Published On: Thu, Sep 3rd, 2015

StealthChat: Aplikasi Panggilan dan Chat Aman Terenkripsi Karya Anak Bangsa

Share This
Tags

StealthChat_Encrypted Calls & ChatsJAKARTA, September 1, 2015 – Setelah Edward Snowden, mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat, mengungkap kasus penyadapan pada pejabat Pemerintah dan kepala negara yang menjadi tema besar di berbagai media, dan masalah Facebook privacy serta data pengguna snapchat yang diretas sehingga menimbulkan perubahan tren aplikasi chat di market. Beberapa aplikasi mulai muncul menawarkan solusi masalah keamanan ini dengan label “private” untuk chat atau panggilan yang aman, bahkan menggadang enkripsi sebagai pelindung data penting milik pengguna aplikasi mereka.

Di Indonesia sendiri, isu sadap menyadap akhir-akhir ini menjadi popular di lingkungan lembaga pemerintahan, mulai dari KPK hingga di departemen-kementerian sehingga muncul imbauan agar semua penggunaan aplikasi komunikasi di lingkungan lembaga pemerintahan tersebut lebih mengedepankan unsur keamanan.

Enkripsi sejatinya adalah teknologi yang digunakan oleh militer dan level elit pemerintah untuk berkomunikasi sehingga hanya pihak yang terotorisasi yang bisa membacanya. Namun, berkembangnya teknologi dan termasuk kriminalitas di dalamnya menjadikan teknologi enkripsi ini secara luas mulai digunakan sebagai nilai tambah dari sebuah aplikasi chat untuk melindungi penggunanya dari resiko kebocoran data.

Ketika beberapa aplikasi chat populer baru memulai menambahkan fitur tersebut, Rockliffe yang berpengalaman lebih dari belasan tahun dalam pengembangan software komunikasi yang solid, telah meluncurkan aplikasi chat aman di jajaran produknya yaitu StealthChat-Encrypted Calls and Chats. Sebuah aplikasi baru dari Rockliffe untuk berkomunikasi secara aman melalui panggilan VoIP dan chatting dengan teman maupun mitra bisnis.

Beberapa orang di Indonesia mungkin tidak terlalu peduli atau tidak ingin menghabiskan waktu mereka berkutat dengan perihal keamanan privasi pada aplikasi chat. Alasan utamanya karena aplikasi yang diklaim sebagai aplikasi yang aman biasanya tidak mudah untuk digunakan. Rumitnya proses registrasi pada penggunaan pertama kali maupun kesulitan teknis lainnya menyebabkan pengguna pada akhirnya tidak tertarik untuk menggunakannya.

Berbeda dengan aplikasi chat aman yang cukup rumit, StealthChat adalah aplikasi chat aman dan mudah digunakan dengan privasi dan keamanan yang dibangun dari dasar. StealthChat tidak menyimpan informasi percakapan Anda baik berupa pesan, panggilan, gambar, atau buku telepon Anda di server. Seluruhnya terenkripsi bahkan sejak data percakapan dikirim, sehingga tidak ada yang dapat menguping komunikasi Anda melalui StealthChat. Dengan teknologi enkripsi yang canggih, panggilan VoIP dan berkirim pesan akan menjadi lebih private dan personal. Semua panggilan dan pesan menggunakan koneksi seluler data dan WiFi melalui StealthChat tidak dikenakan biaya tambahan*. StealthChat dapat di unduh melalui toko aplikasi yang tersedia pada perangkat Android & iOS.

Di awal pengembangan aplikasi, StealthChat merupakan kolaborasi antara developer kelas dunia dari Sillicon Valley, Amerika Serikat dengan developer Indonesia. Tetapi saya menyadari bahwa developer aplikasi di Indonesia memiliki semangat dan potensi yang besar untuk lebih berkembang ke tingkat global, maka saya sangat optimis untuk mentransfer teknologi dari Silicon Valley ke deveIoper di Indonesia, yang mana adalah salah satu visi saya sejak dulu yaitu untuk memajukan Indonesia dari segi teknologi informasi. Dan langkah awal yang saya lakukan untuk mewujudkan cita-cita tersebut adalah dengan menyakinkan agar pengembangan StealthChat 100% dikelola oleh developer Indonesia. Sehingga kini hampir 100% pengembangan StealthChat dilakukan di Indonesia,” ujar Igusti Manik , selaku CEO dari PT. Rockliffe Indonesia.

Masih menurut Manik, StealthChat saat ini tersedia gratis dengan akses cepat serta ringan untuk digunakan pada perangkat. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada biaya untuk fitur tambahan dimana nantinya 10% dari pendapatan yang diperoleh akan dialokasikan untuk bantuan pendidikan daerah terpencil di Indonesia. Dengan alokasi tersebut diharapkan dapat membantu orang-orang muda Indonesia agar memiliki peluang dan kesempatan yang sama dalam mengenyam pendidikan hingga jenjang universitas, khususnya dalam bidang ilmu komputer , dan membawa perubahan bagi Indonesia. Mari bawa perubahan bagi Indonesia dengan bangga akan hasil karya anak bangsa.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi  www.stealthchat.com