Published On: Fri, Sep 30th, 2016

Sinergi Pertamina – Bank Syariah Mandiri, Perkuat Kerja Sama Ekonomi Syariah

BSM PertaminaJakarta,28 September – PT Pertamina (Persero) bersama Bank Syariah Mandiri (BSM) pada hari ini sepakat mendukung inisiatif pemerintah dalam meningkatkan peran perbankan syariah melalui kerja sama penggunaan jasa dan produk perbankan berdarasakan prinsip syariah.
Nota kesepahaman ditandatangani Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman dan Direktur Utama Bank Syariah Mandiri Agus Sudiarto, mencakup pemanfaatan produk-produk dana seperti tabungan mudharabah, giro wadiah institusi dan deposito maupun pemanfaatan produk-produk pembiayaan seperti kepemilikan rumah, cicil emas, gadai emas, kendaraan bermotor dan jenis pembiayaan lainnya dengan akad murabahah, mudharabah, ijarah dan musyarakah.

 

Direktur Utama BSM Agus Sudiarto menyampaikan kerja sama ini dukungan BUMN dalam hal ini Pertamina terhadap perkembangan perbankan syariah di Indonesia. ‘’Kami berterima kasih telah diberikan kesempatan untuk memberikan layanan sekaligus solusi transaksi keuangan syariah bagi Pertamina dan seluruh jajaran pegawainya” kata Agus Sudiarto.

 

Sementara itu Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman menyatakan keikutsertaan Pertamina dalam perbankan syariah ini sebagai bagian dari upaya mendorong peran Bank Sayriah di tengah perlambabatan ekonomi glogal. Dan secara umum,  sebagain Bank Syariah tergolong baik dari aspek permodalan, rentabilitas, likuiditas, aset produktif yang bisa dilihat dari Laporan Keuangan.

 

Arief menambahkan kerja sama ini juga menjadi bagian dari program Breakthrough Project Corporate (BTP) Cash Management di Pertamina. “BTP ini merupakan tahap ke- III dimana  tujuannya untuk meningkatkan kinerja keuangan dan meningkatkan pengelolaan risiko keuangan antara lain mitigasi risiko melalui diversifikasi penempatan dana perusahaan,”jelas Arief.

 

Mengawali kerjasama, BSM dan Pertamina menyelenggarakan program literasi perbankan syariah berupa seminar Sosialisasi Perbankan Syariah dengan tema “Berkah Ber-bank Syariah untuk Hidup Lebih Bersih dan Bermakna” bagi seluruh jajaran pegawai Pertamina di kantor pusat Pertamina. “Ada banyak pilihan produk dan layanan syariah yang dapat menjadi pilihan bagi seluruh pegawai Pertamina” ujar Agus.

 

Saat ini BSM tengah fokus mensosialiasi dan memasarkan penjualan lima produk utama di segmen ritel yakni Tabungan Mabrur Junior dan Tabungan BSM, Gadai & Cicil Emas, Pembiayaan Usaha Mikro & Serbaguna Mikro, Pembiayaan Griya dan Pembiayaan Pensiunan. Bank Syariah Mandiri merupakan Bank Syariah dengan asset terbesar dimana sampai dengan Agustus 2016 tercatat Rp 73,6 triliun. Adapun dana Pihak Ketiga BSM mencapai Rp65,3 triliun atau naik 9,8% dibanding posisi Agustus 2015 yang sebesar Rp59,4 miliar. BSM memiliki 767 kantor cabang di seluruh Indonesia dan didukung oleh ATM BSM dan Mandiri Group, BSM merupakan bank syariah yang memiliki jaringan terluas di Indonesia.

 

“Sebagai bank syariah yang memiliki produk terlengkap dengan ketersediaan infrastruktur IT yang memadai, kami berharap melalui kerjasama ini, BSM dapat memberikan layanan terbaik bagi Pertamina dan ke depannya kerjasama terus berkembang ke produk-produk BSM lain, seperti cash management, payroll gaji, pembiayaan consumer, tabungan mabrur junior, pembiayaan pensiun dan lain-lain” pungkas Agus.

 

 

sumber: Pertamina.com

Ilustrasi: Sukarja