedang melintas di atas Anda adalah maskapai nasional,” tambah Marc.

 

Dilihat dari sisi bersejarah lainnnya, kanguru bersayap klasik yang ada pada ekor pesawat selama tiga dekade terakhir akan muncul juga di bawah jendela kokpit di samping tulisan jenis pesawatnya masing-masing.

 

Desain baru akan diterapkan secara bertahap di seluruh jaringan penerbangan Qantas mulai hari ini, dimulai dengan aset digital, tanda-tanda di tempat umum, dan iklan-iklan. Inventaris lainnya – seperti piyama – telah dipersiapkan dengan logo baru. Pembaharuan branding pada pesawat-pesawat akan disesuaikan dengan jadwal pengecatan ulang pesawat, dan ditargetkan selesai bertepatan dengan ulang tahun satu abad Qantas pada tahun 2020.

 

Pembaharuan ini melanjutkan pengenalan seragam kru kabin baru di 2014 dan seragam pilot baru yang diresmikan di awal 2016 dan mulai digunakan hari ini.

 

MEREK BARU QANTAS – RINGKASAN PERUBAHAN DESAIN PADA PESAWAT KAMI

 

  • Kanguru pada ekor pesawat kini lebih sederhana, dengan shading yang lebih baik untuk memberikan kesan tiga dimensi dan pergerakan. Bentuk kanguru disederhanakan untuk memberikan tampilan yang lebih bersih dan modern.
  • Garis perak telah ditambahkan ke bagian belakang pesawat, memanjang dari ekor hingga bagian belakang badan pesawat untuk tampilan lebih premium dan menambah kontras antara ekor merah dan bagian pesawat lainnya.
  • Tipe huruf baru yang lebih ramping untuk kata ‘Qantas’ di sisi pesawat dan warna yang lebih ringan.
  • Kata ‘Qantas’ ditambahkan ke perut pesawat untuk meningkatkan visibilitas ketika pesawat sedang terbang.
  • Menambahkan Kanguru ke tepi melengkung di ujung sayap sehingga mereka masuk ke dalam pesawat dan akan muncul dalam foto-foto yang diambil oleh para penumpang dari jendela pesawat.
  • Mengganti, memindahkan titik pusat dan memperbesar Kanguru yang muncul pada turbin pesawat, sehingga lebih menonjol dan dapat diidentifikasi.
  • Memperkenalkan ‘Kanguru bersayap’ ikonis yang ada pada ekor Qantas di tahun 60-an, 70-an, dan 80-an, dengan cara menempatkannya di bawah jendela kokpit dan mengintegrasikannya dengan nama pesawatnya (catatan: tulisan nama pesawat tidak berubah).
  • Warna ‘Merah Qantas’ yang klasik dan putih dari badan pesawat tidak berubah.